Harga Mulai Rp.114Juta,Honda NC750X 2021, Siap Menyapa Para Pehobi Touring di Indonesia?

Segmen touring atau adventure makin diminati oleh konsumen di Indonesia. Tak heran jika banyak pabrikan yang mengisi segmen tersebut. Salah satu motor petualang yang bisa jadi andalan adalah Honda NC750X 2021.

Belum lama ini, motor petualang yang mengarah ke gaya touring tersebut diluncurkan oleh Honda Motorcycle Europe. Di Eropa, motor ini diklaim cukup laris. Sebab, tak hanya menyenangkan untuk digunakan pada akhir pekan, tapi Honda NC750X 2021 juga nyaman untuk digunakan sehari-hari.

Sebelum motor petualang ini masuk ke Indonesia, simak baik-baik spesifikasi, fitur, dan kelebihan Honda NC750X 2021.

Honda NC750X 2021 Tampilan Baru

Melihat sekilas tampilan luar atau eksteriornya,Honda NC750X 2021 tak jauh berbeda dengan model pendahulunya. Secara garis besar, desain yang diusung masih sama. Honda tetap memertahankan karakter desain dari model sebelumnya. Pada Honda NC750X 2021 ini juga tarikan garisnya lebih tajam, mulai dari bagian depan hingga buritannya. Desain bodi samping juga turut mengalami penyesuaian.

Tapi, sekarang tampilannya juga lebih modern. Desain lampu depan sudah berubah menjadi lebih agresif. Ubahan juga diikuti pada lampu belakangnya. Selain itu, ubahan lainnya dapat terlihat pada windshield atau kaca pelindung.

Beberapa bagian lain yang tak mengalami ubahan dibanding versi sebelumnya, antara lain, sepatbor depan, penutup mesin bagian bawah, dan setangnya. Posisi berkendara juga masih sama, karena bagian jok, posisi setang, dan pijakan kaki tidak ada perubahan.

Honda NC750X 2021 memiliki bodi yang lebih kompak. Namun, pengendara akan tetap merasa nyaman karena tinggi joknya yang lebih rendah dibanding model sebelumnya.

Honda NC750X 2021 dihadirkan dengan tiga pilihan warna, mulai dari Glint Wave Blue Metallic, Mat Ballistic Black Metallic, dan Grand Prix Red-CRF Red.

Dimensi Honda NC750X 2021
Dimensi (PxLxT) 2210 mm x 846 mm x 1330 mm
Jarak Sumbu Roda MT: 1525 mm DCT: 1535 mm
Tinggi Tempat Duduk 800 mm
Jarak Terendah ke Tanah 145 mm
Berat Kering MT: 214 kg DCT: 224 kg

Disebutkan sebelumnya bahwa Honda NC750X 2021 makin modern. Hal tersebut dapat terlihat dari semua sistem penerangannya yang sudah mengandalkan teknologi LED. Sekarang, motor ini juga sudah dilengkapi dengan lampu senja atau Daytime Running Light (DRL). Teknologi LED diklaim tak hanya mampu memberikan penerangan yang lebih baik, tapi juga lebih hemat konsumsi dayanya. Selain itu, LED juga lebih awet dibandingkan dengan lampu bohlam biasa. Untuk menunjang keamanan, Honda juga sudah mengaplikasikan fitur Emergency Stop Signal (ESS) pada lampu seinnya. Sehingga, saat pengendara melakukan pengereman mendadak, lampu sein akan berkedip secara otomatis.

Fitur Honda NC750X 2021

Di bagian panel meter, tampilannya sudah full digital. Layar LDC pada Honda NC750X 2021 menampilkan beragam informasi, seperti penunjuk kecepatan, tachometer, penunjuk waktu, mode berkendara, dan lainnya. Beragam fungsi dapat dipilih dan ditampilkan. Pengoperasian atau pemilihan menu juga secara mudah dan cepat dapat dilakukan melalui tombol yang ada di setang sebelah kiri.

Sayangnya, motor ini belum dilengkapi dengan konektivitas ke smartphone. Honda juga tidak melengkapinya dengan power charger untuk mengecas baterai smartphone atau gadget lainnya.

Meski belum dilengkapi dengan Smart Key atau teknologi keyless, Honda NC750X 2021 ini tetap dilengkapi dengan sistem pengaman, yakni Honda Ignition Security System (HISS). Sistem pengaman ini merupakan teknologi immobilizer milik Honda.

Di bagian bagasinya yang terdapat di tengah, Honda meningkatkan kapasitasnya sebesar 1 liter. Dengan volume 23 liter, bagasinya diklaim mampu menampung satu helm model full face dengan gaya adventure.

Agar pengendara lebih nyaman saat melakukan perjalanan jauh, Honda menyematkan 4 mode berkendara, yakni Standard, Sport, Rain, dan User. Mode berkendara tersebut dapat menyesuaikan tenaga mesin dan karakter pengereman mesin dengan kondisi jalan saat berkendara. Selain itu, motor ini juga sudah dilengkapi teknologi Throttle By Wire (TBW) dan Honda Selectable Torque Control (HSTC). HSTC memiliki bertugas untuk mencegah roda belakang tidak selip karena kehilangan traksi akibat tenaga yang berlebih atau kondisi permukaan jalan yang licin. Ada tiga tingkatan HSTC yang dapat dipilih.

Fitur menarik lainnya tentu saja Dual Clutch Transmission (DCT) dengan 6-percepatan. Honda NC750X 2021 menawarkan perpindahan gigi yang mulus dan bisa dikontrol secara manual atau otomatis. Girboks manualnya dilengkapi dengan slipper clutch yang lebih ringan sekitar 20 persen pada bagian tuasnya. Adanya slipper clutch juga mampu menjaga roda belakang saat pengendara menurunkan gigi secara cepat dan dalam kondisi hard braking. Baik pada transmisi manual atau DCT, untuk akselerasi yang lebih cepat, rasio yang lebih pendek digunaka untuk gigi satu hingga gigi tiga. Sementara untuk gigi empat hingga gigi enam, menggunakan rasio gir yang lebih tinggi.

Untuk urusan suspensi, Honda NC750X 2021 masih dibekali dengan sokbreker depan model teleskopik. Sedangkan untuk belakang, juga tetap menggunakan monoshock dengan preload yang bisa diatur.

Kaki-kaki Honda NC750X 2021
Rem Depan 320 mm single wavy hydraulic disc with 2-piston caliper
Rem Belakang 240 mm single wavy hydraulic disc with single-piston caliper
Suspensi Depan 41 mm telescopic fork, 120 mm stroke
Suspensi Belakang Monoshock damper, Pro-Link swingarm, 120 mm travel
Ban Depan 120/70-ZR17M/C (58W)
Ban Belakang 160/60-ZR17M/C (69W)
Pelek Depan Multi-spoke cast aluminium
Pelek Belakang Multi-spoke cast aluminium

Mesin Honda NC750X 2021

Motor yang cocok dibawa untuk perjalanan jauh ini masih menggunakan mesin yang sama. Namun, ada sedikit perbedaan. Kali ini, mesinnya mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Mesin berkapasitas 745 cc, 2-silinder, 8-katup, SOHC, berpendingin cairan, tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 43,1 kW pada 6.750 rpm dan torsi maksimum hingga 69 Nm pada 4.750 rpm. Sementara pada model sebelumnya, tenaga maksimumnya hanya 40,3 kW dan torsi maksimumnya di angka 68 Nm.

Karakter mesin over stroke tersebut memiliki ukuran piston 77 mm dan langkah piston 80 mm. Tapi, rasio kompresi yang dihasilkan masih sama, yakni 10,7:1.

Selain peningkatan di bagian tenaga dan torsinya, mesin Honda NC750X 2021 juga kali ini dibuat lebih ramah lingkungan. Mesinnya sekarang sudah memenuhi standar Euro 5.

Namun, dengan segala ubahan tersebut, bobotnya justru berkurang cukup banyak. Honda NC750X 2021 lebih ringan hingga 6 kg dibanding model sebelumnya. Bobot keringnya hanya 214 kg untuk transmisi manual dan 224 kg untuk transmisi kopling ganda.

Spesifikasi Mesin Honda NC750X 2021
Tipe Mesin Liquid-cooled 4-stroke 8-valve, SOHC parallel 2-cylinder
Diameter x Langkah 77 mm x 80 mm
Isi Silinder 745 cc
Rasio Kompresi 10,7:1
Transmisi 43,1 kW @ 6.750 rpm
Torsi Maksimal 69 Nm @ 4.750 rpm

Honda NC750X 2021 Hampir Tidak Memiliki Rival

Dibekali dengan mesin yang kapasitasnya setengah dari mesin mobil dan dengan kepraktisan skutik, Honda NC750X 2021 hampir tidak memiliki rival langsung. Dengan segmen yang sama, yakni motor petualang atau motor touring, pabrikan lain banyak yang bermain di kelas 650 cc, seperti, Kawasaki Versys 650, Suzuki V-Strom 650, dan BMW G 650 GS.

Meski demikian, jika dibandingkan performanya, Honda NC750X 2021 dengan tenaga 57,7 hp belum tentu unggul. Versys 650 dengan mesin 2-silinder memiliki tenaga 68,4 hp, V-Strom 650 dengan mesin V-twin memiliki tenaga 68 hp, sedangkan BMW G 650 GS dengan mesin satu silindernya memiliki tenaga 48 hp.

Kesimpulan

Honda NC750X 2021 memiliki performa yang dibutuhkan untuk menjelajah dan bertualang. Tapi, di sisi lain juga menawarkan kepraktisan layaknya skutik. Namun, kapasitas mesinnya yang besar tidak menjamin performanya lebih unggul dari kompetitor di segmen yang sama dengan kapasitas mesin yang lebih kecil.

Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor