Bukan eSAF, Ini Modal Honda Giorno+ Buat Lawan Yamaha Grand Filano

Honda Giorno+ vs  Yamaha Grand Filano.
  • Honda Giorno+ menjadi rival Yamaha Grand Filano.
  • Menawarkan keunggulan pada sisi akomodasi dan performa.

AP Honda tak ambil pusing dengan keriuhan rangka eSAF Honda di Indonesia. Pemegang merek Honda di Thailand itu baru saja merilis Honda Giorno+ yang sudah barang tentu bakal berhadapan dengan Yamaha Grand Filano.

Dari sisi desain, baik Giorno+ maupun Grand Filano sama-sama mengusung konsep matic retro-modern sekaligus premium. Termasuk pula mengenai pemilihan lingkar roda berukuran 12 inci (depan-belakang). 

Menyoal modernitas pun diperlihatkan keduanya via penggunaan sistem penerangan LED pada lampu utama. Termasuk pula panel meter yang sudah full digital. 

Lantas dengan konsep serupa, apa kelebihannya ketimbang Yamaha Grand Filano? Berikut ini modal yang ditawarkan Honda Giorno+.

Bagasi Honda Giorno+

Secara rancang bangun, Yamaha Grand Filano dan Honda Giorno+ ramah pengendara. Punya jok lebar hingga dek kaki rata serta cukup luas.   

Bagasi Honda Giorno+ berkapasitas 30 liter.

Baca juga: Tak Pakai eSAF, Honda Giorno+ Resmi Mengaspal di Thailand

Tapi dari sisi akomodasi terutama bagasi, Honda Giorno+ sedikit lebih unggul dengan kapasitas mencapai 30 liter. Sementara bagasi Grand Filano adalah 27 liter. 

Keduanya pun memiliki konsol tambahan di bawah setang. Namun kepunyaan Giorno+ lebih rapi lantaran berpenutup. Sudah tersedia pula USB port untuk mengisi daya ulang smartphone.

Mesin 125 cc eSP+

Modal lainnya tentu berasal dari sektor performa. Sebagaimana diungkap pada situs resmi AP Honda Thailand, Honda Giorno+ menggendong mesin 125 cc 4 katup. 

Artinya, Honda Giorno+ menjadi pengguna pertama mesin 125 cc bertitel eSP+. Seperti diketahui, label tersebut sudah lebih dulu tersemat pada Honda PCX 160, Honda ADV 160 dan Honda Vario 160

Jadi produk pertama yang menggunakan mesin 125 cc 4 katup Honda. 

Baca juga: Patut Disimak, Ini Motor Matic Honda yang Pakai Rangka eSAF

Tentu ada perbedaan karakteristik bila dibandingkan dengan Yamaha Grand Filano bersama mesin dua katupnya. Sayang, informasi tenaga maupun torsi Giorno+ belum diungkap oleh pihak AP Honda.   

Kelebihan lainnya, Honda Giorno+ sudah mengaplikasi sistem pendingin cairan. Di lain sisi, Grand Filano masih berpendingin udara. 

Harga Lebih Murah

Tidak hanya dua faktor itu yang bisa diandalkan Honda Giorno+ untuk melawan Yamaha Grand Filano.

Dari segi harga Giorno+ nyatanya lebih murah. Di negeri Gajah Putih, Honda Giorno+ baik tipe CBS maupun ABS, lebih murah daripada Grand Filano.

Honda Giorno+ CBS dijual 61,900 Baht atau Rp 26 jutaan. Sedangkan varian ABS diniagakan dengan harga 66.900 Baht atau setara Rp 29 jutaan. 

Sementara Yamaha Grand Filano tipe standar dibanderol 64,700 Baht (Rp 28 jutaan) dan 69,200 Baht (Rp 30 jutaan) untuk versi ABS.  

Pertanyaannya, apakah Honda Giorno+ bakal masuk ke Indonesia?   

 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Ada KTT Asean, 29 Ruas Jalan Jakarta Diberlakukan Buka-Tutup

KTT Asean berlangsung 2-7 September. Ada pemberlakuan sistem buka-tutup di waktu tertentu. Kegiatan KTT Asean ke-43 akan digelar di sejumlah titik ibukota Jakarta pada 2-7 September nanti. Pertemuan sejumlah delegasi negara sahabat ini akan berlokasi di lima titik utama. Diantaranya Istana Negara, Hotel St. Regis, Kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center dan Taman Plataran GBK. Hal ini pun membuat sejumlah rekayasa lalu lintas diberlakukan. Pemberlakuan Sistem Buka Tutup Dikutip dari

Laris Manis! Penjualan Motor Januari-Juli 2023 Capai 3,6 Juta Unit

Ada penurunan tipis dari bulan Juni ke Juli. Penjualan motor matic mendominasi nyaris 90%. AISI targetkan 5,6-5,8 juta tahun ini. Selepas pandemi covid 19 dan kendala chip, penjualan sepeda motor berangsur-angsur pulih, kini tahun 2023 periode Januari-Juli sudah 3.677.358 unit terjual. Penjualan domestik wholesales atau dari pabrik kejaringan dealer pada bulan Juli 2023 mencapai 475.428 unit, berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia). Angka ini sedikit terkoreksi dari bula

Baru Rilis, Kawasaki Ninja ZX-6R 2024 Langsung Jadi Incaran di Indonesia

Hanya ada 10 motor untuk kuota pertama. Pembeli yang belum kebagian dapat jatah kuota berikutnya. Motor besar jenis supersport Kawasaki Ninja ZX-6R 2024 memang tampil menggoda. Desainnya yang lebih sangar ini pun jadi incaran penggemarnya di Indonesia. Sayangnya, karena kuota impor motor yang terbatas membuat tak semua calon konsumen bisa langsung membeli motor seharga Rp 360 juta. Sistem yang diterapkan oleh KMI adalah raffle, atau pengocokan kepada customer yang beruntung untuk bisa membeli Ka

Tak Pakai eSAF, Honda Giorno+ Resmi Mengaspal di Thailand

Tak pakai rangka eSAF. Punya bagasi 30 liter. Mesin 125 cc eSP+. Honda baru saja merilis skuter matic terbaru bernama Giorno+ di Thailand sana, yang juga bakal menyusul masuk pasar Indonesia. Tenang-tenang, motor ini ternyata tak menggunakan rangka eSAF yang sedang ramai dibahas di Tanah Air. Mengusung desain ala skuter Eropa, Honda Giorno+ akan berhadapan dengan Yamaha Grand Filano, yang sama-sama bermesin 125 cc. Tampilan retro modern yang kekinian menjadi daya tarik dari motor ini, dengan des

Kemenhub, KNKT dan AHM Bentuk Tim Selidiki Rangka eSAF

Tim dibentuk untuk selidiki penyebab karat. Rangka eSAF banyak dikeluhkan berkarat hingga patah. Garansi rangka 1 tahun atau 10.000 km. Ramai dibicarakan publik terkait rangka enhanced Smart Architecture Frame alias eSAF Honda yang timbul masalah karat, menarik perhatian sejumlah pihak. Sebelumnya Kementerian Perdagangan melalui Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (PKTN) dan Kementerian Perhubungan melakukan pertemuan dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Keduanya melakukan klarifikasi te

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor