Kawasaki ER-6n Masih Jadi Moge Entry Level Idaman, Harga Bekas Mulai Rp 65 Jutaan

Kawasaki ER6-n masih menjadi favorit moge entry level.
  • Dibekali dengan desain sport naked yang gagah dan berkarakter.
  • Pakai mesin 650 cc 2 silinder segaris dengan torsi dan tenaga besar.

Kawasaki ER-6n masih menjadi favorit bagi mereka yang ingin mulai naik kelas dari 250 cc. Favorit di sini karena dengan harga yang ditebus, pengendaranya bisa mendapatkan motor 650 cc dengan desain naked yang cukup gagah.

Desain bodi dan rangka tubularnya terlihat sangat menyatu dan seirama, didukung dengan desain tangki bensin yang cukup tinggi memberikan kesan gagah. Belum lagi ada mesin 650 cc 2 silinder di tengah dengan dimensi yang juga besar.

Meski masih menggunakan suspensi depan tipe teleskopik, namun ER-6n sudah dibekali dengan sepasang rem depan dengan cakram wavy semi-floating khas Kawasaki.

Terlebih sport naked ini juga menggunakan knalpot model underbelly yang membuat desain swing armnya model banana atau asimetris. Desain itu juga yang membuat tampilan ER-6n tampil lebih moge.

Baca juga: Promo Besar-Besaran Kawasaki di Akhir Tahun, Ada Diskon Sampai Rp 4,7 Juta!

Tampilan gagah dengan rangka tubular yang terekspos

Tampilan buritan lebih berkesan moge look berkat kombinasi lebar pelek 4,5 inci yang dibalut ban berukuran 160/60-17. Gambot!

Mesin Bertenaga Kawasaki ER-6n

Salah satu ciri dari ER-6n yang cukup khas adalah karakter torsi dari mesinnya yang cukup badak. Mesinnya punya spesifikasi 649 cc dengan kombinasi diameter piston 83 mm, panjang langkah 64 Nm, serta perbandingan kompresi 10,8:1.

Sistem bahan bakar sudah injeksi dan berpendingin radiator ini punya klaim tenaga maksimal 72,1 ps pada 8.500 rpm serta torsi 64 Nm di 7.000 rpm. Tenaga tersebut sudah mampu membawa motor seberat 204 kg ini melaju dengan cepat.

Mesin 650 cc 2 silinder segaris yang punya torsi kuat

Baca juga: Kawasaki Rilis Stockman 2023, Trail Rp 57 Jutaan Pas Buat Perkebunan

Bahkan tangan harus pintar-pintar menjaga putaran selongsong gas agar tidak terlalu menghentak dan tetap mudah dikendalikan. 

Berat Kawasaki ER-6n 204 kg

Meskipun ER-6n masuk dalam kategori moge entry level, tapi bicara handling pengendaranya harus tetap memiliki skill mumpuni untuk bisa mengontrol sport naked satu ini.

Pasalnya ER-6n punya bobot isi mencapai 204 kg, yang mana angka ini bukan lah angka yang ringan untuk sebuah sepeda motor. Jadi pengendaranya perlu menyiapkan diri, terutama saat berada di kondisi macet.

Walau bobotnya lumayan berat, asyiknya ER-6n punya posisi jok yang tidak terlalu tinggi. Menurut data spesifikasinya, motor ini punya tinggi jok 805 mm yang mana cukup bersahabat untuk postur badan 170 cm.

Bobot 204 kg membuatnya cukup berat saat dikendalikan

Baca juga: Cek Harga Kawasaki Versys-X 250 2023, Kuda Besi Favorit Buat Touring

Posisi jok yang rendah juga dikombinasi dengan setang telanjang yang punya posisi cukup tinggi, dengan begitu posisi badan akan lebih rileks dan nyaman untuk perjalanan jauh.

Fitur Sederhana

Belum banyak teknologi modern yang disematkan pada Er-6n. Seperti lampu-lampunya yang masih bohlam halogen, tidak ada power modes, tidak ada TCS, dan belum keyless.

Yang terlihat agak modern hanya di sektor spidometer, ini karena menggunakan kombinasi tampilan analog dan digital. Di atas ada jarum takometer untuk menunjukan putaran mesin dengan latar putih.

Spidometer kombinasi analog dan layar digital

Baca juga: Pantau Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R, Masih Lebih Mahal Dari Barunya?

Di bawahnya ada layar digital memanjang yang berisi informasi kecepatan, fuel meter odometer, trip meter, dan rata-rata konsumsi bahan bakar.

Harga Bekas Mulai Rp 65 Jutaan

Kawasaki ER-6n diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2011 akhir, motor produksi Thailand ini kala itu punya banderol Rp 99 juta. Siap meminang ER-6n di tahun 2022? Cukup siapkan dana mulai Rp 65 jutaan saja.

Itu terlihat di beberapa situs jual beli kendaraan, di mana Kawasaki ER-6n lansiran 2011 dan 2012 dibanderol mulai dari harga Rp 65 juta hingga ada harga tertinggi hingga menyentuh Rp 90 jutaan.

Semua itu kembali kepada kondisi motor dan part modifikasi apa saja yang sudah terpasang, semakin banyak dan branded part modifikasi yang terpasang maka akan membuat harga jualnya semakin tinggi.

Knalpot underbelly serta swing arm model banana di sisi kanan

Baca juga: Segini Harga dan Spesifikasi Kawasaki W175TR 2023, Pas Buat Teman Healing

Bagi yang ingin punya dengan tahun yang lebih muda, bisa lirik ER-6n lansiran tahun 2015. Ciri pembedanya adalah ada yang menggunakan rangka dan swing arm warna merah, sirip mesin yang polished, serta dilengkapi ABS. Varian ini dibanderol di kisaran Rp 95 - Rp 100 jutaan. 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor