Rp 208,80 - 282,00TBC Juta

Harga di Indonesia

Wuling Cortez Spesifikasi
Segmen
Tipe bodiMPV
Jenis penggerakFWD
Kapasitas mesin1.8L
Tenaga110 - 140PS
Tempat Duduk7 - 8

Wuling Cortez Daftar Harga Varian Mobil

Wajib Baca

Kelebihan

  • Harga Relatif Terjangkau

  • Desain Eksterior Lebih Bergaya

  • Bodi Besar, Kabin Lebih Leluasa

  • Lampu Sudah LED, Pencahayaan Lebih Maksimal

  • Interior Nyaman

  • Sarat Fitur Canggih

  • Fitur Keselamatan Mumpuni

  • Menggunakan MID Terbaik di Kelasnya

  • Dilengkapi Sunroof

  • Mesin Dilengkapi Turbocharger, Lebih Bertenaga

Kekurangan

  • Finishing Detail Kurang Rapi

  • Belum Dilengkapi Fitur Telescopic Steering, Kurang Fleksibel

Wuling Cortez Gambar

Eksterior

Interior

Wuling Cortez Kompetitor

Wuling Cortez Ulasan

  • Overview
  • Eksterior
  • Interior
  • Fitur
  • Mesin dan Performa
  • Kesimpulan
  • Overview


    Wuling Cortez CT mendapatkan pembaharuan tahun lalu dengan menambahkan berbagai fitur serta teknologi mesin turbo. Menjadikannya sebagai MPV keluarga dengan value for money terbaik dibandingkan pesaing lain di kelasnya. 

    Harga

    ModelHarga
    Wuling Cortez 1.5T MT - SRp209.000.000
    Wuling Cortez 1.5T CVT - SRp233.000.000
    Wuling Cortez 1.5T MT - CRp238.500.000
    Wuling Cortez 1.5T CVT – CRp255.500.000
    Wuling Cortez 1.5T CVT - LRp290.000.000

    Spesifikasi

    Mesin
    Tipe Mesin1.5T 4-silinder segaris DOHC DVVT
    Kapasitas Silinder1.451 cc
    Tenaga Maksimal142 PS @ 5.200 rpm
    Torsi Maksimal250 Nm @ 1.600-3.600 rpm
    Transmisi6-percepatan manual dan CVT
    Sistem PenggerakFront-wheel drive
    Dimensi
    P x L x T4.780 x 1.816 x 1.755 mm
    Wheelbase2.750 mm
    Jarak Pijak Depan1.546 mm
    Jarak Pijak Belakang1.541 mm
    Ground Clearance170 mm
    Kaki-Kaki dan Suspensi
    Suspensi DepanMacPherson Strut with Coil Spring
    Suspensi BelakangCoil Spring Independent
    Rem DepanDisc
    Rem BelakangDisc
    Ukuran Ban205/55 R16
    Velg16 inci alloy with machining

    Sejarah

    Wuling Cortez merupakan MPV 7 penumpang yang diproduksi oleh Wuling, atau SAIC-GM-Wuling yang berasal dari China. Generasi pertama meluncur pada tahun 2014. Di negara asalnya, Wuling Cortez juga dikenal dengan nama Baojun 730.

     


    Generasi kedua akhirnya dipasarkan di China sejak tahun 2017 dengan beberapa perubahan, termasuk mesin 1.5L yang lebih bertenaga. Generasi inilah yang akhirnya dibawa Wuling setelah setahun menginjakkan kaki di Indonesia.

    Kehadiran Wuling Cortez  pada Februari 2018 di Indonesia langsung disambut dengan antusiasme dari konsumen Tanah Air. Pada peluncuran perdananya, Wuling menyebutkan bahwa Cortez sudah mendapatkan lebih dari 600 unit pemesanan.


    Wuling Cortez 2018 hadir dengan berbagai pilihan varian agar sesuai dengan kebutuhan konsumen Indonesia. Mulai dari 1.5 Type S hingga Wuling Cortez L Lux Plus i-AMT yang dibanderol hingga Rp264 jutaan kala itu.

    Menegaskan eksistensinya di pasar SUV yang gemuk, Wuling Cortez 2019 diperkenalkan dengan mesin bertenaga turbo dengan berbagai peningkatan. Banyak yang menyebutkan mesin Wuling Cortez menjadi lebih bertenaga, sekaligus nyaman dikendarai.


    Keunggulannya dan fitur yang terbilang lengkap dengan harga yang terjangkau membuat Cortez mendapatkan berbagai penghargaan di Indonesia. Masih bimbang dalam memilih mobil ini? Intip review Wuling Cortez terbaru dari kami.

  • Eksterior

    Wuling tak main-main dalam mengembangkan Wuling Cortez. Lihat saja bagaimana tampilan luar menyajikan visual yang apik. Cortez dibuat sederhana dan polos, tanpa banyak aksen yang malah mengganggu tampilan eksteriornya.


    Dari depan, tampilannya dibuat mewah dengan perpaduan grille berlapis chrome yang dbuat seperti menyambung dengan lampu depan yang sudah dilengkapi dengan proyektor. Kesan mewah juga terasa dengan lampu sein berteknologi LED atau Light Emitting Diode.


    Fasia depan semakin menarik karena bumper yang dibuat senada dengan grille depan. Ditambah lampu kabut digabungkan dengan list chrome yang memanjang dari sisi bumper. Perpaduan garis yang tidak terlalu tegas namun masih meninggalkan kesan berotot.

    Spion samping sudah mendapatkan fitur lampu sein sehingga membantu Anda ketika akan berbelok. Guratan sisi tak begitu banyak, membuat kesan polos lebih terasa dengan velg 16 inci yang menggoda.


    Tapi ada list chrome yang mengelilingi jendela serta roof rail yang membantu ketika memasang barang bawan di bagian atap. Wuling Cortez juga nyaman dibawa di jalanan bergelombang karena ground clearance yang cukup tinggi, mencapai 190 mm.


    Beralih ke belakang, tampilannya memang tidak beda jauh dengan Cortez 2018 ketika pertama kali diperkenalkan. Namun ada tambahan emblem ‘Turbo’ yang menegaskan mesin 1.5T yang lebih bertenaga. Lampu belakang dibuat cukup lebar sekilas terlihat seperti paruh burung.

    Bagian belakang lebih dibuat mulus dengan lengkungan yang tidak terlalu tajam. Ada high-mount stop lamp bersanding dengan rear spoiler pada sisi atas pintu bagasi belakang.

  • Interior

    Jangan terkesima ketika masuk ke dalam mobil. Pasalnya interior Wuling Cortez bisa dibilang cukup mewah jika dibandingkan dengan harga yang ditawarkan. Cukup menjauh dari kesan mobil China yang murah dan standar.


    Desain dashboard yang minimalis cukup menawan dengan perpaduan material soft touch dan plastik keras serta aksen chrome pada beberapa bagian. Wuling Cortez bahkan sudah mendapatkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan sistem navigasi.


    Setir untuk varian tertinggi bahkan sudah berlapis kulit dengan beberapa tombol multi-fungsi. Kenyamannya cukup baik ketika digenggam, dengan beberapa tombol di dalam setir akan memudahkan pengemudi dalam mengakses berbagai fitur yang ditawarkan.


    Kenyamanan juga bisa dirasakan pada jok yang digunakan. Bahkan pengaturannya sudah elektris, sehingga memudahkan pengemudi untuk mendapatkan posisi berkendara terbaik. Fiturnya lengkap, hanya ada satu kekurangan saja, yaitu lumbar support yang bisa menyangga tubuh pada saat perjalanan jauh.


    Ruang kaki dan ruang kepala bagi penumpang di baris kedua tetap lapang. Setiap baris sudah dilengkapi headrest yang menyangga kepala sepanjang perjalanan. Sayangnya ruang untuk masuk ke bangku baris ketiga bisa dibilang tidak praktis.

    Bahkan dengan harga yang ditawarkan, Wuling Cortez sudah memiliki panoramic sunroof. Sebuah fitur mewah yang jarang ditemukan pada mobil Rp200 jutaan. Bukan hanya untuk pamer, namun fitur ini sangat berguna untuk memberikan kesan lega di dalam kabin.


    Karena menggunakan pengaturan tiga baris kursi, ruang belakang memang tidak begitu besar. Namun cukup untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Jika perlu, kursi baris ketiga bisa direbahkan guna mendapatkan ruang yang lebih besar untuk bagasi.

  • Fitur

    Tak susah menjelaskan mobil Wuling Cortez sebagai salah satu MPV dengan fitur yang cukup lengkap meski harganya dibuat sangat terjangkau. Selain memiliki panoramic sunroof, sistem keselamatan Cortez masih mengesankan dibandingkan pesaingnya.


    Dibandingkan dengan MPV lain dengan harga yang lebih mahal, Wuling Cortez bahkan sudah mendapatkan fitur pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan dipadukan dengan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) serta Brake Assist (BA) untuk pengereman yang lebih baik di jalanan licin.


    Cortez bisa dibilang cukup stabil, apalagi ditambah dengan kehadiran fitur bantuan mengemudi Electronic Stability Control (ESC). Kelengkapan lainnya seperti Electronic Parking Brake (EPB) sebagai rem parkir elektris yang mudah digunakan.

  • Mesin dan Performa

    Ketika pertama kali diperkenalkan di Indonesia, mesin Wuling Cortez diambil langsung dari generasi kedua, yaitu 1.8L 4-silinder DOHC VVT-i. Pembaruan yang dilakukan pada 2019 memperkenalkan Wuling Cortez turbo dengan mengurangi kapasitas silinder mesin menjadi 1.451 cc.


    Ubahan ini tentu saja memberikan tenaga yang lebih besar dan membuat Wuling Cortez lebih bertenaga di jalanan. Tenaga maksimalnya bertambah menjadi 142 PS pada putaran 5.200 rpm serta torsi maksimal 250 Nm pada rentang putaran 1.600-3.600 rpm.

    Transmisi i-AMT yang digunakan pun berganti transmisi CVT dengan perpindahan gigi yang lebih mulus dan mesin yang lebih responsif. Tenaganya disalurkan ke roda depan untuk efisiensi tenaga dan menghindari powerloss.

    Performa & Handling

    Keunggulan pertama yang dirasakan pada rasa berkendara Wuling Cortez adalah perpindahan transmisi CVT 8-percepatan otomatis yang mengalir dengan mulus. Menyalurkan tenaga ke kedua roda depan mobil tanpa adanya tenaga yang hilang.


    Tenaganya memang tak seagresif Wuling Almaz. Bahkan keluaran tenaga maksimalnya masih kalah dibandingkan Almaz walaupun sudah mendapatkan mesin turbo. Tapi Wuling Cortez menawarkan rasa berkendara yang menyenangkan dengan akselerasi yang kuat pada putaran bawah.

    Tenaganya terasa sejak putaran bawah. Mesin turbo mengalir dengan baik dengan tenaga yang tersalur tanpa henti. Ketika mengindal pedal, rasa berkendara yang ditawarkan cukup nyaman untuk perjalanan jauh.


    Wuling Cortez masih nyaman ketika berada di jalur luar kota atau daerah pegunungan. Tentu saja dengan kehadiran Automatic Vehicle Holding yang berfungsi menahan mobil ketika berkendara di tanjakan ditambah Hill Hold Control (HHC) untuk menjaga mobil ketika berada dalam keadaan stop-and-go di jalanan menanjak.

    Suspensi MacPerson strut di depan serta independent di belakang cukup nyaman di jalanan perkotaan atau dibawa di jalanan bergelombang. Handling cukup baik, meskipun body roll masih terasa mengingat dimensinya yang cukup tinggi.

    Konsumsi BBM

    Tenaga turbo yang ditawarkan pada mobil Wuling Cortez memang memberikan performa yang maksimal. Tapi hal ini berdampak pada konsumsi bahan bakar yang cukup tinggi. Walaupun pada dasarkan kapasitas silinder yang lebih rendah membuatnya lebih efisien dalam hal bahan bakar.


    Belum ada pernyataan resmi dari Wuling terhadap konsumsi bbm Wuling Cortez. Tapi melalui beberapa pengetesan yang dilakukan media, mesin turbo dengan kapasitas yang lebih rendah mencatatkan konsumsinya 10 km/L di dalam kota dan 13 km/L untuk pengendaraan di luar kota.


    Namun Wuling juga memberikan beberapa tips agar konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu tinggi. Seperti dengan mnggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan mobil, mengisi udara pada ban dengan pas, serta menghindari pengereman dan akselerasi mendadak.

  • Kesimpulan

    Wuling terbaru ini mendapat eksterior berlekuk yang penuh gaya. Ketika diperkenalkan dengan mesin bertransmisi i-AMT biasa pada tahun 2018 lalu, Wuling Cortez memang menawan sebagai salah satu pilihan MPV keluarga. Tapi ketika revisi dengan penambahan fitur dan tenaga turbo, Cortez bisa dibilang menawarkan value for money terbaik di kelasnya.

    Mesin turbo memberikan performa yang bertenaga. Fitur yang ditawarkan cukup lengkap jika dibandinkan dengan harga Wuling Cortez yang dibanderol mulai dari Rp200 jutaan. Desain kabin premium dan sistem infotainment yang canggih, bahkan dilengkapi panoramic sunroof yang terkesan mewah.

    Masalah terbesar Cortez adalah stereotipe mobil China yang disebut memiliki desain yang standar dan tampilan murahan. Hal ini bisa dibantah dengan kehadiran Wuling Cortez yang nyaman dikendarai dan jauh dari kesan mobil murah.

Wuling Cortez FAQ

  • Apakah Wuling Cortez tersedia di AC baris belakang?

    • CathyMay12

      CathyMay12

      Tidak, Wuling Cortez tidak tersedia di AC baris belakang.

  • Apa Gearshift paddle dari Wuling Cortez?

    • CathyMay12

      CathyMay12

      Berikut adalah Gearshift paddle dan varian Wuling Cortez:

      VarianWuling Cortez 1.5 S 6MTWuling Cortez 1.5 C 6MTWuling Cortez 1.5 CT 6MTWuling Cortez 1.5 CT Lux Plus ATWuling Cortez 1.5 LT Lux Plus AT
      Gearshift paddleNNNNN
  • Apakah Wuling Cortez memiliki Lampu dekat?

    • CubeF

      CubeF

      Tidak, Wuling Cortez tidak memiliki Lampu dekat.

Kompetitor

Model Populer

VS