Honda Super Cub di Thailand Kena Facelift dengan Desain dan Mesin Baru, Akankah masuk Indonesia?

Honda Super Cub di Thailand Kena Facelift dengan Desain dan Mesin Baru, Akankah masuk Indonesia?

AP Honda atau Honda Thailand baru saja memberikan facelift pada Honda Super Cub baru untuk pasar Negeri Gajah Putih.

Facelift Honda Super Cub versi Thailand ini mencakup beberapa bagian yang membuatnya terlihat cukup berubah.

Salah satunyah adalah area panel instrumen yang kini sudah dibekali indikator bahan bakar dengan format digital.

Sebelumnya, panel instrumen dari Honda Super Cub hanya menggunakan model full analog, jadi baik indikator bensin maupun speedo meter masih menggunakan jarum sebagai penanda.

Selanjutnya, pada versi facelift ini Honda Super Cub di Thailand juga medapatkan behel belakang berbahan pipa krom yang membuatnya sedikit lebih kekinian.

Pada area bangku pengemudi penyegaran tak hanya ditemukan pada behelnya saja, area jok pun juga mendapat perubahan dibanding model pre facelift. 

Sebelumnya Honda Super Cub versi Thailand ini menganut split seat alias jok dengan model terpisah antara jok penumpang dan pengendara.

Namun kini Honda Thailand lebih memilih berganti jadi jenis model tandem seat.

Dari semua ubahan itu, AP Honda Thailand mengklaim bobot dari Honda Super Cub facelift ini juga lebih ringan 3 kg dari versi sebelumnya.

Selain ubahan tersebut di atas, yang membuat motor baru ini adalah penggunaan frame model baru.

Rangka terbaru yang disematkan pada Honda Super Cub ini katanya memberikan redaman getaran saat motor digunakan berkendara dan lebih kokoh dari sebelumnya.

Tak hanya itu saja, rangka tersebut juga dipercaya dapat memberikan kestabilan yang lebih serta fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan Honda Super Cub pre facelift.

Sementara pada bagian dapur pacu Honda Super Cub facelift versi THailand ini masih sama.

Terdapat mesin bensin single overhead camshaft (SOHC) 110 cc 4 tak Honda Smart Engine dengan sistem bahan bakar injeksi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) dengan pendingin udara serta transmisi manual 4 percepatan.

Lho kok 110 cc, bukannya Honda Super Cub yang baru itu mesinnya 125 cc?

Honda Super Cub versi Thailand dari awalnya memang sudah beda dengan Honda Super Cub C125 yang dijual di Indonesia.

Salah satunya itu, perbedaan kapasitas mesin yang juga diikuti dengan desain bodi yang cukup berbeda satu sama lain.

Kalau Honda Super Cub C125 versi Indonesia sih menggunakan mesin bensin single overhead camshaft (SOHC) 125 cc 4 tak injeksi Programmed Fuel Injection (PGM-FI) dengan pendingin udara.

Jika dibandingkan teknologi dan spesifikasinya sama, hanya saja kubikasinya lebih besar.

Digabungkan dengan transmisi manual 4 percepatan, power dari Honda Super Cub C125 versi Indonesika mencapai 9,19 PS pada putaran mesin 7.500 rpm dengan torsi puncak hingga 9,79 Nm di 5.000 rpm.

Meski berbeda mesinnya, baik Honda Super Cub versi Indonesia mupun Thailand sama-sama mengedepankan aura klasik.

Bisa dilihat dari perbadingan desain dan bentuk keduanya meski cukup berbeda.

Lihat saja, posisi headlamp Honda Super Cub versi Thailand lebih tinggi dengan batok lebih kecil begitu juga dengan lampu seinnya.

Kalau menurut kami, kalau dilihat-lihat malah desain lampu sein Super Cub versi Thailand juga terlihat lebih klasik, karena bentuknya yang bundar dan menonjol.

Area bodi depan termasuk sayap dan sepatbor depan dari Honda Super Cub juga berbeda loh.

Untuk Honda Super Cub versi Thailand desainnya terlihat lebih sederhana dan bersih.

Satu lagi yang menambah kesan klasik dari Honda Super Cub versi Thailand khususnya pada versi terbaru adalah peleknya yang menggunakan jari-jari.

Pelek itu dibalut ban berukuran 70/90 untuk depan dan 80/90 untuk belakang.

Sedangkan untuk Honda Super Cub C125 versi Indonesia menggunakan pelek palang 10 dengan perpaduan warna krom.

Lalu soal tampilan, Honda Super Cub facelift versi Thailand yang dikenal bergaya klasik ini juga hadir dengan tiga pilihan warna yang menguatkan impresi zaman dahulunya.

Ada warna single tone putih polos original yang membuatnya terkesan simpel dan stylish dan juga warna merah polos.

Selain warna single tone ada juga pilihan warna two-tone perpaduan antara putih dan biru, putih dan kuning, serta putih dan merah muda.

Di Thailand, Honda Super Cub ini dijual seharga 47.400 Baht atau setara Rp 22,1 jutaan dengan kurs 1 Baht sama dengan Rp 471,71.

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Penikmat adrenalin tinggi melalui kendaraan yang fun to drive...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor