Jika sepeda motor dalam kondisi prima, maka semuanya akan berjalan normal. Baik itu dari mulai saat dinyalakan, dikendarai sampai ke tempat tujuan.
Tapi terkadang masalah timbul saat pemilik kendaraan mulai menyalakan sepeda motor, terutama ketika di pagi hari saat akan berangkat kerja atau aktifitas lainnya. Bikin repot deh jadinya.
Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, selaku main dealer motor Honda wilayah Jawa Barat mengatakan, ada beberapa sebab motor tak bisa atau susah dinyalakan.
"Motor sulit untuk dihidupkan ada beberapa penyebab dan harus ditelusuri. Situasi seperti ini memang tak bisa dihindari, namun dapat diminimalisir terjadinya dengan memperhatikan kondisi komponen dalam motor secara berkala," katanya.
Nah, berikut 5 masalah yang harus diperiksa jika motor tiba-tiba susah dihidupkan.
Aki atau baterai merupakan sumber energi yang berfungsi menyuplai listrik ke bagian part elektronik lainya. Apabila tegangan dari aki/accu tersebut kurang, maka akan mempengaruhi sistem start engine.
Aki yang lemah biasanya mempunyai ciri-ciri diantaranya, layar speedometer terutama yang menggunakan model LCD tampilannya redup. Begitu juga dengan nyala lampu yang tidak terang serta klakson yang tidak bunyi.
Baca juga : Kenali Gejala dan Ciri Per CVT Motor Matic Rusak, Biar Gak Merembet Kemana-Mana!
Pada kondisi normal aki memiliki tegangan 12,4 volt. Apabila tegangannya di bawah itu, dapat segera dilakukan pengisian ulang/charging atau jika dalam kondisi usia yang melewati batas maka harus diganti dengan yang baru.
Jika kondisi aki baik tapi masih sulit dihidupkan, cek juga relay starter yang berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari aki ke starter ini, karena berperan penting untuk proses menghidupkan sepeda motor.
Semakin canggihnya motor sekarang ini bahkan sudah tidak menggunakan kick starter, sehingga fungsi relay ini sendiri semakin penting. Posisi dari relay sendiri ada di antara aki serta motor starter.
Bertugas sebagai sumber pengisian untuk komponen kelistrikan seperti aki, spull juga menjadi umber tenaga untuk koil yang bertugas memercikan api pada busi. Nah jika spull rusak, tentu akan membuat mesin tak mau hidup.
Busi yang kotor, aus, rusak atau usia pakai yang melewati batas bisa menjadi penyebab sepeda motor susah dinyalakan. Busi bekerja dengan cara mengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu dalam proses pembakaran bahan bakar.
Busi memiliki usia pemakaian setelah menempuh perjalanan 8.000 kilometer, lebih dari itu fungsinya akan mengalami penurunan sehingga kinerjanya busi tidak maksimal. Maka diperlukan penggantian busi setelah menempuh 8000 supaya kinerjanya busi tetap maksimal.
Baca juga : Motor Matic Habis Terobos Banjir, Langsung Cek Bagian Ini!
Dan jika semua komponen diatas dalam kondisi normal, apalagi sepeda motor yang masih baru bisa jadi penyebab susah menyalakan sepeda motor adalah karena bahan bakar didalam tangki dalam kondisi kosong atau habis.
Tapi jika bahan bakar masih ada dan semua dalam kondisi normal, bisa jadi masalah terjadi karena aliran bahan bakar tersumbat akibat kotoran atau kemasukan air. Bensin basi juga bisa jadi penyebab jika motor lama tak dihidupkan.