Review: Bagaimana Daya Tarik Aprilia RS660 2021 Dimata Masyarakat?

Aprilia RS660 Dibuat di Noale, Italia. Model ini adalah gerbang pabrikan Eropa ke segmen olahraga kelas menengah kategori yang secara historis berjuang untuk mendapatkan daya tarik tersendiri. Motor ini disajikan dalam dua versi grafis: yang pertama jelas didominasi oleh warna-warna yang mewakili sejarah dan warisan olahraga Aprilia. Perpaduan warna ungu dan merah merupakan penghargaan RS 250 dalam versi Replica Reggiani tahun 1994. Kedua, versi grafis yang menonjol karena tampilan hitam totalnya di mana banyak detail merah cerah membuat tampak nyata.

Aprilia RS660 2021 sejak konsepnya ditampilkan di EICMA 2018, RS 660 mengisi peran vital pabrikan Italia tersebut. Ini adalah penawaran kelas menengah pertama yang sepenuhnya fairing, memberikan alternatif yang ramah di jalan tetapi berkemampuan lintasan balap untuk superbike RSV4 yang legendaris. Dalam arti yang lebih luas, RS 660 juga menghadirkan tingkat kecanggihan dan teknologi yang sama sekali belum pernah terdengar di kelasnya. Saat ini Aprilia RS 660 memiliki tiga pilihan warna yang ditawarkan, yaitu: Lava Red, Apex Black, dan yang baru diperkenalkan adalah Acid Gold. Motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 194 jutaan.

Desain Aprilia RS660 2021

Aprilia RS660 2021 menggabungkan desain dan penguasaan teknis mesin premium dengan kinerja luar biasa dari silinder kembar paralel 660 cc baru hingga 100 HP. Dengan rangka yang bergaya dan berat hanya 169 kg dan dengan rangka yang halus, ini adalah sepeda yang sesuai dengan tradisi Aprilia. Kepribadian sporty RS 660 dan garis-garis kontemporer memotong jalan konvensional kemanapun ia pergi dan membawa pengalaman juara balapan Aprilia ke jalan. Desainnya yang unik menghasilkan sepeda yang ringan dan ringkas dengan garis-garis ramping dan stabilitas kecepatan tinggi, tetapi yang paling penting adalah bahwa RS 660 adalah tentang memberikan kesenangan yang tak tertandingi.

Gayanya inovatif, canggih, dan sporty tanpa kompromi, dengan bentuk modern, dinamis, dan permukaan berisi yang memastikan sasis terlihat dalam segala kemuliaannya. Perwujudan semangat dan keahlian Aprilia, RS 660 adalah sepeda motor yang ditakdirkan untuk mencapai tujuannya. Kursi ini motor ini memiliki bantalan yang sangat nyaman dan meruncing di samping untuk memfasilitasi sandaran kaki di tanah yang memungkinkan manuver mudah dari posisi diam. Bantalan pembonceng berukuran besar diposisikan di bagian ekor, yang desainnya terinspirasi oleh keluarga V4, sementara ekor satu kursi hadir sebagai tambahan opsional.

Ride dan Handling Aprilia RS660 2021

Aprilia memiliki sejarah panjang dalam pengembangan sasis yang sangat bagus, dan RS memanfaatkan silsilah ini dengan rangka balok aluminium die-cast ganda dan swingarm paduan berbentuk bumerang. RS memakai garpu terbalik dan shock tanpa linkage yang dipasang langsung antara rangka dan swingarm. Rem tiga cakram dengan Brembo pemasangan radial digunakan di depan sementara kaliper belakang piston ganda mengatur cakram belakang.

Dalam teknologi ride-by-wire, elektronik superbike Aprilia telah berkembang menjadi salah satu sistem produksi terbaik yang dapat dibeli. Teknologi tersebut ditransfer ke RS 660 dalam bentuk APRC (Aprilia Performance Ride Control). Ini mencakup traksi, wheelie, rem mesin, dan cruise control yang dapat disetel secara independen. Pengendara juga dapat memilih mode tenaga mesin berdasarkan preferensi atau kondisi jalan raya. Ada tiga mode berkendara global dan dua konfigurasi yang dapat disesuaikan di mana pengendara dapat memilih setiap pengaturan

Posisi berkendara telah dirancang dengan cermat untuk menawarkan kenyamanan di jalan serta distribusi dan nuansa bobot ujung depan yang ideal. Pengaturan jok, pasak kaki, dan setang clip-on yang sangat seimbang di atas kuk kemudi menciptakan posisi berkendara yang dinamis. Tambahkan ke semua ini pilihan lima mode berkendara yang telah ditentukan untuk kondisi trek dan jalan yang berbeda dan Anda memiliki semua bahan untuk pengalaman berkendara yang benar-benar mendebarkan.

Selain itu, garpu KYB 41mm yang dilengkapi dengan preload pegas dan penyesuaian redaman pantulan, disertai dengan guncangan KYB tipe non-linkage dengan kemampuan penyesuaian yang sama. Suspender disetel untuk berkendara di jalan raya, mengatasi gundukan di jalan dengan baik sambil tetap mempertahankan perjalanan yang tenang dan menyenangkan. Ketika kecepatannya memanas, pengendara lebih suka redaman kompresi yang sedikit, karena g-out yang cukup besar dapat sedikit mengganggu ketenangan.

Performa Mesin&BBM Aprilia RS660 2021

RS 660 didukung oleh mesin kembar paralel berpendingin cairan baru dengan arsitektur yang didasarkan dari RSV4 1100 V-4 yang karismatik dan terasah dengan presisi. Aprilia telah merancang konfigurasi mesin ini selama lebih dari 12 tahun, dan ini terlihat dari segi performa dan sikap sporty. Mesin barunya  RS 660 merupakan silinder kembar paralel 660 HP generasi terbaru yang sangat ringkas, dengan sertifikasi Euro 5. Berasal dari V4 1100-cc, konfigurasinya dipilih karena kekompakan dan efisiensinya, transmisi panas yang dikurangi, dan kebebasan yang ditawarkannya untuk mengoptimalkan ruang guna menciptakan rangka yang ringan dan ramping.

Ini berbagi desain camshaft yang digerakkan rantai dan pengukuran lubang silinder yang identik. Piston stroke, bagaimanapun, telah meningkat (11.6mm). Aprilia mengklaim kembarannya bagus untuk 100 hp pada 10.500 rpm. Torsi yang diklaim mencapai 49,4 pound-feet pada 8.500 revs. Tenaga ditransfer ke roda belakang selebar 5,5 inci melalui gearbox enam kecepatan quickshifter dan kopling yang digerakkan kabel. Mesin meminum bahan bakar dari tangki 3,96 galon. Aprilia berencana menggunakan powertrain ini untuk melebarkan sayap ke segmen sepeda motor lainnya.

Selain performa dan bobot yang ringan, tujuan lain dari proyek ini adalah untuk mendapatkan karakter yang sama dari mesin dan grit khas silinder V-twin. Untuk tujuan ini, waktu katup dengan pin batang penghubung yang diatur pada 270 ° dipilih. Pembakaran dengan demikian asimetris dan diimbangi oleh 270 ° untuk mendapatkan semburan tidak teratur yang menghasilkan dan bersuara mirip dengan V-twin. Selain itu, jenis konfigurasi ini memungkinkan, dengan menggunakan poros penggerak tunggal, keseimbangan yang mudah dari gaya bolak-balik orde pertama dan kedua.

Fitur Aprilia RS660 2021

Karakteristik struktural fairing tidak salah lagi adalah karakteristik Aprilia V4, dengan konfigurasi lampu depan tiga LED dan lampu DRL-nya dengan jelas membedakannya sebagai RS 660. Fairing ganda berfungsi sebagai embel-embel aerodinamis terintegrasi, bukti dari Aprilia's komitmen berkelanjutan untuk memberikan solusi aerodinamis yang inovatif. Posisi berkendara telah dirancang dengan mengutamakan kenyamanan dengan jok yang murah hati, foot peg yang tidak terlalu tinggi dan semi-setang yang dipasang di atas kuk kemudi atas.

Fitur unik lain dari Aprilia RS660 2021 adalah mekanisme ride by wire yang ditujukan untuk kinerja dan keselamatan yang paling lengkap saat ini tersedia dalam kategori, dan bahkan lebih tinggi daripada yang ditawarkan oleh sepeda super sport tertentu di kelas superbike. kemudian terdapat IMU platform inersia 6 sumbu, rangkaian APRC yang mencakup ATC (kontrol traksi, AWC (kontrol wheelie), AEB (rem mesin), AEM, ACC (cruise control), QUICK SHIFTER dan juga 5 mode berkendara. Tak ketinggalan lampu serba LED juga panel speedometer yang futuristik.

Aprilia RS660 2021 sendiri juga memiliki lima mode pengendaraan (Commute, Dynamic, Individual, Challenge dan Time Attack) yang dirancang untuk pengendaraan harian, pengendaraan dinamis di jalan, dan pengendaraan ekstrem di trek. Aprilia RS660 2021 juga sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat elektronik seperti traction control, cruise control, engine brake, wheelie control, dan engine map. Adapun seluruh fitur tersebut masuk ke dalam paket bernama APRC (Aprilia Performance Ride Control).

Di bagian depan, kaliper Brembo 4-piston yang dipasang secara radial menjepit rotor mengambang 320mm dengan rasa dan daya henti yang baik dan peningkatan yang nyata di atas kompetisi Jepang. Di bagian belakang, kaliper Brembo piston ganda memegang cakram 220mm dan bekerja dengan baik.

Spesifikasi Lengkap Aprilia RS660 2021

Dimensi
Jarak roda 53,9 inci
Rake 24,1 derajat
Trail 4,1 inci
Tinggi kursi 32,3 inci
Kapasitas bahan bakar 4,0 galon
Estimasi konsumsi bahan bakar 48 mpg
Curb weight 403 pound
Rangka
Frame Aluminium spar ganda dengan subframe aluminium
Suspensi depan Garpu 41mm terbalik Kayaba yang dapat disetel sepenuhnya; 4,7 inci
Suspensi belakang Guncangan kantilever, bebas linkage, rebound-redaman dan pegas yang dapat disesuaikan preload; 5,1 inci
Roda Campuran aluminium
Roda depan 17 x 3,5
Roda belakang 17 x 5,5
Ban Pirelli Diablo Rosso Corsa II
Ban depan 120/70 x 17
Ban belakang 180/55 x 17
Rem depan Cakram 320mm dengan 4-piston radial, kaliper Brembo terpasang, silinder master dipasang secara radial, dan jalur jalinan baja
Rem belakang Cakram 220 mm dengan kaliper Brembo piston ganda dengan garis kepang baja
ABS w/ 6-axis IMU
Mesin
Tipe Parallel twin
Pemindahan 659cc
Bore x stroke 81 x 63,9 mm
Tenaga maksimal 100 tenaga kuda pada 10.500 rpm
Torsi maksimum 49 ft-lbs @ 8500 rpm
Rasio kompresi 13.5: 1
Intake EFI dengan dua badan throttle 48mm
Valvetrain DOHC, 4vpc
Transmission 6 kecepatan dengan quickshifter naik / turun
Kopling Assist-and-slipper
Final drive Chain

Kesimpulan

Berbicara mengenai kelebihan fitur yang ditawarkan pada motor ini memang tak diragukan lagi bahwa mampu memberikan performa yang maksimal untuk dikendarai dijalanan dengan desain yang cukup gagah dan sporty yang menambah nilai plus dari segi kualitas itu sendiri, dan juga dikombinasikan dengan tenaga mesin 100 hp yang dihasilkan oleh mesin paralel twin-nya, membuat Aprilia RS660 2021 tentu saja akan memastikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan nyaman.

Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor