Akhirnya Honda CBR600RR Mengaspal, Harganya Dibanderol Rp 224 Jutaan

Akhirnya Honda CBR600RR Mengaspal, Harganya Dibanderol Rp 224 Jutaan

Sepeda motor sport dengan fairing terbaru Honda CBR600RR generasi terbaru akhirnya dilaunching di Jepang, Jumat (21/8/2020).

Sebelumnya pihak Honda memang sudah membocorkan mengenai sepeda motor terbarunya ini meski dengan spesifikasi tak lengkap.

Melalui peluncuran ini, Honda benar-benar membuka tudung dari Honda CBR600RR dan mengumbar spesidikasi dari sepeda motor terbarunya ini.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, ada beberapa bagian yang mendapat pembaharuan di sepeda motor ini.

Salah satunya adalah upgrade camshaft dan crankshaftnya yang mendongkrak performa dari sepeda motor dengan mesin empat silinder ini.

Selain itu tampilannya juga semakin segar serta kekinian yang membuatnya cukup berbeda dengan pendahulunya.

Mari kita bahas satu persatu spesifikasi Honda CBR600RR generasi terbaru.

Tampilan

Dari tampilannya, Honda CBR600RR tampak semakin sporty dengan desain barunya.

Pada bagian depan dan samping Honda CBR600RR memang mendapat banyak ubahan.

Jika dilihat sepintas, mirip sekali dengan Honda CBR1000RR-R yang juga varian flagship Honda namun dengan mesin yang lebih besar.

Terlihat lampu depan Honda CBR600RR yang menggunakan empat buah proyektor terlihat sangat sipit, jauh lebih kecil dbandingkan model lamanya.

Namun jika diperhatikan sekilas, desain lampu sein Honda CBR600RR yang sudah menggunakan LED ini malah mirip dengan model disematkan pada Honda CBR250RR dan terlihat lebih kompak.

Selain itu ada tambahan winglet di samping kiri dan kanan lampu utama menambah kemiripan di antara keduannya.

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, perubahan pada fairing bagian depannya ini membuat tampang Honda CBR600RR terlihat semakin sporty.

Namun untuk bodi belakang yang dimiliki sepeda motor sport ini masih sama seperti model sebelumnya.

Sepeda motor ini nampak masih menggunakan knalpot model undertail dengan lampu belakang yang tipis yang juga sudah menggunakan LED.

Selain itu swing arm yang digunakan juga tak ada perubahan, sama dengan generasi sebelumnya.

Hal ini membuat drag coefficient atau CD dari sepeda motor sport fairing ini semakin rendah dan semakin aerodinamis.

Desain baru ini dipercaya dapat meningkatkan aerodinamika Honda CBR600RR baik di jalanan maupun di trek sirkuit.

Mesin

Beralih membahas bagian dapur pacu sepeda motor sport dengan fairing ini menggunakan mesin bensin berkubikasi 599 cc empat silinder segaris dual over head camshaft atau DOHC yang menggunakan pendingin cairan.

Sistem camshaft ini baru yang disematkan Honda pada CBR600RR lantaran mereka sebelumnya menggunakan single overhead camshaft atau SOHC.

Selain itu ada juga pembaharuan pada crankshaft Honda CBR600RR yang dikombinasikan dengan peningkatan dari intake dan efisiensi knalpotnya.

Mereka meningkatkan ukuran diameter throttle yang dioptimasi dengan lekukan serta ukuran knalpot.

Hasilnya motor ini memiliki tenaga hingga 121 PS pada 14.000 rpm dengan torsi puncak hingga 64 Nm di putaran mesin 11.500 rpm dengan suplai bahan bakar injeksi.

Tenaga Honda CBR600RR jauh meningkat dibandingkan generasi sebelumnya yang hanya 108 PS saja.

Begitu halnya dengan torsi yang dihasilkan. Honda CBR600RR sebelumnya hanya memiliki torsi sebesar 60 Nm.

Elektronik

Dibagian komponen elektronik, teknologi yang disematkan pada sepeda motor sport fairing Honda CBR600RR terbilang cukup mumpuni.

Untuk mendukung pengendara dalam mengemudikan dang mengkontrol sepeda motor, Honda menyematkan sistem Throttle by Wire System atau TBW.

Sistem ini dapat membantu mengontrol valve dari katup gas lebih presisi sehingga kinerja valve lebih maksimal.

Selain itu ada juga Inertial Measurement Unit atau IMU yang dapat membaca postur tubuh pengendara melalui sistem ABS yang menjadi standar sepeda motor berkubikasi besar seperti ini.

Lalu ada juga pilihan mode berkendara yang dapat dipilih pengendara secara manual lengkap dengan Honda Selectable Torque Control atau HSTC dimana fitur ini dapat memberikan pengendara pilihan dalam menikmati perjalanan tergantung situasi berkendara.

Untuk melengkapinya, Honda menyematkan layar full colour TFT LCD di panel instrument.

Harga

Sepeda motor sport fairing terbaru Honda ini hanya ditawarkan dengan pilihan warna tricolor Grand Prix Red yang merupakan perpaduan dari warna merah, biru dan putih yang juga ada pada Honda CBR1000RR-R.

Honda CBR600RR dibanderol seharga 1.606.000 Yen atau setara dengan Rp 224 jutaan. (Kurs 1 Yen = Rp 139,69 per 22 Agustus 2020)

Tapi perlu diingat, harga tersebut belum termasuk pajak dan biaya lain-lain ya.

Honda juga menawarkan tambahan quick-shifter untuk sepeda motor sport fairing ini dengan biaya 26.850 Yen atau sekitar Rp 3,7 jutaan.

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor