Banyak yang Belum Tahu, Kanebo Tak Boleh Untuk Ngelap Bodi!

Mencuci motor jadi perawatan yang rutin dilakukan bikers.
  • Lap chamois bisa merusak bodi.
  • Cara pakai yang salah memperparah efek merusak.
  • Lap microfiber lebih direkomendasikan.

Mencuci motor jadi ritual yang kerap dilakukan bikers, dan biasanya menggunakan kanebo untuk membasuh juga mengeringan bodi motor.

Tapi tahukah kalian, kalau mencuci motor menggunakan kanebo sebagai alatnya, bisa membuat bodi motor kalian baret-baret!

"Karena sekarang itu kanebo kualitasnya tidak bisa dipertanggung jawabkan, mereknya sudah banyak macamnya," buka Joddy Ario dari JDM Motor.

Pria yang berpengalaman dalam jasa detailing dan perawatan motor itu menjelaskan, jika kanebo sejatinya adalah merek dagang, dan bahan lapnya disebut chamois.

"Kalau yang asli beda kualitasnya dengan yang banyak beredar sekarang, jadi disarankan pakai microfiber saja," katanya.

Baret yang dimaksud bukanlah baret parah, namun baret-baret kecil yang kerap disebut juga dengan swirl mark, atau baret sarang laba-laba.

Baca juga : Sering Dicuekin, Begini Cara Rawat Standar Samping Motor

Bodi mulus jadi baret halus karena kanebo.

Apalagi jika saat membasuh dengan air sabun atau saat pengeringan, bodi motor digosok dengan kuat, alhasil baret akan mudah terlihat.

Kalau tidak ada microfiber, bisa juga pakai kaos kutang bekas, bahannya halus dan gak bikin baret bodi.

Jika Terpaksa Pakai Kanebo

Mungkin banyak yang akan mengatakan ribet banget nyuci motor atau adanya cuma kanebo, tetap ada trik cara pakainya biar bodi motor juga mulus.

"Pisahkan antara kanebo kotor dan bersih, yang kotor untuk area bawah motor, misalnya buat roda, mesin, pelek, suspensi."

"Terus kanebo bersih untuk bagian atas, bodi-bodi, jok, lampu-lampu. Jadi gak ada tuh kotoran dari area bawah motor, nempel buat ngelap bodi juga,"; tandasnya.

Baca juga : Ini Penyebab Persneling dan Tuas Kopling Motor Manual Keras

Cara pakainya jangan digosok.

Nah yang terpenting cara pakainya, untuk proses pengeringan baiknya bukan dengan digosok, tapi ditotol-totol untuk minimalisir baret.

Jika sudah banyak baret-baret, untuk menghilangkannya motor kudu dipoles dengan biaya bervariasi.

JDM Motor sendiri membuka harga mulai dari Rp 750 ribuan hingga Rp 1 juta up untuk jasa poles dan full detailing.

"Itu bongkar bodi total tuh, makanya pengerjaan agak lama. Tapi kalau cuci dan wax range biayanya Rp 75 ribu sampai Rp 150 ribu," pungkasnya.

Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Daftar Merek Motor yang Bakal Ramaikan IMOS+ 2023, Banyak yang Baru!

Berlangsung 25-29 Oktober 2023. Ada 15 merek motor. Pameran di ICE BSD City. Pameran sepeda motor nasional IMOS (Indonesia Motorcycle Show) yang biasanya dihelat setiap tahun genap, kini juga berlangsung ditahun ganjil dengan nama IMOS+. Pameran yang diadakan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) tersebut bakal berlangsung 25-29 Oktober 2023 di Hall 10 ICE, BSD City. Ketua Umum AISI Johannes Loman mengatakan industri sepeda motor Indonesia terus berkembang menyusul semakin kondusi

Kelahiran Matic Retro Honda Pesaing Yamaha Grand Filano kian Dekat, Ini Buktinya!

Kembali gunakan rangka underbone Mengincar segmen di atas Honda Scoopy. Spekulasi mengenai hadirnya skuter matic retro baru dari Honda sudah cukup lama terdengar. Kabarnya, motor yang ditengarai berjuluk Honda Stylo ini siap menjadi pesaing Yamaha Grand Filano. Informasi terbaru yang Autofun dapat, saat ini PT Astra Honda Motor (AHM) tengah menyiapkan jig untuk rangka motor matic tersebut. Jig sendiri merupakan peralatan khusus untuk menyokong proses permesinan. Disebutkan pula jika nantinya ran

MGPA : Kesiapan MotoGP Mandalika Hampir 100%

Sirkuit dicat ulang. Ada pemasangan sensor track limit baru. Kesiapan akses diperbaiki. Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah ajang balap MotoGP pada 13-15 Oktober 2023 mendatang di sirkuit Pertamina Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ini menjadi kali kedua sirkuit tersebut menggelar balap motor paling bergengsi di dunia itu. Segala persiapan pun telah dilakukan sejak jauh-jauh hari. PT Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku pengelola sirkuit melakukan persiapan yang te

Honda Lepas CBR150R 2023 MotoGP Edition, Harga Tembus Rp 42 Jutaan

Hanya tersedia untuk tipe ABS. Harga tembus Rp 42 juta. Untuk menyambung MotoGP Mandalika. Meski performa tim Repsol Honda diajang balap MotoGP sejauh ini kurang gacor, namun tak menyurutkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk merilis Honda CBR150R MotoGP Edition. Kehadiran motor dengan grafis spesial itu juga dipersiapkan untuk menyambut kehadiran gelaran MotoGP Mandalika yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023 mendatang. Serupa dengan livery dari sepeda motor yang digunakan oleh Marc Marque

Yamaha Jupiter Z1 2023 Dapat Penyegaran, Ini Bedanya Dari Tahun Lalu

Tetap punya tiga opsi warna. Belum ada penambahan fitur sejak 2012. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tampaknya getol mendandani motor bebek andalan mereka, Jupiter Z1. Caranya dengan menyegarkan warna dan grafisnya, seperti di edisi 2023 ini. Bahkan meski bukan produk yang benar-benar baru, tapi sosoknya sudah mengalami tiga kali ubahan grafis dan warna sejak beberapa tahun terakhir. Mulai dari penyegaran di tahun 2020, lalu diikuti versi cyan yang mulai hadir sejak bulan Juli 2022

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor