Harganya Sih Cuma Rp 4 Ribu, Tapi Hilang Bisa Bikin Motor Mogok Bahkan Terbakar!

Semua pengendara motor pasti setuju dan tentunya tak mau mengalami mogok di jalan. Makanya untuk mencegah hal tersebut, motor wajib menjalani perawatan berkala sesuai periodenya. Baik secara kilometer maupun intensitas penggunaan. 

Selain itu memastikan kondisi motor di rumah, juga bisa dilakukan. Ya mudahnya mengecek volume oli, tekanan ban, rutin mencucinya, menyetel gerak bebas rem, hingga membersihkan busi dan filter udara sendiri. 

Ada baiknya periksa secara berkala. Manakala tidak di rumah, bisa setelah isi bensin. Saat antre atau sebelum tutup tangki, pastikan karet yang biasanya ada di bawah tutup tangki tetap ada selalu dalam kondisi baik. Misalnya hilang atau sudah retak, maka siap-siap kejadian tadi bisa menimpa sewaktu-waktu.

Karet tutup tangki bensin perannya vital lho.

Jangan Sepelekan Karet Tutup Tangki

Kepala Bengkel Bintang Motor Honda Cinere, Ribut Wahyudi menjelaskan, karet tutup tangki punya posisi vital di motor. Sehingga perlu diperhatikan kondisinya. Bila tidak bisa membuat masalah seperti motor mogok. 

Sebab fungsinya mencegah air masuk ke dalam tangki ketika motor dicuci. Posisi tutup tangki juga lebih rapat dan presisi makanya baik saat kehujanan atau menyemprot air ketika mencucinya tak mudah masuk ke dalam tangki bensin. 

Tutup tangki bensin motor ada karetnya untuk menghindari luber dan mencegah air masuk ke tangki.

"Misalnya karetnya sobek, nggak bagus lagi karena getas, air bisa masuk ke dalam tangki. Buat motor yang jarang dipakai, dampaknya tangki bisa berkarat. Air dan karat kalau sampai mengotori bahan bakar maka motor mati, bisa rembes ke jalur fuel pump," katanya. 

Kalau sudah begini, maka ongkos perbaikannya besar. Ditambah lagi ada kemungkinan penggantian komponen fuel pump dan tangki bensin. Padahal bila mendeteksi sejak awal ada kerusakan karet tangki, bisa lakukan penggantian. 

Apabila karet tutup tangki hilang, dampaknya motor bisa mogok.

Baca Juga: Pemotor Wajib Tahu, Ini 5 Pelanggaran Lalu Lintas Yang Besaran Dendanya Rp 500 Ribu!

Harganya terbilang murah, misalnya untuk motor lama seperti Yamaha Jupiter MX 135, cuma Rp 4 ribu dan untuk motor matic keluaran terbaru seperti Honda BeAT atau Honda Genio Rp 10 ribu. Sedangkan harga tangki dan fuel pump bila ditotal bisa habis Rp 300 ribuan belum ongkos pengerjaan. 

Umpama ternyata karetnya hilang atau terlanjur rusak, dampak jangka pendeknya adalah dapat timbul bau bensin yang menyengat. Kemudian saat isi full tank, volume bensin lama-lama bisa berkurang karena rembes keluar dari celah-celah tutup tangki. 

Tutup tangki bensin tanpa karet bisa menyebabkan kebakaran.

Kenapa Bisa Rusak atau Hilang? 

Lalu kenapa bisa komponen tersebut rusak? Dan apakah ada umur pemakaiannya? Soal ini Ribut mengatakan tak ada patokan baku kapan karet tutup tangki wajib diganti. Yang jelas bisa menemukan komponen tersebut sudah pecah, tak lagi elastis, bahkan hilang, segera pakai yang baru. 

Kemungkinan rusaknya beragam. Bisa jadi karena getas. Setelah terkena bensin kemudian mengering, lalu ditambah lagi motor keseringan diparkirkan di bawah terik matahari. Saat karet bergesekan dengan tutup dan tangki, saat itulah komponen tersebut mengalami kerusakan.  

Baca Juga: Jangan Asal, Motor Matic Lepas Filter Udara Bikin Tarikan Enteng Tapi Resikonya Tinggi!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor