Cek Plus-Minus Honda Spacy Bekas, Motor Nyaman yang Kalah Pamor

Honda Spacy dengan desain elegan khas motor eropa.
  • Dibekali bagasi 18 liter yang cukup luas
  • Tangki bensin mencapai 5,5 liter
  • Ground clearance rendah kerap menjadi masalah

Honda Spacy menjadi salah satu matic dari Honda yang kurang diminati di Indonesia, karenanya motor ini punya umur yang tidak panjang. Kehadirannya hanya 7 tahun, tepatnya dari tahun 2011 hingga 2018.

Salah satu alasannya karena matic ini punya desain yang kurang sesuai dengan selera kebanyakan orang Indonesia, yang mana senang dengan desain bodi lancip dengan lekuk agresif. Alhasil kalah pamor dengan saudaranya seperti Honda BeAT dan Vario.

Karena memang Honda Spacy juga dibuat untuk memenuhi market eropa, desain yang diusung lebih elegan dan membulat. Kasusnya sama seperti Suzuki Address, punya desain khas eropa yang kurang diminati di Indonesia.

Jika mengesampingkan desain bodinya, padahal motor satu ini terbilang cukup fungsional dan nyaman digunakan. Untuk itu, berikut ulasan plus dan minus dari Honda Spacy.

Sisi Plus Honda Spacy

Bagasi Luas

Hal pertama yang menjadi andalan dari matic ini adalah ruang bagasinya yang luas. Bahkan Honda memberikan embel-embel Helm-in pada penamaan Spacy. Menurut data spesifikasinya, ruang bagasinya seluas 18 liter.

Kapasitas bagasi mencapai 18 liter

Baca juga: Tergoda Honda CRF250L 2023 Buat Main Tanah? Cek Dulu 5 Daya Tariknya

Tentu saja bisa menyimpan sebuah helm dan barang bawaan lainnya sepanjang perjalanan. Ruang penyimpanan lain ada di bawah setang, terdapat kompartemen kanan dan kiri yang cukup dalam.

Tangki Bensin Besar

Ruang bagasi yang luas dikombinasi juga dengan tangki bensin besar. Untuk Spacy generasi awal berpengabut karburator, tercatat tangki bensinnya bisa menampung 5 liter bahan bakar.

Kapasitas tangki bensin cukup besar di kelasnya

Untuk generasi kedua yang sudah dilengkapi dengan PGM-FI ada peningkatan kapasitas tangki bensin, kali ini menjadi 5,5 liter. Klaimnya sekali isi penuh tangki bensin bisa membawa Spacy melaju hingga 264 km.

Posisi Berkendara Nyaman

Karena juga dijual untuk market eropa yang mana rata-rata postur badannya tinggi, maka posisi berkendara Spacy terbilang cukup nyaman untuk rata-rata postur badan orang Indonesia.

Posisi berkendara nyaman untuk postur orang Indonesia

Baca juga: Mengenal Honda Karisma 125D Edisi 10 Juta Unit, Varian Langka dengan Warna Beda

Seperti posisi setang yang tinggi dan agak lebar mampu memberikan posisi lengan dan pundak yang rileks sepanjang perjalanan. Ini dikombinasi juga dengan kaki pengendara yang tidak terlalu menekuk dan dek kaki lebar.

Sisi Minus Honda Spacy

Ground Clearance Rendah

Ini jadi kekurangan Spacy yang mungkin dikeluhkan oleh hampir semua pemiliknya. Memang ground clearance matic ini hanya 128 mm, dengan kontur jalan dan polisi tidur di Indonesia yang sangat beragam maka tidak heran kalau sisi bawah kerap gasruk atau mentok.

Ini akan diperparah ketika pengendara membawa beban yang cukup berat, motor akan semakin amblas dan ground clearance akan semakin rendah, artinya sisi bawah motor akan semakin dekat dengan jalan

Jok Keras

Dibalik dimensi joknya yang lebar dan panjang, ternyata joknya memiliki karakter busa yang tidak terlalu empuk. Tentunya ini membuat bokong terasa panas dan kurang nyaman ketika berkendara lama.

Rawan mentok polisi tidur karena ground clearance rendah

Padahal joknya yang panjang cukup nyaman ketika dipakai berboncengan, ruang untuk pengendara dan pembonceng terasa luas sehingga masih leluasa untuk bergerak.

Kesimpulan

Dibalik sisi plus dan minusnya, Honda Spacy bisa jadi opsi menarik untuk sebuah motor matic yang fungsional, meski desainnya bukan selera semua orang. Terlebih harga bekasnya sudah terjangkau, namun cenderung stabil.

Karena sudah lama stop produksi, harga jualnya berada direntang Rp 4 jutaan hingga Rp 8 jutaan, tak berpengaruh pada tahun produksi, namun pada kondisi motor dan kelengkapan surat-surat, juga status pajaknya.

Spesifikasi Honda Spacy PGM-FI
Tipe Mesin 4 langkah, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Volume silinder 108 cc
Diameter x langkah 50 x 55 mm
Perbandingan kompresi 9,2:1
Tenaga maksimum 8,67 PS @8.000 rpm
Torsi maksimum 8,89 Nm 6.500 rpm
Tipe kopling Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe rangka Tulang punggung
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Sokbreker tunggal
Ban depan 80/90-14 M/C 40P
Ban belakang 90/90-14 M/C 46P
Rem depan Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Rem belakang Tromol
P x L x T 1.841 x 669 x 1.094 mm
Jarak sumbu roda 1.256 mm
Jarak terendah ke tanah 128 mm
Berat isi 99 kg
Kapsitas tangki 5,5 liter
Sistem pengapian Full transisterized, baterai
Baterai MF Battery, 12 V – 3 Ah
Tipe busi NGK CPR8EA-9 / DENSO U24EPR9
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor