Suzuki secara global coba bermain di segmen sport touring dengan membuat sebuah motor yang diberi nama Suzuki GSX-S1000GT. Motor ini mengambil basic dari GSX-S1000 yang sedikit diubah agar cocok dengan konsepnya.
Motor satu ini pun hadir di Indonesia yang didatangkan langsung oleh 2Wheelers by Glamour Auto Boutique yang merupakan importir umum. Suzuki GSX-S1000GT ini dibanderol Rp 900 jutaan dalam keadaan off the road.
Desain motor ini kabarnya dibuat di dalam wind tunnel, jadi tidak heran kalau hasil akhirnya terlihat begitu aerodinamis. Bahkan ujung bodi depannya memiliki desain tajam sehingga dapat membelah angin dengan optimal.
Fairing Suzuki GSX-S1000GT juga menganut model tumpuk, terlihat ada beberapa lapisan bodi yang menumpuk pada fairing sampingnya. Karena untuk segmen turing, kedua rodanya menggunakan lingkar 17 inci.
Baca juga: Suzuki Shogun 110R Ngetop Lagi Gara-Gara Kasus Bom Bandung
Kedua peleknya dibalut dengan ban full on road berlabel Dunlop Sportmax Roadsport 2 berukuran 120/70-17 di depan dan 190/50-17 untuk belakang, gambot! Suspensi depan menggunakan upside down warna bronze yang bisa disetel sesuka hati.
Ada setelan tension dan preload di atas, lalu setelan compression berada di bawah yang bisa diatur menggunakan obeng pipih. Di sektor pengereman terdapat sepasang kaliper Brembo radial 4 piston di sisi depan yang menjepit cakram semi-floating.
Yang belakang pakai cakram tunggal dan dijepit kaliper Nissin 1 piston, baik rem depan maupun belakang tentu sudah disematkan dengan ABS. Selain desain dan kaki-kaki, subframe yang digunakan Suzuki GSX-S1000GT juga berbeda dengan Suzuki GSX-S1000.
Ini karena subframe-nya punya sudut yang lebih melandai dan juga dilengkapi dengan dudukan pannier kanan dan kiri. Dengan begitu memasang pannier bukan lah hal yang sulit.
Baca juga: Situs Suzuki Racing Bakal Tutup Usai 23 Tahun, Sempat Beritakan Pembalap Indonesia
Basic mesin yang digunakan motor ini juga sama dengan Suzuki GSX-S1000, tapi ada beberapa update agar sesuai dengan peruntukannya. Mesin legendaris ini menggunakan kombinasi diameter piston 73,4 mm dengan panjang langkah 59 mm.
Pistonnya menggebuk perbandingan kompresi 12,2:1 yang artinya membutuhkan bahan bakar dengan RON tinggi. Terdapat 3 pilihan riding mode yang disebut SDMS atau Suzuki Drive Modes Selector.
Pertama ada A alias Active yang artinya punya respon bukaan gas sangat responsif, tenaga maksimal bisa dirasakan pada mode ini. Kemudian ada B yang berarti Basic, di sini tenaga maksimal tetap sama namun dengan respon akselerasi yang lebih smooth.
Terakhir ada C atau Comfort di mana bukaan gas sangat delay. Di mode ini keluaran torsi juga dibuat lebih rendah agar nyaman saat digunakan di kondisi hujan atau saat jalan minim grip.
Baca juga: Serba-Serbi Suzuki Hayate, Motor Irfan Bachdim Yang Tak Lekang Jaman
Suzuki GSX-S1000GT jadi produk pertama dari Suzuki yang menggunakan TFT display, bahkan ukurannya mencapai 6,5 inci. Isi informasinya tentu lengkap dan takometer dibuat seperti jarum.
Selain informasi lengkap, spidometernya juga bisa terkoneksi dengan smartphone dan intercom. Dengan begitu nantinya spidometer bisa menampilkan notifikasi pesan, telepon, musik, hingga navigas.
Untuk lebih lengkapnya bisa simak video first impression kami di bawah ini.
Spesifikasi Suzuki GSX-S1000GT | ||
---|---|---|
Mesin | 999 cc, 4 tak, pendingin cairan, 4 silinder segaris, DOHC | |
Bore x stroke | 73,4 mm x 59 mm | |
Perbandingan kompresi | 12,2:1 | |
Tenaga maksimal | 152 ps @11.000 rpm | |
Torsi maksimal | 106 Nm @9.250 rpm | |
Sistem bahan bakar | Fuel injection dengan Ride-by-Wire | |
Transmisi | 6 percepatan | |
Suspensi depan | Upside down | |
Suspensi belakang | Monoshock | |
Rem depan | Cakram ganda, Brembo 4 piston, ABS | |
Rem belakang | Cakram tunggal, Nissin 1 piston, ABS | |
Ban depan | 120/70-17 | |
Ban belakang | 190/50-17 | |
Tangki bensin | 19 liter | |
P x L x T | 2.140 mm x 825 mm x 1.215 mm | |
Panjang sumbu roda | 1.460 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 140 mm | |
Tinggi jok | 810 mm | |
Berat isi | 226 kg |