Evolusi Kunci Pengaman Motor, Dari Garpu Pelek sampai Keyless, Mana Yang Paling Ampuh?

Tak cuma harus menjanjikan fitur kenyamanan serta keselamatan pengendara, pabrikan motor juga dituntut untuk menyematkan perangkat keamanan agar tak mudah digondol maling. 

Apalagi pencuri sekarang ini seperti punya pengetahuan yang lebih baik sehingga sistem pengaman motor berupa kunci setang bisa dibobol dengan mudah. Salah satunya menggunakan cairan 'setan' yang bisa meluruhkan mekanisme kunci setang, atau pakai kunci T yang jamak dilakukan.

1. Kunci Garpu Motor

Sistem keamanan motor paling umum adalah mengunci setang. Tapi tampaknya tak begitu ampuh menyulitkan pencuri. Untuk itu biar motor lebih susah dibawa kabur, pada motor-motor lawas disematkanlah kunci garpu. Kalau ingat, sistem pengaman ini mudah ditemukan pada motor lawas.

Kunci garpu motor dianggap ampuh mencegah maling.

Penggunaannya tinggal tancapkan garpu ke celah-celah velg lewat rumah kunci yang tersedia. Kemudian kunci. Dengan begitu motor akan susah digerakkan maju dan mundur. Apalagi ditambah kunci setang. 

Sayangnya sistem penguncian ini tak lagi diterapkan pada motor-motor terbaru. Penyebabnya karena kurang praktis dan dari segi estetika juga kurang baik karena penempatannya ditempatkan pada suspensi depan. 

2. Lubang Gembok Standar Tengah

Para pemilik Yamaha Jupiter MX 135 old pasti tak asing dengan mekanisme ini. Ya ini adalah sistem penguncian berupa lubang gembok standar tengah. Untuk penggunaannya aktifkan standar tengah, lalu masukkan gembok ke dua lubang yang tersedia. 

Lubang di standar difungsikan untuk menyematkan gembok.

Sistem pengaman ini dijamin bikin maling membutuhkan ekstra tenaga agar standar tengah motor bisa dilipat. Alhasil bisa mengurungkan niatnya untuk menggondol motor. Terlebih jika pemilik ikut mengaktifkan kunci setang.

3. Pengaman Magnet

Seakan sudah menjadi perangkat pengaman wajib pada motor keluaran baru saat ini. Bisa dikatakan rumah kunci kontak dengan pengaman magnet sudah jadi standar.

Untuk membuka tutup kunci kontak harus menggunakan serangkaian kode magnet pada ujung anak kunci dan tiap motor berbeda-beda. Tapi toh akhir-akhir ini tetap bisa dibobol oleh pencuri juga.

4. Kunci Immobilizer

Jauh ke depan ada lagi sistem penguncian yang lebih mutakhir, dengan nama immobilizer. Pengguna Vespa tentu tak asing dengan sistem ini karena skutik tersebut sudah mengadopsinya. 

Mekanisme immobilizer menggunakan sinyal kode pada anak kunci dan perangkat elektronik di motor. Manakala kunci memiliki kode yang berbeda, maka bahan bakar tak bisa disuplai ke mesin dan mesin nggak akan bisa dihidupkan. 

Vespa sudah mengadopsi sistem kunci immobilizer.

Baca Juga: Cari Skutik dengan Bagasi Luas, Coba Pilih Yamaha FreeGo Bekas

Sistem ini dirasa ampuh karena tak mudah dibobol. Untuk membobolnya bukan cuma bermodalkan otot, kunci T, atau cairan keras. Tapi juga butuh kepintaran untuk meretas sistem penguncian immobilizer. 

Lagi pula misalkan berhasil dibobol, maling akan susah menghidupkan mesin karena tak memiliki kunci yang kodenya sama dengan perangkat elektronik di motor

5. Smart Key 'Keyless' dengan Alarm

Kunci immobilizer kemudian mulai diterapkan pada motor-motor keluaran terbaru di Indonesia. Namun tak lagi pakai anak kunci, supaya lebih menjanjikan keamanan, lahirlah sistem keyless yang biasa disebut Smart Key. Cara kerjanya seperti penjelasan di atas. 

Keyless pada motor Honda.

Tapi tak lagai pakai anak kunci untuk membuka kunci motor. Setelah sinyal kode antara remote kunci dengan perangkat di motor cocok, pemilik tinggal putar tuas untuk mengaktifkan kelistrikan agar bisa menghidupkan mesin. 

Keyless ini juga dikombinasikan sistem alarm dengan tingkat sensitivitas tertentu agar lebih aman, dan bisa memberi notifikasi bahwa motor dalam keadaan tidak baik-baik saja ke pemiliknya. Sistem penguncian ini biasa dipakai pada motor-motor keluaran baru baik dari Honda, Yamaha, Suzuki, serta Kawasaki. 

6. Gembok cakram dan kunci handgrip

Yang terakhir ini bukan bawaan motor sebenarnya, karena sifatnya sebagai aksesori serta agar makin menyulitkan pencuri, yakni pakai gembok cakram dan kunci handgrip. Aksesori pertama bekerja layaknya gembok biasa yang disematkan pada celah-celah lubang cakram motor.

Kunci handgrip supaya motor nggak gampang dipindahkan.

Fungsinya agar roda depan tidak mudah digerakkan karena terhambat gembok. Sementara kunci handgrip, mekanismenya mengunci tuas rem depan untuk selalu mengunci, sehingga motor lagi-lagi tidak gampang dipindahkan. Nah dari berbagai inovasi pengaman motor tersebut, menurut Anda mana yang paling ampuh? 

Baca Juga: Pemotor Wajib Tahu, Ini 5 Pelanggaran Lalu Lintas Yang Besaran Dendanya Rp 500 Ribu!

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor