Jangan Asal, Ada Ritual Khusus Menggunakan Ban Motor Baru

Ban motor sangat berpengaruh terhadap keselamatan berkendara. Jika pun sudah aus, tak ada alasan selain mengganti karet bundar tersebut dengan yang baru. Namun, beberapa ritual khusus juga mesti diperhatikan pemilik sepeda motor. Utamanya saat melakukan pengereman dengan ban baru ini.

Bak sepatu pantofel di pusat perbelanjaan, ban motor yang Anda temui di toko umumnya terlihat mengkilap. Hal ini wajar guna mengguggah sekaligus meyakinkan Anda bahwa ban tersebut benar-benar baru. Layaknya semir sepatu, ban tersebut memang sudah ketambahan bahan kimia tertentu agar terlihat klimis. 

1. Bersihkan permukaan ban baru

Lantaran masih memiliki lapisan dari bahan kimia tadi, permukaan ban baru tersebut mesti dibersihkan terlebih dulu. Beberapa cara bisa Anda lakukan. Jika tak ingin repot, cobalah untuk menghilangkannya dengan kain yang bersih dan kering. Atau bisa pula mencucinya dengan air tanpa menggunakan deterjen.  

2. Memanaskan ban setidaknya 10-20 menit

Hal pertama yang harus dihilangkan dari pikiran Anda adalah mengeksploitasi langsung performa ban baru motor Anda. Mulailah dengan berkendara pada kecepatan rendah. Lantas diikuti juga dengan jarak dan waktu cukup panjang. Selain menghilangkan lapisan tadi, cara ini juga bertujuan untuk memanaskan ban motor Anda. Beberapa sumber menyebut, waktu ideal untuk memanaskan ban ini dapat Anda lakukan selama 10-20 menit berkendara.  

Jangan menikung secara ekstrem setelah mengganti ban motor Anda dengan yang baru.

Baca juga: Pajak Motor Habis Saat Libur Lebaran? Mari Simak Solusinya Agar Tak Kena Denda

3. Jangan menikung secara ekstrem

Jangan sekalipun berpikir Anda adalah pembalap profesional. Harus diingat bahwa ban semisal pada motor MotoGP atau balapan lain sudah menggunakan pemanas ban (tire warmer). Artinya, proses pemanasan ban dalam suhu tertentu sudah dilakukan sebelum digunakan. Andaikata Anda langsung menikung secara ekstrem sementara permukaan ban masih licin, risiko tergelincir jelas sangat besar. 

4. Berkendara di siang hari

Proses memanaskan ban secara bertahap memang harus dilakukan. Namun, akan sangat ideal jika Anda membawanya berkendara pada siang hari dan cuaca yang cerah. Selain lapisan permukaan menghilang, optimasi daya cengkeram ban Anda bakal terjadi lebih cepat. Sebaliknya, proses tersebut menjadi lebih lama apabila Anda berkendara dalam kondisi hujan atau malam hari. 

Ban balap meski baru sudah ideal untuk digunakan karena dipanaskan menggunakan tire warmer.

5. Hindari pengereman mendadak       

Lantaran permukaan yang masih licin, grip ban motor Anda otomatis belum optimal. Bukan cuma harus menahan diri untuk melajukannya secara kencang. Anda juga mesti memerhatikan betul teknik pengereman dengan ban baru ini. Hindari mengerem secara mendadak atau menekan tuas rem dengan keras. Pasalnya, traksi ban belum maksimal karena adanya bahan kimia tadi. 

Perhatikan Angin Tekanan Ideal Ban Motor

Anda juga dituntut fokus untuk memberikan pendinginan ban baru secara simultan. Selain itu, perhatikan pula tekanan ideal ban yang mengacu kepada rekomendasi pabrikan. Hal ini penting agar usia pakai ban bisa lebih panjang alias awet. Lakukan pengecekan keduanya secara rutin. 

Baca juga: Rekam Perjalanan Singkat Yamaha R7 hingga Menuju Reinkarnasi

Selalu rutin memeriksan tekanan ideal ban motor Anda agar usia pakainya panjang.

Jika tidak, maka jangan mengeluh apabila umur pakai ban baru motor Anda menjadi pendek. Kurangnya tekanan angin juga nyatanya bisa menjadi penyebab kecelakaan karena membuat motor tidak stabil. Kerusakan juga dapat terjadi apabila tekanan ban terlampau keras.     

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor