Mengenal PGM-FI Motor Honda, Teknologi Yang Masuk Indonesia Lewat Supra X 125

Teknologi sepeda motor terus berkembang, misalnya dari pengabutan menggunakan karburator lalu beralih menjadi injeksi. Nama PGM-FI tentu sudah tak asing lagi bagi kalian pengguna motor produksi Honda. Tapi sudah tahu belum apa itu PGM-FI?

PGM-FI sendiri merupakan singkatan dari Programmed Fuel Injection, yang merupakan salah satu teknologi kendaraan dari Honda, agar emisi gas buang yang dihasilkan lebih rendah dan ramah lingkungan.

Namun tak lama kemudian, pabrikan satu ini merilis Honda CX500 dan Honda CX650 dengan turbocharged, dengan keduanya mengusung teknologi PGM-FI. Tahun 1998 untuk ketiga kalinya Honda merilis motor PGM-FI lewat kemunculan Honda VFR800FI.

Baca juga : Honda CB500X 2022 Siap Diajak Blusukan, Harga Tetap Rp 192 Jutaan Fitur Nambah Banyak

Honda VFR800FI 1998.

Dari rilis resmi yang diterima redaksi, teknologi ini terdaftar atas nama Honda Co., Ltd. Menariknya teknologi injeksi bahan bakar ini juga digunakan dalam ajang balap bergengsi GP500 lewat motor sport legendaris Honda NSR500V.

Kala itu, mesin balap dengan tipe 2 stroke dirubah dengan tipe 4 stroke sesuai regulasi balap, dan teknologi ini pun disematkan pada Honda RC211V hingga kini. Dengan injeksi PGM-FI, proses pembakaran menjadi presisi, bahan bakar terbakar sempurna sehingga menghasilkan tenaga yang besar.

Baca juga : Sadar Tingginya Bahaya Naik Motor, FORWOT Kembali Adakan Pelatihan Safety Riding

Fakta, teknologi peduli lingkungan ini ternyata mampu membuktikan dapat memberikan nilai plus pada performa motor balap Honda diajang MotoGP. Dan kini telah menjadi teknologi umum yang mudah ditemui pada semua motor buatan Honda.

Honda Supra X 125 PGM-FI, motor injeksi pertama Honda di Indonesia.

Menurut Wahyu, dari tim Technical Service Function PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer motor Honda Jakarta-Tangerang, setelah pengembangan yang panjang, teknologi itu pun diturunkan pada motor harian.

Di Indonesia, kehadirannya muncul pertama kali tahun 2005 kala PT Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan Honda Supra X 125 PGM-FI. Hadirnya motor ini seakan menjadi awal kepunahan motor karburator Honda di Indonesia.

Baca juga : Daftar Fitur Motor Baru Yang Dianggap Mubazir, Cuma Bikin Harga Jadi Mahal?

"Tidak hanya irit, PGM-FI juga mudah dalam perawatan dan pintar karena ditopang dengan pendeteksi kerusakan internal pada sistem PGM-FI," ucap Wahyu dalam keterangan resminya.

Sistem kerja PGM-FI motor Honda.

Terdiri Dari Beragam Komponen

Wahyu juga menjelaskan, pada sistem PGM-FI terdiri dari banyak komponen, mulai dari Sensor Throttle Position, Air temperature, Intake Pressure, Engine Temperature, Engine Speed, Exhaust Gas O2 dan Concentration.

Semua data yang masuk diteruskan menuju ECM (Engine Control Module) untuk pengaturan waktu pengapian, proses penyemprotan bahan bakar hingga debit bahan bakar yang dibutuhkan.

Baca juga : Yamaha MX King 150 Edisi 60th World GP Hadir di Indonesia, Harga Beda Tipis!

Jumlah kedipan MIL untuk ketahui kerusakan PGM-FI.

Karena presisi, proses pengabutan tadi menghasilkan partikel bahan bakar lebih kecil dan homogen dengan udara, sehingga terbakar dengan sempurna. Keuntungannya mesin lebih mudah dihidupkan meski dingin dan dalam jangka waktu yang lama tidak dinyalakan.

Perawatan Mudah

Tak seperti karburator yang harus dibersihkan dengan cara membongkar, pada sistem injeksi PGM-FI masa perawatan berkala semakin mudah. Injector, throttle body dan fuel pump tidak perlu dibersihkan secara berkala, cukup lakukan penggantian saringan bensin setiap 48.000 KM.

Baca juga : SIM dan STNK Jangan Sampai Ketinggalan, Operasi Patuh Jaya Dimulai Hari Ini

Logo PGM-FI di Honda BeAT 2022.

PGM-FI juga canggih karena dapat mendeteksi kerusakan melalui indikator MIL (Malfunction Indicator Lamp). MIL terdapat di area panel meter dan akan berkedip sesuai dengan kerusakan yang terjadi pada sistem PGM-FI Honda.

Beberapa kerusakan sistem PGM-FI berdasarkan kedipan MIL:
* 1 kedipan Manifoldn Absolute Pressure.
* 7 kedipan Engine Oil Temperature / Engine Coolant Temperature.
* 8 Kedipan Throttle Position.
* 9 Kedipan Intake Air Temperature.
* 12 kedipan Injector.
* 21 kedipan O2 sensor
* 29 Kedipan idle air control valve (IACV)
* 33 Kedipan Engine Control Module ECM.
* 54 kedipan bank angle sensor.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor