Aprilia SR GT 200 2022 merupakan motor matic yang akhir-akhir mencuri perhatian. Secara desain, motor ini mirip dengan Honda ADV 160 2022, yang juga baru dirilis dan sama-sama bergenre motor matic petualang.
Belum lagi membawa brand premium Italia, namun dengan dimensi yang masih bisa diterima karena tak sebesar motor matic 250 cc. Intinya dimensi motor ini seharusnya masih asyik untuk dipakai harian.
Baca juga : Hitung Performa Atas Kertas Aprilia SR GT 200 2022 dan Honda ADV 160 2022, Gesit Siapa?
Aprilia SR GT 200 menggunakan mesin i-Get generasi terakhir yang lebih optimal tentunya. Seperti sudah memiliki standar emisi Euro 5 yang tentunya sangat ramah lingkungan.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan injeksi bahan bakar. Kapasitas mesinnya 174 cc berkat penggunaan piston 61,5 mm dengan langkah piston 58,7 mm. Ukuran Throttle body-nya sendiri mencapai 30 mm.
Output yang mampu dihasilkan mencapai 17,6 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 16,5 Nm di 7.000 rpm. Karakter tenaganya kuat pada putaran rendah namun cenderung linear saat berakselerasi.
Selain itu ada juga penggunaan aluminium silinder dengan nikasil coating pada dinding silinder, piston baru dengan desain sudut geometri kepala piston baru, dan desain kubah ruang bakar baru yang membuat pembakaran lebih efisien.
Baca juga : Bedah Mesin Aprilia SR GT 200 2022, Pakai Piston Hingga Sistem Injeksi Baru
Tentunya yang membuat penasaran adalah performanya saat dipakai di jalanan, seberapa gesit motor yang dilepas Rp 60 jutaan ini. Untuk itu kami mengukurnya menggunakan alat berbasis satelit, Racebox.
Dengan bobot motor mencapai 148 kg, akselerasi terhitung impresif. Untuk melaju 0-60 km/jam butuh waktu 5,33 detik. Lalu 0-80 km/jam 9,38 detik dan 0-100 km/jam 16,5 detik.
Top speed yang bisa diraih berdasarkan spidometer mencapai 127 km/jam. Lumayan untuk ukuran motor matic bermesin tak sampai 200 cc. Tapi jika dibaca menggunakan Racebox, maka top speed aslinya hanya 119 km/jam. Tetap lumayan kencang ya?
Nah, tentu hal lain yang jadi pertimbangan adalah konsumsui bahan bakarnya, seberapa haus motor ini menenggak bahan bakar yang minimal pakai oktan 95. Hasilnya dipakai harian masih terhitung irit!
Ini dipakai macet-macetan dan berkendara harian normal, bukan dengan sengaja dibuat eco riding. Hasilnya masih bisa melewati 30 km/liter tuh. Lumayan irit? Lengkapnya langsung saja simak video test ride Aprilia SR GT 200 2022 di bawah ini.
Jangan lupa subscribe!