Adu Spesifikasi Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto

Kiprah Wuling Motors di dalam industri otomotif Tanah Air seakan tak pernah berhenti. Seperti yang kita tahu, dalam waktu kurang dari dua tahun saja, produsen mobil asal Tiongkok ini telah meluncurkan tiga model mobil untuk pasar otomotif Indonesia. Ada MPV Wuling Confero yang merupakan pesaing Toyota Avanza, medium MPV Wuling Cortez yang menyaingi Toyota Kijang Innova, serta Wuling Formo yang merupakan kendaraan komersial pertama yang berbasis Wuling Confero. 

Kesuksesan yang diraih oleh Wuling setelah meluncurkan ketiga model mobil tersebut ternyata belum cukup. Hingga akhirnya,  mobil Wuling Almaz pun diperkenalkan sebagai SUV pertama dari Wuling pada tahun 2019 lalu. Mobil yang satu ini memang bisa dibilang merupakan pesaing langsung dari DFSK Glory.

Mobil Wuling Almaz dan DFSK Glory memang sama-sama mengisi segmen pasar mobil SUV di Tanah Air. Kali ini kita akan bandingkan spesifikasi dari kedua mobil ini.

Dimensi

Pertama kita akan bandingkan dulu dimensi dari kedua SUV ini. Mobil SUV Wuling Almaz memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm, serta tinggi 1.760 mm. Kemudian jarak sumbu roda atau wheelbase-nya sendiri adalah 2.750 mm.

Lalu untuk DFSK Glory, dalam hal ini kita membandingkannya dengan DFSK Glory i-Auto. Mobil ini memiliki dimensi panjang bodi 4.680 mm, lebar 1.845 mm, dan juga tinggi 1.715 mm. Sedangkan jarak sumbu roda atau wheelbase-nya adalah 2.780 mm.

Jika kita lihat dari dimensi bodi di antara kedua mobil ini, bisa dilihat bahwa dimensi Wuling cars Almaz memang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan DFSK Glory i-Auto, tetapi juga sedikit lebih pendek dan lebih ramping. Dan karena jarak sumbu roda atau wheelbase dari DFSK Glory i-Auto juga lebih panjang, maka bisa diperkirakan bahwa ruang kabinnya juga akan sedikit lebih luas dibandingkan dengan Wuling Almaz meskipun perbedaannya memang tidak signifikan. Selain itu, karena Wuling mobil Almaz memiliki dimensi yang lebih tinggi, maka dapat dipastikan bahwa head room yang ditawarkan Wuling Almaz akan jauh lebih luas.

Mesin

Tidak sah rasanya jika kita membandingkan spesifikasi dari dua buah mobil dengan ukuran yang tidak jauh berbeda tanpa melihat aspek jantung mekanis alias mesinnya. Baik mobil Wuling Almaz maupun DFSK Glory i-Auto, keduanya sama-sama menggendong mesin yang cukup menunjang performa mobil.

Pada mobil Almaz, Wuling membenamkan sebuah mesin Dual VVT 4 silinder DOHC berkapasitas 1.451 cc, yang dilengkapi dengan Turbocharger. Hal ini tentu membuat mesinnya semakin bertenaga. Tenaga yang bisa dihasilkan oleh mesin mobil ini adalah 140 tenaga kuda pada putaran 5.300 rpm, sedangkan torsi puncaknya bisa mencapai 250 Nm pada putaran 1.600-3.600 rpm. Tidak lupa disematkan pula transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) delapan percepatan.

Lalu untuk DFSK Glory i-Auto, mobil ini dibekali dengan mesin berseri SFG15T 16 katup dengan VVT. Mesin ini memiliki kapasitas 1.498 cc. Untuk keluaran tenaganya, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 148,5 tenaga kuda pada putaran 5.600 rpm, serta torsi maksimal mencapai 220 Nm pada putaran 1.800-4.00 rpm. Selain itu, mesin ini juga dipadukan dengan transmisi CVT serta sistem penggerak roda depan.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin dari Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto memang tidak jauh berbeda, meskipun mobil Almaz memiliki keluaran tenaga yang lebih sedikit dibandingkan dengan DFSK Glory i-Auto. Selain itu, bisa dilihat bahwa torsi Wuling Almaz sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan torsi yang dihasilkan pesaingnya tersebut. Tetapi bagaimanapun perlu diingat bahwa mobil ini merupakan mobil SUV yang dimaksudkan untuk menampung banyak orang, sehingga tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin di mobil ini bisa dibilang sudah cukup mumpuni.

Fitur

Sekarang kita beralih ke fitur. Baik pada Wuling Almaz maupun DFSK Glory i-Auto, keduanya sama-sama menyematkan fitur penerima perintah melalui suara yang merupakan teknologi termutakhir. Belum banyak mobil di Indonesia yang menyematkan fitur yang satu ini.

Teknologi perintah suara yang disematkan pada mobil Wuling Almaz varian terbaru adalah WIND yang merupakan kependekan dari Wuling Indonesian Command. Fitur yang satu ini hanya bisa dipakai dengan menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, pengguna juga harus menyebutkan susunan kalimat tertentu agar perintahnya bisa ditangkap oleh sistem WIND.

Sistem WIND ini bisa diaktifkan dengan mengucapkan Wake Up Words yaitu "Halo Wuling". Di mana pun posisi penumpang, dia bisa memberikan perintah suara, asalkan perintah tersebut bisa tertangkap oleh microphone yang letaknya ada di cluster atas baris pertama.

Sedangkan pada DFSK Glory, kita bisa menemukan fitur yang mirip, yang disebut dengan i-TALK. Sama seperti WIND pada mobil Wuling Almaz, sistem i-TALK ini dapat mengatur fitur melalui perintah suara, seperti mempermudah mengakses fitur perangkat seluler, membuat panggilan telepon dan mengakses riwayat telepon. 

Selain itu, fitur ini juga mendukung pengaktifan sistem navigasi dengan perintah suara. Begitu juga dengan mengontrol gambar, musik, radio, dan video. Sama dengan WIND, sistem i-TALK ini juga dapat mempermudah akses ke berbagai fitur kendaraan seperti membuka jendela, menyalakan AC, menutup dan membuka sunroof dan lain-lain. 

Jika melihat kedua fitur andalan mobil Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto ini, sebenarnya memiliki fungsi yang sama. Teknologi yang digunakan juga sama-sama mutakhir dan memang didesain demi kemudahan pengguna. 

Lalu jika kita lihat secara keseluruhan, mobil Wuling Almaz dan DFSK Glory i-Auto memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga sama-sama dipenuhi dengan fitur yang memudahkan pengendara sehingga bisa disimpulkan bahwa kedua kendaraan ini juga driver-oriented. Tidak hanya itu, kedua mobil ini juga menawarkan kenyamanan yang sangat baik untuk pengendara maupun penumpangnya. Soal mana yang lebih bagus, kembali kepada kebutuhan masing-masing pengendaranya.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia....

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

DFSK Glory i-Auto

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

14.366 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ LT LUX CVT 1.5

Rp 280,00 Juta
Rp 5,71 Juta/bln

18.872 km

2,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 270,00 Juta
Rp 5,50 Juta/bln

43.740 km

4,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli

2018 Honda HR-V SE 1.5

Rp 266,00 Juta
Rp 5,42 Juta/bln

62.209 km

5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Wuling ALMAZ RS LT LUX + SC CVT 1.5

Rp 295,00 Juta
Rp 6,01 Juta/bln

38.223 km

2 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Haval H6 HEV 2021: Lawan Berat Honda CR-V dan Wuling Almaz! | First Look

MG HS i-SMART Magnify, Pesaing Wuling Almaz RS yang Tak Kalah Keren, Honda CR V Mana Bisa?

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

DFSK Glory i-Auto
Lihat