Sebelum Beli, Pahami Kelebihan dan Kekurangan All New Yamaha NMax 155 2020

Di penghujung 2019, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) meluncurkan Yamaha NMax generasi terbaru. Mengusung status “All New”, kini skutik bongsor ini ditawarkan dalam dua versi; NMax 155 Connected/ABS yang dijual dengan harga Rp33.750.000 dan NMax 155 Standar yang dibanderol Rp29.500.000 (OTR Jakarta).

Kelebihan All New Yamaha NMax

Desain dan Spesifikasi Lampu 

Sebagai pesaing terberat Honda PCX, kini NMax terbaru ini punya tampilan yang lebih modern dari generasi sebelumnya. Lampu depannya kini tampil lebih tajam ketimbang versi lawasnya. 

Cahaya utamanya sudah menggunakan teknologi LED, membuat sistem penerangan lebih baik, hemat energi, dan tahan lama. Desainnya dibuat menjadi dua tingkat; bagian atas sebagai lampu utama dan bawahnya untuk lampu jarak jauh.

Desain lampu belakangnya pipih mirip XMax. Tentu ini bisa menjadi poin plus karena yang lama terkesan datar dan sedikit membosankan. Sedangkan generasi baru ini, tampil lebih segar dan aura sporty-nya lebih keluar.

Mengusung Fitur Konektivitas

Kelebihan paling utama yakni sudah menggunakan teknologi Communication Control Unit (CCU) pada varian tertinggi. Sistem itu terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) berbasis bluetooth. Pabrikan mengklaim kalau All New NMax adalah sepeda motor produksi dalam negeri pertama yang sudah mengusung fitur konektivitas.

Spidometer Informatif

Keunggulan lain dari Yamaha NMax di antaranya adalah mampu menyimpan lokasi parkir motor atau lokasi terakhir saat sepeda motor disconnected dengan smartphone. Kehebatan lain dari kemampuan connected di NMax terbaru ini yaitu memberikan notifikasi di layar spidometer jika ada panggilan atau pesan/email yang masuk ke smartphone.

Pemilik juga terbantu dalam hal informasi kondisi motor. Karena terdapat pemberitahuan terkait kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk proses perawatan rutin. 

Informasi yang disuguhkan All New Yamaha NMax membantu juga menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara, memberikan notifikasi jika terjadi masalah pada sepeda motor, serta menampilkan data seperti sudut bukaan throttle perputaran mesin, akselerasi, dan berkendara yang ekonomis. Semua terangkum menjadi satu dan dapat dilihat langsung di smartphone.

Kompartemen Fungsional

Model terbaru sudah diberikan electric power socket. Terletak di bagian kompartemen depan sebelah kiri. Sehingga pengendara tak perlu repot untuk mengisi baterai smartphone ketika dalam perjalanan. Bagian kanannya ada ruang sedikit untuk menaruh benda berdimensi kecil, lengkap dengan penutup.

Fitur Serba Smart 

Agar tidak ketinggalan dengan pesaing terberatnya, kini All New Yamaha NMax sudah mengadopsi Keyless atau Smart Key System (khusus tipe Connected/ABS). Di dalamnya terdapat teknologi yang terintegrasi dengan fitur Immobilizer dan Answer Back System. Tidak lupa juga hadir tombol terpisah untuk membuka bagasi dan tutup tangki bensin.

All New Yamaha NMax juga ketambahan fitur Start & Stop System (SSS), supaya tak ketinggalan dengan kompetitornya. Sistem ini mematikan mesin secara otomatis saat berhenti lebih dari tiga detik. Fitur ini berbarengan dengan fitur Smart Motor Generator yang membuat suara mesin lebih halus saat dinyalakan.

Spesifikasi Mesin 

Mesin All New NMax memiliki kubikasi lebih besar dibanding kompetitor di kelasnya, yakni 155 cc. Apalagi Yamaha juga telah menerapkan teknologi VVA yang mampu membuat tenaga merata di semua putaran mesin. Daya maksimal yang dihasilkan sebesar 15,1 Hp /8.000 rpm dan torsinya 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Khusus untuk varian tertinggi, disediakan Traction Control System. Membuatnya menjadi skutik pertama di kelas 155 cc yang mengadopsi teknologi ini. Fungsi TCS ini untuk meminimalisir risiko ban belakang selip saat motor berakselerasi di segala permukaan jalan. Fitur keselamatan tersebut pun kemudian menjadi salah satu daya tarik utama dari All New NMax.

Kaki-kaki dan Sistem Pengereman Mumpuni

Tak ketinggalan pula rem cakram pada roda depan dan belakang yang disisipi dengan ABS Dual Channel untuk tipe tertinggi. Tentunya kontrol pengereman jadi stabil dan optimal. Dipadukan dengan ban tubeless berukuran 110/70-R13 depan dan 130/70-R13 belakang. Sementara kompetitornya seperti Honda PCX ABS hanya menggunakan sistem rem ABS Single Channel atau depan saja.

Riding Position Sangat Nyaman

Riding position All New NMax dinilai memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Pengendara bisa mengubah posisi kaki sesuai dengan keinginan. Jika mau lebih rileks, kaki bisa sedikit diluruskan ke depan.

Untuk memberi kenyamanan lebih, varian terendah maupun termahal sudah menggunakan rear sub tank suspension. Bedanya untuk versi Connected/ABS bisa disetel preload-nya. Jadi dapat menyesuaikan beban saat berkendara, sendiri maupun berboncengan.

Tidak seperti musuhnya, All New Yamaha NMax sudah memiliki handlebar switch control. Pengendara dapat memilih tampilan informasi dan setting spidometer hanya dengan jari telunjuk kiri.

Kekurangan All New Yamaha NMax

Desain Kurang Mewah

Meskipun desainnya dianggap elegan dan mewah, namun NMax generasi teranyar ini lebih menonjolkan sisi sporty. Berbeda dengan Honda PCX yang lebih tampil premium. Dalam artian skutik Honda lebih menonjolkan sentuhan konsep elegan. Namun itu kembali ke selera Anda; mau yang sporty atau lebih suka tampil mewah.

Fitur Varian Standar Masih Kalah dengan Rival

Bicara fitur, All New NMax versi standar masih kalah dengan Honda PCX varian terbawah. Di sisi keamanan, musuhnya telah dibekali fitur smart key alias keyless. Sedangkan skutik ini belum lama meluncur belum dibekali fitur itu alias masih pakai anak kunci.

Torsi Menyusut

Bobot NMax yang bertambah berat membuat angka torsi yang dihasilkan pun turun. Meski tidak signifikan, tetap saja variabel ini berpengaruh pada akselerasi. Setidaknya menyusut sekira 0,5 Nm (NMax lama 14,4 Nm/6.000 rpm dan baru 13,9 Nm/6.500 rpm,).

Tonjolan Mengganggu di Dalam Bagasi

Kapasitas bagasi memang sebesar 24 liter, sama dengan model lamanya. Tapi yang sekarang ada tonjolan di dalamnya, berada di sebelah kiri bagasi. Bentuknya ada dua, yaitu tinggi di belakang dan sedikit memanjang di bagian depan. 

Hal itu muncul karena diperuntukkan ruang suspensi. Seperti yang disebutkan sebelumnya, NMax terbaru menggunakan suspensi subtank serta filternya lebih tinggi dan memanjang.

Kesimpulan

Jika menilik kelebihan dan kekurangan All New Yamaha NMax yang sudah disebutkan di atas, pastinya setiap orang memiliki penilaian masing-masing terhadap skutik ini. Namun yang jelas, dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, NMax layak disebut sebagai skutik premium. 

Secara keseluruhan sepeda motor ini pun cukup sempurna hampir di semua sektor, sehingga membuat nyaman dan aman untuk dikendarai.

Data Spesifikasi All New Yamaha NMax

Dimensi  
Panjang 1.955 mm
Lebar 740 mm
Tinggi 1.115 mm
Berat Kosong 130 (Standar), 132 (Connected/ABS)
Jarak Terendah Ke Tanah 135 mm
Kapasitas Tangki BBM 6,61 L
Panjang 1.955 mm
Sasis  
Rangka Underbone
Suspensi Belakang Unit Swing
Suspensi Depan Teleskopik
Sistem Rem Belakang Cakram - (ABS tipe Connected)
Sistem Rem Depan Cakram - (ABS tipe Connected)
Ukuran Ban Belakang 130/70 – 13M/C 63P/Tubeles
Ukuran Ban Depan 110/70 – 13M/C 48P/Tubeles
Mesin  
Jenis Mesin 4 langkah SOHC Liquid cooled
Isi Silinder 155 cc
Kompresi 10,5:1
Sistem Bahan Bakar FI (Fuel Injection)
Diameter x Langkah 58,0 mm x 58.7 mm
Transmisi V-Belt Automatic
Daya Maksimum 15,1 Hp / 8.000 rpm
Torsi Maksimum 13.9 Nm / 6.500rpm
Harga  
All New NMax 155 ABS/Connected Rp 33.750.000
All New NMax 155 Standar Rp 29.500.000

 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor