Deretan Penyakit Yamaha Scoprio Bekas, Gak Cuma Sok Ambles Ternyata!

Yamaha Scorpio Z generasi ke-2 yang terbilang laris
  • Sokbreker Yamaha Scorpio kerap ambles
  • Karburator vakum bermasalah karena usia pakai

Motor sport bergenre naked, Yamaha Scorpio cocok dipilih bagi Anda yang menginginkan tunggangan seken dengan tenaga mumpuni plus nyaman untuk teman perjalanan.

Pasalnya, dalam kondisi standar dan sehat, Yamaha Scorpio menawarkan sensasi berkendara yang mumpuni, baik sekadar rute komuter harian hingga touring keluar kota.

Hal tersebut ditunjang oleh bodi kekar dengan posisi duduk nyaman lewat ketinggian setang yang mumpuni. Lalu kombinasi suspensi depan teleskopik dan monosok di belakang. Serta tentu saja mesin yang bertenaga.

Tak heran, karena sejak pertama kali dirilis tahun 2002 hingga berakhir masa baktinya di 2015, Yamaha Scorpio memiliki mesin bervolume 225 cc yang persis. Dari tiga generasi Yamaha Scorpio, seluruhnya memakai mesin bertipe satu silinder berpendingin udara dengan tenaga 18,2 PS di 8.000 rpm dan torsi 17,5 Nm pada 6.500 rpm.

Selain itu, dengan budget yang terbatas, Yamaha Scorpio bekas juga menawarkan value for money yang menarik. Karena saat ini harga jualnya berkisar antara Rp 10-15 jutaan, masih lebih murah dari skuter matic Yamaha Mio M3 yang sudah berada di angka Rp 16 jutaan.

Eits, jangan langsung tergoda dengan harga murah ya. Karena bisa-bisa banyak dana tambahan untuk memperbaikinya. Lalu apa saja penyakit yang kerap terjadi pada Yamaha Scorpio? Yuk, kita kenali.

Baca Juga: Intip Ragam Gaya Modifikasi Yamaha Scorpio, Bisa Jadi Tracker Sampai Chopper

Kaki-kaki Gampang Amblas

Penyakit kaki-kaki Yamaha Scorpio yang mudah amblas tampaknya sudah jadi rahasia umum. Kondisi yang terjadi di sokbreker belakang Yamaha Scorpio tersebut bahkan seolah bertahan dari generasi ke generasi.

Dua peranti ini biang masalah sok ambles

Penyebabnya pun rata-rata sama, yakni bagian arm relay dan connecting rod Yamaha Scorpio yang sudut kemiringannya tidak lagi sesuai standarnya.

Keadaan tersebut bisa diselesaikan dengan cara mengganti kedua parts tersebut. Banyak juga yang menyediakan versi aftermarketnya yang diklaim lebih awet.

Baca Juga: Andai Masih Dijual, Mungkin Begini Tampang Yamaha Scorpio Terbaru

Karburator Vakum Bermasalah

Hadir di era 2000-an awal, asupan bensin dan udara ke ruang bakar dari Yamaha Scorpio masih dipasok oleh sistem karburator. Tipe karburator standar Yamaha Scorpio sendiri adalah vakum. Bukan tipe skep seperti karburator motor jaman dulu pada umumnya.

Nah, keunggulan karbu vakum ada di efisiensi BBM yang lebih baik dari tipe skep. Toh demikian, di jeroan karbu vakum bawaan Yamaha Scorpio terdapat karet vakum yang rawan sobek karena faktor pemakaian, perawatan dan usia pakai.

Mesin bertenaga, tapi cek karbunya

Efek jika karet vakumnya sudah sobek adalah tarikan motor yang lambat dan brebet. Tentu tak nyaman dipakai. Sayangnya, peranti karet vakum di Yamaha Scorpio terbilang cukup mahal. Produk originalnya bisa mencapai Rp 700 ribuan. Tapi versi KW nya juga marak tersedia dengan banderol cukup Rp 60 ribuan.

Tapi jika kurang puas dan justru ingin mengganti karbu vakum standarnya dengan tipe racing atau aftermarket. Maka karburator tipe PE 28 bisa dilirik. Harganya mulai Rp 700 ribu hingga Rp 2 jutaan, tergantung mau yang original atau KW.

Kopling Bermasalah

Tak ketinggalan, setelah menebus Yamaha Scorpio seken ada baiknya memeriksa bagian koplingnya. Karena koplingnya sering lemas. Saat kopling bermasalah, ketika selongsong gas ditarik, mesin motor hanya teriak tanpa bisa berjalan secara normal.

Generasi penutup Yamaha Scorpio Z

Hal tersebut dikarenakan koplingnya yang terlalu panas karena pemakaian oli mesin yang tidak bagus kualitasnya. Ada baiknya ganti oli tersebut setelah membelinya dan melakukan pemeriksaan menyeluruh.

Nah, yuk mulai berburu Yamaha Scorpio bekasnya.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor