Mencicipi Sensasi Berkendara WMoto EDraco, Langsung Terasa Bedanya!

WMoto EDraco
  • Tak ada lagi suara mesin dan knalpot.
  • Posisi berkendara khas matic premium.
  • Punya riding mode dan gigi mundur.

Seperti diketahui PT MForce Indonesia beberapa waktu lalu menampilkan sosok motor listrik yang akan dijual, WMoto EDraco. Bukan hanya dipajang, perusahaan asal Malaysia ini juga turut menyajikan unit tesnya.

Motor tes tersebut hadir untuk diuji oleh awak media, termasuk Autofun. Meski hanya dites pada lintasan yang terbatas, tapi cukup untuk merasakan impresi berkendaranya.

Baca Juga: Jajal WMoto Draco 250i 2023, Lawan Yamaha XMax Berjantung DOHC

Spidometer Atraktif WMoto Draco

Saat melihat tampilan eksteriornya, jujur tak ada kesan 'wow' di motor tersebut. Selain karena tampangnya yang identik dengan WMoto Draco 250i, juga bodi bongsornya yang mirip-mirip dengan matic gambot lain sekelas Kymco X-Town 250 atau SYM GTS 250.

Spidometer tak lagi kombinasi seperti versi bensin

Tapi impresi awal yang positif langsung diwakili oleh layar TFT LCD sebagai panel spidometernya. Ini karena ukurannya yang lebar dan penggunaan warna atraktif membuat berbagai informasi yang ditampilkan terbaca dengan baik, meski saat diterpa sinar matahari.

Baca Juga: Duel Suzuki Avenis 2023 VS TVS Ntorq Race XP 2023, Matic India Mau Pilih Mana?

Posisi Duduk Wmoto EDraco

Duduk di atas joknya yang punya tinggi 780 mm, kesan nyaman langsung terasa. Busanya cukup empuk dan lekukan pada bagian leveling pengendara juga pas. Sehingga bisa menyangga badan dengan baik. Cocok untuk perjalanan jauh.

Impresi seperti matic 250 cc.

Hal ini juga ditunjang dengan posisi kaki yang memungkinkan posisi kaki untuk tegak dan selonjoran. Karakter deknya memang mempertahankan gaya berkendara dari skuter matic premium yang rata-rata bermesin bensin 250 cc ke atas.

Perhatikan Indikator Spidometer

Dalam kondisi diam, saat duduk di atas motor ini memang tak terasa jika bobotnya lebih dari 2 kuintal, tepatnya 207 kg. Meski terkesan ringan, tapi begitu dipakai bermanuver, motor ini tak bisa dibilang lincah. 

Posisi charger

Sehingga butuh waktu untuk penyesuaian pada pengedaliannya. Namun buat yang terbiasa memakai matic gambot dengan mesin 250 cc mungkin sudah lebih terbiasa.

Untuk mengetahui motor ini siap jalan atau tidak, cek dulu indikator spidometer di WMoto EDraco. Jika panel spidometernya menyala, maka motor sudah bisa dipakai berjalan. Sebaliknya, motor mati saat panel tersebut tak memperlihatkan informasi apa pun.

Tak perlu heran, karena sebagai motor listrik sumber penggerak WMoto EDraco tak menghasilkan suara. Ini berbeda dari versi bensinnya yang mengeluarkan suara dari mesin dan knalpotnya.

Karakter Penggerak Butuh Penyesuaian

Selain bergerak dalam diam, ada sejumlah penyesuaian lagi dalam mengendarai WMoto EDraco. Diantaranya putaran selongsong gas yang lebih dalam ketimbang versi bensinnya.

Belt penggerak

Jangan ragu untuk membuka gas dalam, karena meski torsinya mencapai 53 Nm, tapi tak ada hentakan yang besar seperti motor listrik lainnya. Penyaluran tenaganya terbilang halus.

Sayangnya entah belum disetting ulang atau bagaimana, terkadang motor seperti kehilangan daya. Terutama saat selongsong gas ditutup, misalnya saat bermanuver putar balik. Tapi begitu posisi sudah melaju, maka respon yang dihasilkan kembali normal.

Mode Berkendara dan Gigi Mundur

Sama seperti beberapa motor listrik WMoto EDraco juga punya riding mode. Mode ini akan mengatur keluaran tenaga yang dibutuhkan. 

Tombol gigi mundur

Saat kami pakai, sensasi berbeda memang cukup terasa, terutama di akselerasi awal. Tapi terbatasnya trek membuat potensi sesungguhnya difitur ini belum terasa.

Menariknya, pengendara juga tak perlu susah-susah untuk parkir. Karena WMoto EDraco punya fitur gigi mundur. Caranya dengan menekan tombol R lalu memutar selongsong gas. Gigi mundur ini punya kecepatan maksimal 5 km/jam.

Hmm, tinggal tunggu dijual umum nih.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor