Royal Enfield Himalayan 2021 Terlalu Klasik? Ini Opsi Menarik Lainnya Motor Adventure 300 Cc

Pamor motor adventure lagi naik-naiknya, terlebih bisa mengeksplorasi wilayah baru dengan cara yang asyik. Pilihan motor adventure pun saat ini beragam, termasuk kelas 300 cc yang diisi pabrikan non Jepang.

Di Indonesia kelas motor adventure 300 cc diisi oleh Royal Enfield Himayalan, BMW G 310 GS dan KTM 390 Adventure. Ya meski ketiganya dirakit di India, namun merek aslinya berasal dari Eropa.

Kedua brand asal benua Eropa, dalam sejarahnya sudah mengisi daftar peserta reli dakar sejak tahun 1970'an. Mengambil panggung dari pentas Internasional tersebut satu demi satu motor adventure buatan mereka laris dipasaran.

Motor KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS menjadi motor adventure varian terendah dari masing masing pabrikannya, keduanya bersaing ketat baik dari sisi fitur, mesin dan harga tentunya. Agar tidak berlama - lama langsung saja simak ulasan KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS berikut ini.

Harga KTM 390 Adventure 2021 dan BMW G 310 GS 2021

BMW G 310 GS dijual dengan harga Rp 142.000.000.

Jika sudah melihat merek ini tentunya Anda akan lebih dulu melihat harga, menjadi hal yang wajar pasalnya kedua brand ini tidak memiliki pabrik di Indonesia, sehingga lineup produknya dijual dengan harga yang cukup tinggi bagi sebagian orang.

Dikelas motor adventure 300 cc keduanya dibandrol dengan harga diatas Rp 100 juta, seperti halnya BMW G 310 GS punya harga jual yang paling mahal yaitu Rp 142 juta. Sedangkan KTM 390 Adventure justru dijual lebih murah dengan harga Rp 119 juta saja.

Baca juga : Tertangkap Uji Jalan, Skuter Listrik BMW bakal Rilis Sebentar lagi

Yang patut diperhatikan pula yakni ketersediaan jaringan bengkel resmi dan layanan after sales. Jangan sampai motornya sudah dibeli, tapi saat butuh perawatan dan suku cadang, malah merepotkan.

KTM Adventure 390 dijual lebih murah dengan harga Rp 119 juta.

Desain KTM 390 Adventure 2021 dan BMW G 310 GS 2021

Kedua motor adventure Eropa ini punya desain bodi yang sama - sama agresif dan tajam. Dimulai dari BMW G 310 GS, desain bodinya memiliki ciri khas yang juga bisa ditemui pada produk keluarga GS lain. Seperti sepatbor ala paruh bebek di depan, tangki bensin jumbo berukuran 11 liter, windshield, hingga suspensi inverted alias upside down hadir sebagai komponen standarnya. Ditambah lagi rak barang berukuran cukup besar di bagian belakang.

Desain bodi BMW G 310 GS memiliki DNA di keluarga GS.

BMW G 310 GS memiliki bobot 169 kg, sementara diatas kertas motor ini punya dimensi panjang 2.075 mm, lebar 880 mm, dan tinggi 1.230 mm. Sedangkan untuk wheelbasenya 1.420 mm dengan tinggi jok 835 mm. Tentunya menjadi motor ideal untuk diajak berpetualang. 

Baca juga : Sah! BMW R18 Classic Mengaspal di Indonesia, Harga tembus Rp 1 Milyar

Begitu juga pada motor KTM 390 Adventure yang dibuat persis dari keluarga motor adventure KTM yang kapasitas mesinnya lebih besar, ketajaman garis bodi terlihat disetiap bagian. Tidak luput juga dilengkapi windshield adjustable dan suspensi upside down.

Menariknya merek asal Austria ini punya bobot lebih ringan yaitu 158 kg dan muatan tangki yang lebih besar 14,5 liter. Padahal diatas kertas dimensi KTM 390 Adventure tercatat panjang 2.540 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.430 mm. Sementara untuk wheelbasenya 1.430 mm dengan ground clearance 200 mm. Adapun tinggi joknya dibuat 855 mm.

KTM 390 Adventure berkaca dari keluarga motor adventure KTM.

Fitur KTM 390 Adventure 2021 dan BMW G 310 GS 2021

KTM 390 Adventure terbilang unggul untuk fitur, mulai dari penerangan LED dan DRL disemua pencahayaan, kecanggihan lain bisa didapat dari indikator spidometer dengan layar TFT yang bisa menyesuaikan cahaya dari luar sehingga informasi yang ada pada panel meter seperti spidometer, odometer, trip 1-2, konsumsi BBM, waktu, volt meter, fuel range, kecepatan rata-rata bisa dengan mudah terlihat.

Indikator spedometer dengan layar TFT pada KTM 390 Adventure

Pada bagian ini pula, KTM 390 Adventure sudah bisa terkoneksi dengan smartphone untuk melihat informasi trip data dan beberapa info lainnya. Fitur lain yang sudah disematkan adalah pengaturan Motorcycle Traction Control (MTC), ABS (Anti-lock Braking System) onroad dan offroad, assist & slipper clutch, Quickshifter dan KTM Navigation.

Baca juga : BMW R18 First Edition 2021, Warisan Motor Klasik Seharga Rp 900 Jutaan Hadir di Indonesia

Sementara ketika melirik BMW G 310 GS, justru masih minim akan fitur canggih, terlebih yang dijual di Indonesia masih model lama. Belum versi Euro 5 yang sudah dibekali pencahayaan LED, indikator spedometer digital disertai juga dengan GPS. 

Mesin Dan Kaki - Kaki KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS

Lagi - lagi KTM 390 Adventure lebih unggul berkat kapasitas mesin 373,2 cc, berpendingin cairan, satu silinder, 4-tak, DOHC. Tenaga yang dihasilkan mencapai 44,6 PS pada 9.500 rpm dan torsi 37 Nm pada 7.250 rpm.

Sementara BMW G 310 GS hanya menggendong mesin 313 cc 1 silinder 4 katup yang mampu membertikan tenaga 34,4 PS di 9.500 rpm dan torsi diangka 28 Nm pada 7.500 rpm. 

Baca juga : KTM RC 390 2022 Baru Makin Dekat, Mulai Sering Terlihat Di Jalanan India

KTM 390 Adventure dibekali suspensi upside down berdiameter 43 mm serta travel suspensi hingga 177 mm.

Keduanya sudah dilengkapi kaki - kaki yang mumpuni untuk diajak ke segala medan off-road dan on-road. Namun KTM 390 Adventure lebih unggul dengan adanya fitur suspensi adjustable. Sementara untuk ban ring 19 ukuran 100/90 bagian depan dan ring 17 ukuran 110/80 pada bagian belakang.

BMW G 310 GS hanya menggunakan suspensi upside down dan velg ring 19 110/80 pada depan dan ring 17 - 150/60 pada ban belakang. Suspensinya? Tak banyak pengaturan yang bisa dilakukan untuk motor ini.

Baca juga : Gandeng Pabrikan Cina, KTM Bakal Bikin Tiga Motor Bermesin 750 cc

Kesimpulan

Minim akan fitur canggih BM G 310 GS dijual dengan harga mahal.

KTM 390 Adventure 2021 dan BMW G 310 GS 2021 merupakan produk yang masih setara sekelas. Namun soal harga ada bedanya, sebab KTM 390 Adventure merupakan motor CKD alias rakitan Indonesia, sedangkan BMW G 310 GS didatangkan secara utuh.

Sementara untuk desain kembali kepada selera Anda, pasalnya KTM 390 Adventure dan BMW G 310 GS sama - sama mengambil DNA dari keluarga motor adventure yang memiliki bobot berat pada bagian depan. 

Baca juga : Bangun Pabrik Baru, Bajaj Siap Rakit KTM, Triumph dan Husqvarna Sekaligus

Selain harga yang lebih murah KTM 390 Adventure juga dibekali banyak fitur 

Sedangkan pada buritan terlihat ringkas dan kosong. Tujuan dari desain ini untuk menyeimbangkan bobot motor disaat aksesori pendukung perjalanan seperti box dan side box menempel.  Jadi motor adventure 300 cc apa yang bakal kalian pilih, KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?

Baca juga : CFMoto 800MT 2022, Motor Adventure Tiongkok Canggih Andalkan Mesin KTM 790

Tiga motor adventure kategori menengah.

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
BMW G 310
Lihat