Aprilia RS 457 2023 Buatan India Rilis, Siap Saingi Kawasaki Ninja ZX-4R

Aprilia RS 457.
  • Dibangun di pabrik Piaggio India.
  • Bawa DNA dari Aprilia RS 660.

Pabrikan motor asal Italia, Aprilia tengah berbahagia, bukan hanya karena sukses mengunci gelar juara di MotoGP Catalunya pekan lalu, tapi juga kini merilis Aprilia RS 457.

Motor itu sendiri meluncur di Sirkuit Misano menjelang MotoGP San Marino pekan ini. 

Peluncuran tersebut hanya selang sehari dari hadirnya jagoan pabrikan India, TVS Apache RTR 310. Keduanya masuk di segmen sport 300-500 cc berstatus 'made in India'.

Tak dipungkiri, saat ini India menjadi pusat produksi motor-motor sport bermesin 300-500 cc. Hal tersebut terbukti dari banyaknya model di segmen itu di sana, termasuk merek Eropa seperti Aprilia.

Yup, Aprilia RS 457 memang dibangun di fasilitas pabrik Piaggio India yang berlokasi di wilayah Baramati. Nantinya motor full fairing ini akan menjadi penengah antara varian Aprilia RS 125 dan RS 660.

Baca Juga: Digeber Pedrosa, Motor KTM RC16 MotoGP Asapi Mobil F1 dan WRC

Desain Khas Motor Sport Fairing Aprilia

Saat melihat tampangnya, ciri khas motor sport Aprilia kental terasa. Terutama lewat adanya fairing bertampang agresif dan Triple Headlight di depan yang kini diusung oleh banyak motor Aprilia.

Versi harian ada footstep dan jok pembonceng

Di bagian tengah, sasis almunium bertipe twin spar terekspos jelas. Seolah ingin menonjolkan kesan racy, rangka tersebut dipadukan tangki dan bodi belakang yang berotot.

Kombinasinya adalah kaki-kaki kekar dengan kawalan suspensi depan up side down 41 mm dan monosok yang dilengkapi swing arm almunium di belakang.

Pelek 17 incinya berbalut ban 110/70-17 di depan dan 150/60-17 di belakang. Sistem pengeremannya dikawal merek ByBre dengan sokongan fitur ABS Dual Channel Switchable.

Baca Juga: TVS Rilis Apache RTR 310, Naked Bike Rp 47 Jutaan yang Pakai Basis Mesin BMW

Pesaing Aprilia RS 457

Rencananya, tunggangan yang diluncurkan oleh Maverick Vinales ini akan menjadi produk global yang masuk ke beberapa negara. Menariknya segmen tersebut, sudah banyak pesaing yang menunggu.

Ambil DNA RS 660

Mulai dari KTM RC390, Kawasaki Ninja 400 dan Ninja ZX-4RR. Lalu ada TVS Apache 310RR dan kembarannya, BMW G310 RR hingga Yamaha R3 yang merupakan turunan R25 bermesin 321 cc.

Andalkan Mesin 2-Silinder Bertenaga 57 PS

Salah satu modal bersaing dari Aprilia RS 457 adalah mesinnya yang bertenaga, disebutkan jika DNA mesin 2-silinder segaris itu diambil dari kakaknya, RS 660.

Mesin bertenaga

Volumenya 457 cc, DOHC berpendingin cair yang menghasilkan tenaga hingga 57 PS. Performa tersebut cukup mumpuni untuk menghela motor berbobot bersih 175 kg ini.

Apalagi sudah tertanam fitur penunjang berkendara seperti Ride by wire dengan 3 ride modes. Serta fitur traction control dengan tiga level sebagai standar. Lalu ada spidometer TFT 5 inci.

Dipakai Maverick Vinales.

Sayangnya, belum ada pengumuman soal harga jual dari motor tersebut saat ini. Tapi jika hadir di Indonesia, bakal bertemu dengan Kawasaki Ninja ZX-4RR.

So, kita tunggu saja.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Digeber Pedrosa, Motor KTM RC16 MotoGP Asapi Mobil F1 dan WRC

KTM RC16 menang mutlak di tiga kali drag race. Tenaga motor MotoGP paling kecil. Perusahaan minuman berenergi asal Austria, Red Bull memang dikenal sebagai sponsor berbagai kegiatan olahraga, termasuk sejumlah ajang balap, baik mobil atau pun motor. Nah, pada Rabu (6/9/2023) Red Bull mengunggah video kegiatan mereka bertajuk Ultimate Drag Race. Tak tanggung, kendaraan balap yang diadu dari kelas Formula 1, MotoGP, WRC, Rallycross hingga mobil konsep Ford SuperVan 4.2. Lintasannya berupa landasan

TVS Rilis Apache RTR 310, Naked Bike Rp 47 Jutaan yang Pakai Basis Mesin BMW

Dirilis pertama kali di Thailand. Berbasis naked bike BMW G310R. Pabrikan motor India, TVS tampaknya ingin menunjukan eksistensi mereka sebagai produsen global dengan debut produk-produk mereka diluar India, termasuk Apache RTR 310. Yup, motor jenis naked bike itu meluncur di Thailand pada Rabu (6/9/2023), sebelumnya motor listrik TVS X juga meluncur di Dubai belum lama ini. TVS Apache RTR 310 sendiri dikembangkan dari basis BMW G310 R yang sama-sama berjenis naked bike. Meski begitu, ditilik da

Merasakan Perbekalan Honda CBR250RR SP QS di Sirkuit Mandalika, Berasa Pembalap!

CBR Track Day 2023 di Mandalika jadi kesempatan menjajal performa varian tertinggi CBR250RR. Performa mesin dan fitur ideal untuk kebutuhan balap. CBR Track Day 2023 jadi momen paling pas bagi Autofun.co.id buat ngebut di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menariknya lagi, sensasi ini kami lakoni bersama Honda CBR250RR yang notabene berstatus sebagai andalan PT Astra Honda Motor (AHM). Sedikit napak tilas, Honda CBR250RR dirilis oleh pihak pemegang merek pada 2016 silam. Model ini m

Wajib Dilirik! Ada Diskon Hingga Rp 5 Juta Buat Motocross Yamaha YZ Series

Promo berlaku untuk pembelian secara online. Masih ada versi bermesin 2-tak. Varian motor CBU yang dihadirkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ini adalah jenis motocross atau special engine, YZ Series. Ada beragam model Yamaha YZ Series yang bisa dibeli konsumen atau pecinta balap garuk tanah. Diantaranya YZ125X, YZ250X, YZ250F hingga YZ250FX. ”Market motor offroad di Tanah Air tengah berkembang bagus dan aktivitas pada bagian ini juga semakin aktif dilakukan oleh konsume

Hal Inikah Penyebab Awal Rangka eSAF Honda Bermasalah?

Lapisan cat kurang maksimal melindungi. Lubang pembuangan air salah posisi. Ketebalan bahan pengaruhi daya tahan. Kekhawatiran rangka eSAF Honda yang karat, keropos bahkan sampai patah sudah semakin meluas, malah sudah berimbas pada harga jual unit bekasnya. Nah, beberapa waktu lalu kami sudah membongkar Honda BeAT 2020 yang sudah pakai rangka tersebut. Hasilnya secara fisik relatif mulus, namun kala kami melihatnya lebih detail sudah ada beberapa bagian yang berkarat. Ada banyak silikat yang te

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Aprilia RS 660
Lihat