Bikin Repot, Ini 5 Masalah yang Bikin Motor Susah Dinyalakan

Rawat secara berkala supaya motor dalam kondisi prima.
  • Aki tekor palig sering terjadi.
  • Busi aus bikin api kecil.

Jika sepeda motor dalam kondisi prima, maka semuanya akan berjalan normal. Baik itu dari mulai saat dinyalakan, dikendarai sampai ke tempat tujuan. 
Tapi terkadang masalah timbul saat pemilik kendaraan mulai menyalakan sepeda motor, terutama ketika di pagi hari saat akan berangkat kerja atau aktifitas lainnya. Bikin repot deh jadinya.

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, selaku main dealer motor Honda wilayah Jawa Barat mengatakan, ada beberapa sebab motor tak bisa atau susah dinyalakan.

"Motor sulit untuk dihidupkan ada beberapa penyebab dan harus ditelusuri. Situasi seperti ini memang tak bisa dihindari, namun dapat diminimalisir terjadinya dengan memperhatikan kondisi komponen dalam motor secara berkala," katanya.

Nah, berikut 5 masalah yang harus diperiksa jika motor tiba-tiba susah dihidupkan.

1. Kondisi Aki

Aki atau baterai merupakan sumber energi yang berfungsi menyuplai listrik ke bagian part elektronik lainya. Apabila tegangan dari aki/accu tersebut kurang, maka akan mempengaruhi sistem start engine. 

Aki yang lemah biasanya mempunyai ciri-ciri diantaranya, layar speedometer terutama yang menggunakan model LCD tampilannya redup. Begitu juga dengan nyala lampu yang tidak terang serta klakson yang tidak bunyi.

Baca juga : Kenali Gejala dan Ciri Per CVT Motor Matic Rusak, Biar Gak Merembet Kemana-Mana!

Cek aki motor.

Pada kondisi normal aki memiliki tegangan 12,4 volt. Apabila tegangannya di bawah itu, dapat segera dilakukan pengisian ulang/charging atau jika dalam kondisi usia yang melewati batas maka harus diganti dengan yang baru.

2. Relay Starter

Jika kondisi aki baik tapi masih sulit dihidupkan, cek juga relay starter yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari aki ke starter ini,  karena berperan penting untuk proses menghidupkan sepeda motor.

Semakin canggihnya motor sekarang ini bahkan sudah tidak menggunakan kick starter, sehingga fungsi relay ini sendiri semakin penting. Posisi dari relay sendiri ada di antara aki serta motor starter. 

3. Kerusakan Spull 

Bertugas sebagai sumber pengisian untuk komponen kelistrikan seperti aki, spull juga menjadi umber tenaga untuk koil yang bertugas memercikan api pada busi. Nah jika spull rusak, tentu akan membuat mesin tak mau hidup.

4. Busi Aus

Cek busi berkala.

Busi yang kotor, aus, rusak atau usia pakai yang melewati batas bisa menjadi penyebab sepeda motor susah dinyalakan. Busi bekerja dengan cara mengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu dalam proses pembakaran bahan bakar. 

Busi memiliki usia pemakaian setelah menempuh perjalanan 8.000 kilometer, lebih dari itu fungsinya akan mengalami penurunan sehingga kinerjanya busi tidak maksimal. Maka diperlukan penggantian busi setelah menempuh 8000 supaya kinerjanya busi tetap maksimal.

Baca juga : Motor Matic Habis Terobos Banjir, Langsung Cek Bagian Ini!

5. Bensin Habis

Dan jika semua komponen diatas dalam kondisi normal, apalagi sepeda motor yang masih baru bisa jadi penyebab susah menyalakan sepeda motor adalah karena bahan bakar didalam tangki dalam kondisi kosong atau habis. 

Tapi jika bahan bakar masih ada dan semua dalam kondisi normal, bisa jadi masalah terjadi karena aliran bahan bakar tersumbat akibat kotoran atau kemasukan air. Bensin basi juga bisa jadi penyebab jika motor lama tak dihidupkan.

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor