Ini Penyebab Persneling dan Tuas Kopling Motor Manual Keras

Tuas kopling keras mengganggu kenyamanan
  • Tuas perseneling bisa disetel kekerasannya.
  • Oli hingga kampas bisa mempengaruhi.

Bagi Anda yang menggemari motor dengan tenaga besar dan responsif, motor kopling atau bertransmisi manual bisa jadi pilihan. Namun kenyamanan berkendara bakal terganggu saat persneling dan tuas kopling motor terasa keras.

Sebab saat perseneling keras, maka sulit untuk memindahkan gigi. Pun demikian dengan tuas kopling yang butuh tenaga ekstra saat mengoperasikan jika terlalu keras. 

Kondisi makin berabe ketika macet menghadang, posisi tangan yang stand by di tuas bakal cepat membuat lebih pegal.

Penyebabnya pun bervariasi. Mulai dari setelan di tuas koplingnya, hingga masalah di jeroan mesin. Seperti dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, berikut ini penyebab tuas kopling keras.

Baca Juga: Saudara Honda CB150R Kena Sentuhan MotoGP, Harganya lebih Murah

Cek Setelan Mur dan Baut pada Tuas Persneling

Umumnya penyebab tuas kopling motor keras dikarenakan pengaturan setelan mur dan baut pada spelling tuas persneling yang tidak pas. 

Hal ini dapat dilihat dari jarak kerenggangan atau ketegangan yang dimiliki oleh tuas persneling.

Jarak renggang kopling bisa diatur

Saat pengaturan jarak renggang ini tidak sesuai, perpindahan gigi bisa terasa lebih sulit atau keras. 

Sebab jika jaraknya terlalu sempit, perpindahan gigi akan lebih mudah tapi akselerasi motor menjadi lambat. Sebaliknya, jika terlalu renggang, perpindahan gigi menjadi sulit.

Baca Juga: XMax Tour de Borneo, Libas 2.000 Km Lebih Jalur Trans Kalimantan

Kerusakan Arm Pendorong Kopling

Jika setelan kerenggangan sudah sesuai, tapi tuas masih keras maka cek bagian arm pendorong kopling di mesin.

Walau jarang diperhatikan, komponen ini sebenarnya berperan penting dalam proses perpindahan gigi. 

Sehingga ketika arm pendorong kopling rusak, perpindahan gigi akan sulit dilakukan meskipun pengaturan mur dan baut persnelingnya sudah benar.

Plat Kopling Rusak

Selanjutnya cek pula peranti plat koplingnya, saat komponen tersebut rusak atau melengkung juga dapat membuat perpindahan gigi terasa berat. 

Plat kopling ada di bagian dalam mesin

Ini karena kerenggangan antara kampas kopling menjadi tidak maksimal, sehingga bisa menghambat perpindahan gigi.

Kualitas Pelumas yang Kurang Baik

Pelumas mesin yang kualitasnya kurang juga dapat menjadi salah satu penyebab persneling terasa keras. 

Sebab pelumas itu tidak memiliki kemampuan pelumasan yang baik, gesekan antar gigi persneling dan komponen lain dapat meningkat.

Hindari penggunaan oli palsu

Akibatnya persneling terasa keras dioperasikan dan juga dapat mengakibatkan ausnya komponen transmisi. 

Pastikan juga viskositas atau tingkat kekentalan oli sesuai spek mesin. Pelumas yang terlalu encer maupun terlalu kental juga bisa menyulitkan proses pindah gigi.

Clutch Cover Rusak

Meski bukan komponen fast moving, tapi ada kemungkinan clutch cover rusak akibat benturan atau terjatuh. Jika ada kerusakan di bagian ini, dapat juga menyebabkan persneling motor keras hingga perpindahan gigi menjadi sulit. 

Clutch cover di bagian mesin mempengaruhi perpindahan gigi

Ciri kerusakan clutch cover biasanya dapat terdengar melalui suara kasar saat memindahkan gigi transmisi.

Kampas Kopling Menipis

Kampas kopling yang sudah tipis akibat usia pemakaian juga bisa membuat perpindahan gigi lebih sulit. Hal ini umum, karena saat kampas kopling yang aus mempengaruhi kinerja persneling.

Kabel Kopling yang Berkarat

Kabel kopling yang berkarat atau kaku fungsinya akan terganggu. Kondisi ini disebabkan usia pakai atau perawatan yang jarang. 

Kabel kopling perlu dicek kondisinya secara rutin

Lebih spesifik, kabel yang berkarat bakal terasa kaku dan akan sulit untuk mengendurkan kopling saat perpindahan gigi.

Teknik Perpindahan Persneling Gigi yang Kasar

Terakhir, penyebab persneling keras bisa jadi dari teknik perpindahan gigi yang terlalu kasar. Gaya berkendara yang agresif tersebut membuat pemakaian persneling lebih rentan.

Hal ini akhirnya dapat mempengaruhi kinerjanya hingga proses perpindahan gigi terasa lebih keras dan tidak mulus.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Kazakhstan Masuk Kalender MotoGP 2024 Sementara, Ada Perubahan Jadwal

Sempat dibatalkan, Kazakhstan kembali diplot sebagai tuan rumah penyelenggara. Ada perubahan jadwal setelah MotoGP India. Dorna Sports mengumumkan kalender MotoGP 2024 sementara yang total berjumlah 22 seri. Selain adanya tuan rumah baru, beberapa seri juga mengalami perubahan. Sirkuit Losail, Qatar kembali didaulat sebagai penyelenggara putaran pertama pada 8-10 Maret 2024. Perhelatan di bulan serupa berlanjut ke Sirkuit Autodromo Internacional do Algerve lewat MotoGP Portugal (22-Maret 2024).

Kenali Tanda Oli Mesin Motor Harus Diganti, Tarikan Berat dan Panas!

Ganti oli mesin tak harus saat servis. Oli sudah jelek bisa sebabkan mesin lebih panas. Tarikan berat terjadi karena kinerja oli sudah tak sempurna. Dari sekian banyak perawatan yang harus dilakukan pemilik sepeda motor, mengganti oli mesin motor adalah hal yang paling mudah dilakukan. Mengganti oli mesin tak selalu saat melakukan servis, karena kondisi jalan yang semakin padat dan cuaca panas juga mempersingkat masa pakai oli. Biar gak kelupaan, biasanya penggantian oli dipantau lewat odometer

Kapolri Usulkan Kembali Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta

Kapolri Listyo Sigit Usulkan Ganjil Genap Sepeda Motor di Jakarta. Menurut Kapolri Usulan Gage Sepeda Motor Untuk Menakan Polusi. Ganjil genap di Jakarta saat ini diberlakukan untuk mobil atau kendaraan roda empat, namun kebijakan ini tidak menutup kemungkinan akan diberlakukan pada sepeda motor. Ya, perihal usulan ganjil genap untuk sepeda motor kembali mencuat setelah disampaikan Kepala Polisi RI (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri acara Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-68. "Sekarang

RSV Helmet Rilis FFS21, Helm Full Face Dengan Harga Terjangkau

Tersedia warna solid dan motif. Model sama dengan RSV FFC21. Punya bentuk sporty. Produsen helm lokal kian banyak dan semarak dengan beragam model yang ditawarkan, terbaru ada RSV Helmet yang merilis helm barunya yakni FFS21 di Jakarta (27/9/2023). Helm ini menjawab kebutuhan akan helm dengan harga terjangkau, dengan desain yang sporty serta memiliki fitur yang mumpuni. Secara desain sejatinya helm tersebut mirip dengan RSV FFC21 yang sudah rilis sejak tahun lalu, namun dibuat dengan bahan yang

Part Motor MotoGP Suzuki GSX-RR Diecer, Sasisnya Cuma Rp 24 Juta!

Knalpotnya dilepas Rp 77 jutaan. Suspensi depannya seharga mobil LCGC. Setelah Suzuki menyatakan untuk berhenti dari arena balap MotoGP di musim 2022, pabrikan asal Jepang ini juga mengumumkan untuk menghancurkan sebagian besar koleksi motor GSX-RR mereka. Namun belum lama ini sejumlah komponennya justru dijual umum secara eceran. Seperti bagian suspensi depan up side down keluaran Ohlins dan knalpot full system dari Akrapovic. Penjualan sejumlah komponen Suzuki GSX-RR ini diunggah oleh akun Fac

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor