Begini Cara Mudah Spooring Ban Mobil di Rumah, Jaga Arah Setir Mobil Tidak Belok Sendiri

Tidak melihat mobil baru ataupun mobil lama, spooring ban mobil harus dilakukan demi memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Spooring atau dengan nama lain wheel alignment ini bertujuan untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda mobil yang berlawanan.

Pada umumnya, penyelarasan titik keseimbangan antar ban dilakukan pada bagian roda depan mobil sebagai bagian yang mengarahkan dan menstabilkan laju kendaraan. Bicara mengenai prosesnya, penyetelan antar roda ini dilakukan meliputi camber, caster, toe angle (toe-in atau toe-out), dan turning radius.

Fungsi utamanya jelas, memberikan kenyamanan dengan menjaga kestabilan kendaraan agar lingkar kemudi menjadi ringan, menghasilkan gaya putar kembali setelah belok, mencegah kendaraan belok dengan sendirinya dan menghindari keausan pada salah satu sisi roda. Disisi lain, melakukan spooring juga dapat menjaga keawetan komponen mobil, sperti tie rod, ball joint dan shockbreaker.

Baca juga: Aki Basah Vs Aki Kering, Mana yang Paling Awet?

Beberapa Tanda Harus Melakukan Spooring Ban Mobil

  1. Mobil seakan berbelok sendiri padahal sedang melaju lurus ke depan, atau selalu bergerak ke arah tertentu.
  2. Ketika stir dibelokkan dan tidak mau kembali berputar pada posisi semula saat dilepaskan, dipastikan titik keseimbangan antar ban tidak center.
  3. Stir bergetar pada kecepatan tinggi sebagai salah satu gejala mobil harus segera di spooring
  4. Ketika mobil sedang diparkir di permukaan yang rata, salah satu rodanya ada yang terlihat keluar.
  5. Saat menginjak rem pada kecepatan yang tinggi, mobil terasa kehilangan kendali lari ke kanan maupun ke kiri.

Tidak Perlu ke Bengkel, Spooring Ban Mobil Bisa Dilakukan di Rumah

Jika kalian malas pergi ke bengkel, spooring juga bisa dilakukan di rumah. Secara manual, spooring ban mobil bisa menggunakan benang dan meteran. Berikut caranya.

Baca juga: Suka Pegal Saat Mengemudi? Berikut Posisi Duduk yang Ideal

Gunakan Benang Layangan atau Benang Kasur

Spooring ban mobil menggunakan benang

Pertama kali sebelum menggunakan benang untuk melakukan spooring secara manual, kalian harus memarkirkan mobil pada permukaan yang rata. Sebelum menyetel menggunakan benang, pastikan juga posisi lingkar kemudi dalam keadaan lurus atau sejajar.

Kemudian lingkarkan benang dari roda belakang ke arah roda depan, lalu kembali ke roda belakang yang sama pada sisi lainnya. Caranya, ikatkan ujung benang pada per, chassis, atau komponen lain di bagian dalam belakang roda.

Jika melihat salah satu roda bagian depan terdapat cela, atur panjang tie rod hingga menghasilkan setelan yang sesuai. Cara menyetelnya, kalian tidak perlu mendongkrak ban mobil. Karena dengan mendongkrak salah satu bagian roda, justru tidak dapat mewakili kondisi realnya nanti.

Dalam langkah penyetelan, kalian harus menyiapkan kunci pass, kunci pass ring dan kunci pipa. Mengenai kunci pass dan kunci pass ring, kalian harus menyiapkan empat ukuran, yakni 13, 14, 17 dan 19. Selanjutnya, mur baut yang kami lingkari dengan warna hijau ini dikendorkan menggunakan kunci 17 atau 19.

Untuk menyetelnya, putar batang tie road atau dengan nama lain rack end yang kami lingkari dengan warna merah menggunakan kunci 13 atau 14. Apabila tidak ada kunci yang dimaksud, bisa menggunakan kunci pipa.

Putar batang tie rod dengan kunci, dan pastikan sisi roda depan dan belakang sudah menyentuh benang secara pas, tidak renggang, maupun terlalu menekan sisi roda depan. Jika setelan tie rod dinilai pas, langkah selanjutnya kencangkan kembali baut pada tie rod yang dilingkari warna hijau menggunakan kunci 17 atau 19.

Cara Lain dengan Menggunakan Meteran

Spooring ban mobil menggunakan meteran

Tidak hanya menggunakan benang, proses spooring ban mobil juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan meteran. Pertama-tama jalankan mobil secara lurus sepanjang kurang lebih 3 meter dan kemudian tarik rem tangan dalam posisi stir yang lurus.

Langkah berikutnya, ukur jarak antara kedua roda depan dan lakukan pengukuran pada sisi depan dan belakang roda menggunakan meteran. Roda yang membutuhkan spooring biasanya memiliki ukuran jarak berbeda pada sisi depan dan belakang.

Untuk mendapatinya agar kembali normal, gunakan cara yang sama dalam mengendurkan dan mengencangkan mur baut serta penyetelan tie rod seperti cara spooring manual menggunakan benang. Sebagai catatan, penyetelannya jangan sampai melebihi batas antara 1-5 mm.

Baca juga: Suka Tekor? Ini Cara Mudah Bikin Aki Mobil Tetap Awet!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Harga Honda CR-V Gen 6 Makin Mahal, Mazda CX-5 2023 Jadi Alternatif Cerdas

Honda CR-V generasi keenam telah resmi diperkenalkan pada publik tanah Air di ajang GIIAS 2023 lalu. CR-V hadir dalam varian 1.5 turbo dan 2.0 Hybrid, dan harganya kini semakin meroket. Bayangkan saja, untuk CR-V 1.5 Turbo diniagakan Rp739,9 juta OTR Jakarta. Dengan harga segitu mahal, kalian bisa membeli Mazda CX-5 tipe AWD yang dijual seharga Rp705.000.000. CX-5 AWD merupakan tipe teratas, dan punya fitur tak kalah mentereng. Tentunya, Mazda juga terkenal memiliki built quality jempolan, terma

Takut Kena Tilang? Ini Daftar Lokasi dan Harga Uji Emisi di Jakarta

Tak sedikit pemilik kendaraan bermotor harus mengalami nasib nahas, karena terjaring razia uji emisi kendaraan yang mulai digelar 1 September 2023. Masalahnya, jika sebuah mobil tidak lulus uji emisi akan terkena sanksi tilang dengan denda Rp250.000 hingga Rp500.000 sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Baca juga: Biar Gak Kena Tilang Rp500 Ribu, Cek Lokasi Razia dan Batas Uji Emisi Kendaraan di Jakarta Landasan hukumnya mengacu pada pada Pasal 2

Harga di Atas Rp1 Miliar, Cicilan Toyota RAV4 GR Sport PHEV Setiap Bulannya Setara Honda Vario

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengumumkan harga jual Toyota RAV4 (Spesifikasi | Berita) GR Sport PHEV di GIIAS 2023 kemarin setelah sebelumnya diperkenalkan di ajang GAIKINDO Jakarta Auto Week (GJAW) pada Maret lalu. Sebagai Premium SUV dengan mengusung teknologi elektrifikasi yang efisien sekaligus dan ramah lingkungan, RAV4 GR Sport PHEV hadir dalam satu varian yang dibandrol Rp1.150.000.000 OTR Jakarta. Membawa DNA sporty Gazoo Racing (GR) yang dikombinasikan teknologi elektrifikasi Plug-in Hyb

Hati-hati Ada Operasi Zebra 2023 Sampai 17 September, Jangan Lupa Bawa SIM dan Pakai Seat Belt

Operasi Zebra 2023 mulai digelar hari ini (04/09/2023) selama 14 hari hingga 17 September 2023 diseluruh wilayah operasional Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri). Namun dalam Operasi Zebra 2023 kali ini, para personil yang bertugas tidak akan melakukan tilang manual, melainkan menindak menggunakan tilang elektronik. Baca juga: Takut Kena Tilang? Ini Daftar Lokasi dan Harga Uji Emisi di Jakarta Satu wilayah yang juga ikut melakukan Operasi Zebra adalah Satlantas Polre

Pengamat Nilai Razia Uji Emisi Kendaraan Tidak Efektif, Polusi Udara Bukan Hanya dari Mobil atau Motor

Razia uji emisi kendaraan bermotor kini tengah digalakkan kepolisian lalu lintas untuk kendaraan apapun yang masuk Jakarta per 1 September 2023. Hal ini dilakukan guna meminimalisir efek gas rumah kaca di Ibu kota Jakarta dan kualitas udara yang semakin buruk, khususnya dihasilkan dari mesin kendaraan bermotor. Hanya saja, menurut Pemerhati Transportasi dan Hukum, Budiyanto, pemeriksaan dan pemberian sanksi kepada kendaraan bermotor emisi gas buang melebihi batas toleransi, tidak akan efektif un

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil