Yamaha Mio GT merupakan salah satu motor matic entry level dari pabrikan garputala yang hadir sebagai versi lebih macho dari Yamaha Mio J yang beberapa waktu lalu sempat kami bahas.
Dengan embel-embel nama GT, motor ini bisa jadi opsi untuk pengendara pria yang menginginkan motor matic bekas dengan harga terjangkau namun tetap irit.
Tentunya ada perbedaan desain dibandingkan dengan Yamaha Mio J, meski perbedaan tersebut memang tak signifikan, tepatnya ada tambahan positioning lamp depan saja.
Motor yang rilis tahun 2013 itu disebut-sebut reikarnasi dari Yamaha Mio Sporty yang tampil lebih modern. GT sendiri bisa diartikan sebagai gentle dan tough.
Mio GT merupakan motor injeksi keenam Yamaha setelah Vixion, Mio J, Soul GT, Jupiter Z1 dan Xeon RC.
Dan berikut tiga fakta Yamaha Mio GT yang bisa jadi referensi kalian sebelum berburu unit bekasnya.
Baca juga : Yamaha Mio J Bekas Patut Dilirik Buat Harian, Ini Lima Faktanya
beredar sejak tahun 2013 dengan umur produksi sampai 2014 saja, maka praktis unit yang beredar pun tak ada lagi yang keluaran tahun muda.
Rata-rata sudah berusia 9-10 tahun, dan tentu saja harganya sudah terdepresiasi banyak, sehingga menjadi sangat terjangkau saat ini.
Melihat situs jual beli online, rata-rata harga jualnya mulai dari Rp 5 jutaan, meski ada pula yang melepasnya Rp 7 jutaan dengan kondisi terawat.
Meski motornya sudah stop produksi cukup lama, namun untuk suku cadangnya masih mudah di dapat. Ya, ini jadi salah satu daya tarik Yamaha.
Selain part bodi yang banyak kesamaan dengan Yamaha Mio J, harganya pun relatif bersahabat.
Kalian bisa mengetahui harga part original lewat aplikasi Yamaha Part Catalogue, atau beli lewat toko online.
Nah harga part bodi, part lain seperti kampas rem, jeroan CVT hingga part mesin pun banyak kesamaannya, termasuk dengan Yamaha Soul GT (Spesifikasi | Berita).
Maklum, dengan basis motor entry level yang dalam artian motor rakyat, tentu suku cadang dari yang original sampai kw pun tersedia.
Soal jantung pacu, jelas tak ada bedanya dengan Yamaha Mio J, yang dikenal cukup responsif jika kondisi mesin sehat.
Efisiensi pun begitu, diklaim lebih irit sampai 30% dari Yamaha Mio Sporty yang masih pakai karburator. Klaimnya sampai 47,1 km/liter tuh!
Nah, spesifikasi mesinnya yakni 113 cc, SOHC 2 katup dengan pendingin udara. Sistem bahan bakarnya pakai injeksi YMJET-FI.
Dalam kondisi standar, Yamaha Mio GT mampu menghasilkan tenaga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.
Baca juga : Intip Motor Listrik Yamaha Neo's, Sudah Cocok Gantiin Mio?
Asyiknya, kinerja mesin cenderung halus dan minim getaran. Ya meski untuk menghidupan mesin masih pakai dinamo starter ya.
Dengan harga yang sangat terjangkau, jelas Yamaha Mio GT bisa jadi alternatif motor matic pekerja yang siap disiksa dan dipakai harian.
Tenaga mesin yang cukupan serta minim getaran, membuatnya menyenangkan untuk dipakai. Terlebih konsumsi bensin irit dan harga bekas yang terjangkau.