MotoGP: Kepergok Lawan, Vinales Akui masih Kesulitan dengan Aprilia RS-GP

Maverick Vinales menjadi sorotan pada MotoGP Aragon, Spanyol. Pasalnya, di putaran inilah debut pembalap baru Aprilia Racing ini berlangsung. Namun, sang joki mengakui masih kesulitan dalam mengendalikan motor barunya, Aprilia RS-GP.

Sebuah situasi yang wajar, mengingat baru satu kali Vinales memacu kuda besinya tersebut. Dua pekan sebelum MotoGP Aragon dihelat, Vinales sempat menjalani sesi pengujian di Sirkuit Misano, Italia. Lantaran menuai hasil positif, tim Aprilia pun mendaulatnya untuk turun melakoni putaran ke-13 MotoGP 2021, akhir pekan ini (12/9).

Maverick Vinales melakoni debutnya sebagai pembalap Aprilia Racing di MotoGP Aragon.

Baca juga: Duet Maut Aprilia RS 660 dan Tuono 660 Dikenalkan, Tawarkan Sensasi Balap Dengan Harga Rp 600 Jutaan

Sebelum balapan dihelat, para pembalap termasuk mantan pembalap Yamaha ini dititah menjalani serangkaian latihan bebas. Di sesi pertama atau free practice 1 (FP1) kemarin (10/9), Vinales baru bisa menempati urutan ke-19 dengan keterpautan 2,139 detik dari Marc Marquez (Repsol Honda) yang saat itu menempati urutan teratas.

Tampak sekali saat itu Vinales belum menemukan cara terbaik dalam mengendarai Aprilia RS-GP. Hal itu pun diakui oleh sang joki. "Memang benar sangat berbeda (dengan Yamaha). Jadi, saya melakukannya dengan cara lain. Sulit untuk terus melakukannya seperti keinginan motor karena saya terbiasa dengan cara yang berbeda. Itu sebabnya saya tidak bisa menggabungkan semua sektor dengan cara yang sempurna, kata Vinales mengutip dari Crash.net

Vinales masih merasa kesulitan dengan pengereman Aprilia RS-GP.

Baca juga: Singkap Bekalan Aprilia RS 660 2021, Sanggup Bersaing di Tanah Air?

Vinales Kesulitan di Sektor Pengereman

Lebih lanjut, Vinales mengungkap kesulitannya secara spesifik terletak pada pengereman. Dikatakannya bahwa saat latihan pertama itu pengereman yang dilakukannya masih terlalu jauh dari tikungan. Menariknya, hal tersebut juga diketahui oleh Alex Rins. Lawan dari tim Suzuki Ecstar itu memergoki bagaimana sulitnya Vinales saat mengendalikan Aprilia RS-GP.

"Saya sempat bersama Vinales di FP1 dan dia sedikit kesulitan buat membelokkan motor. Tentu saja mesinnya (Aprilia RS-GP) berbeda dengan Yamaha. Jadi, mungkin saja sedikit menyulitkannya. Tapi, dia sudah mengendarainya dengan cepat. Maksud saya, di level MotoGP yang sangat tinggi, tidak mudah untuk mengganti motor dan tim untuk bisa cepat lagi," kata Rins.

Sebelum putaran MotoGP Aragon, Vinales cuma sekali menjajal Aprilia RS-GP di Misano. 

Baca juga: Harga Selisih Rp 20 Juta, Ini Beda Fisik Aprilia RS 660 2022 dan Tuono 660 2022

"Bagi saya, bagian paling sulit adalah pengereman karena akselerasinya sangat bagus dan saya bisa mengontrol slide-nya dengan baik. Itu bukan masalah. Tapi, saya harus membiasakan diri dengan area pengereman karena berbeda dengan yang biasa saya kendarai di mana ini membuat perbedaan pada waktu putaran," terang Vinales.

Catatan Waktu semakin Impresif

Namun, catatan waktu Vinales meningkat di FP2 di mana dirinya sanggup memangkas gap menjadi 1,142 detik dari pemuncak latihan kedua yaitu Jack Miller (Mission Winnow Ducati). Penampilan Vinales semakin impresif saat FP3 dilakukan hari ini (11/9). Kali ini, ia bahkan mampu memangkas lap time dengan pembalap tercepat di bawah 1 detik!

Selain sudah mulai padu, tentu ada perubahan karakter utamanya pada sektor kaki-kaki depan Aprilia RS-GP tunggangannya. Kita lihat saja, apakah tren positif dari debut Vinales ini akan berlanjut di FP4 dan kualifikasi MotoGP Aragon yang jua dilangsungkan hari ini.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor