Gantengnya Suzuki GSX-S1000GT, Motor Turing Berbanderol Rp 900 Jutaan

Suzuki GSX-S1000GT bergenre Sport Touring.
  • Menggunakan basic GSX-S1000 yang disempurnakan kembali.
  • Bodi dibalut fairing yang sporty namun pakai setang pipa yang nyaman.

Suzuki secara global coba bermain di segmen sport touring dengan membuat sebuah motor yang diberi nama Suzuki GSX-S1000GT. Motor ini mengambil basic dari GSX-S1000 yang sedikit diubah agar cocok dengan konsepnya.

Motor satu ini pun hadir di Indonesia yang didatangkan langsung oleh 2Wheelers by Glamour Auto Boutique yang merupakan importir umum. Suzuki GSX-S1000GT ini dibanderol Rp 900 jutaan dalam keadaan off the road.

Tampilan bokong gambot dengan ban 190/50-17

Desain motor ini kabarnya dibuat di dalam wind tunnel, jadi tidak heran kalau hasil akhirnya terlihat begitu aerodinamis. Bahkan ujung bodi depannya memiliki desain tajam sehingga dapat membelah angin dengan optimal.

Fairing Suzuki GSX-S1000GT juga menganut model tumpuk, terlihat ada beberapa lapisan bodi yang menumpuk pada fairing sampingnya. Karena untuk segmen turing, kedua rodanya menggunakan lingkar 17 inci.

Baca juga: Suzuki Shogun 110R Ngetop Lagi Gara-Gara Kasus Bom Bandung

Fairing meruncing dengan beberapa lapis bodi

Kaki-Kaki Suzuki GSX-S1000GT

Kedua peleknya dibalut dengan ban full on road berlabel Dunlop Sportmax Roadsport 2 berukuran 120/70-17 di depan dan 190/50-17 untuk belakang, gambot! Suspensi depan menggunakan upside down warna bronze yang bisa disetel sesuka hati.

Ada setelan tension dan preload di atas, lalu setelan compression berada di bawah yang bisa diatur menggunakan obeng pipih. Di sektor pengereman terdapat sepasang kaliper Brembo radial 4 piston di sisi depan yang menjepit cakram semi-floating.

Lampu sudah full LED dengan desain bodi belakang ramping

Yang belakang pakai cakram tunggal dan dijepit kaliper Nissin 1 piston, baik rem depan maupun belakang tentu sudah disematkan dengan ABS. Selain desain dan kaki-kaki, subframe yang digunakan Suzuki GSX-S1000GT juga berbeda dengan Suzuki GSX-S1000.

Ini karena subframe-nya punya sudut yang lebih melandai dan juga dilengkapi dengan dudukan pannier kanan dan kiri. Dengan begitu memasang pannier bukan lah hal yang sulit.

Baca juga: Situs Suzuki Racing Bakal Tutup Usai 23 Tahun, Sempat Beritakan Pembalap Indonesia

Sakelar multifungsi untuk mengatur beragam fitur

Mesin 1.000 Cc

Basic mesin yang digunakan motor ini juga sama dengan Suzuki GSX-S1000, tapi ada beberapa update agar sesuai dengan peruntukannya. Mesin legendaris ini menggunakan kombinasi diameter piston 73,4 mm dengan panjang langkah 59 mm.

Pistonnya menggebuk perbandingan kompresi 12,2:1 yang artinya membutuhkan bahan bakar dengan RON tinggi. Terdapat 3 pilihan riding mode yang disebut SDMS atau Suzuki Drive Modes Selector.

Tenaga mesin difokuskan di putaran rendah dan tengah

Pertama ada A alias Active yang artinya punya respon bukaan gas sangat responsif, tenaga maksimal bisa dirasakan pada mode ini. Kemudian ada B yang berarti Basic, di sini tenaga maksimal tetap sama namun dengan respon akselerasi yang lebih smooth.

Terakhir ada C atau Comfort di mana bukaan gas sangat delay. Di mode ini keluaran torsi juga dibuat lebih rendah agar nyaman saat digunakan di kondisi hujan atau saat jalan minim grip.

Baca juga: Serba-Serbi Suzuki Hayate, Motor Irfan Bachdim Yang Tak Lekang Jaman

Layar digital dengan ukuran 6,5 inci yang cukup besar

Layar Digital Pertama

Suzuki GSX-S1000GT jadi produk pertama dari Suzuki yang menggunakan TFT display, bahkan ukurannya mencapai 6,5 inci. Isi informasinya tentu lengkap dan takometer dibuat seperti jarum.

Selain informasi lengkap, spidometernya juga bisa terkoneksi dengan smartphone dan intercom. Dengan begitu nantinya spidometer bisa menampilkan notifikasi pesan, telepon, musik, hingga navigas.

Untuk lebih lengkapnya bisa simak video first impression kami di bawah ini.

Spesifikasi Suzuki GSX-S1000GT
Mesin 999 cc, 4 tak, pendingin cairan, 4 silinder segaris, DOHC
Bore x stroke 73,4 mm x 59 mm
Perbandingan kompresi 12,2:1
Tenaga maksimal 152 ps @11.000 rpm
Torsi maksimal 106 Nm @9.250 rpm
Sistem bahan bakar Fuel injection dengan Ride-by-Wire
Transmisi 6 percepatan
Suspensi depan Upside down
Suspensi belakang Monoshock
Rem depan Cakram ganda, Brembo 4 piston, ABS
Rem belakang Cakram tunggal, Nissin 1 piston, ABS
Ban depan 120/70-17
Ban belakang 190/50-17
Tangki bensin 19 liter
P x L x T 2.140 mm x 825 mm x 1.215 mm
Panjang sumbu roda 1.460 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Tinggi jok 810 mm
Berat isi 226 kg
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor