Mobil FWD Susah Nanjak Kata Siapa? Coba Perhatikan 5 Hal Ini

Mobil dengan sistem FWD alias Front Wheel Drive (penggerak roda depan) sering diasumsikan sebagai mobil yang tak kuat menghadapi jalan tanjakan. Celakanya, sebagian besar kontur jalan di Indonesia adalah pegunungan atau perbukitan yang profilnya tanjakan serta turunan tajam. Lalu apakah itu berarti mobil-mobil FWD tidak laku di negara ini? Tidak juga.

Lihat saja bagaimana mobil-mobil kategori LCGC begitu laris di Tanah Air. Padahal semua mobil LCGC seperti Daihatsu Sigra atau Toyota Calya menggunakan penggerak roda depan. Kemudian segmen LMPV pun kini dipenuhi mobil FWD seperti All New Avanza, All New Xenia, dan New Mitsubishi Xpander.

Avanaza pun kini beralih ke FWD

Lantas apakah mobil-mobil FWD susah nanjak? Ya belum tentu. Secara logika, setiap pabrikan pasti sudah mendesain kendaraannya untuk mampu menghadapi berbagai kondisi jalan. Bahkan sebelum diproduksi massal, serangkaian pengujian pun dilakukan secara internal. Maka tidak mungkin sebuah mobil tak mampu menanjak hanya karena sistem penggerak roda yang ada di kendaraan tersebut.

Nah berikut ini kami akan berikan 5 hal yang patut diketahui demi mematahkan mitos mobil FWD susah nanjak.

Baca juga : Toyota Pastikan Avanza dan Veloz 2022 Pakai FWD Tetap Kuat Seperti RWD

1. Pahami Karakter Mobil FWD Sebelum Berkendara

Mobil FWD maka tenaga disalurkan ke poros roda depan

Mengemudikan sebuah kendaraan sebaiknya kita memahami karakter dari kendaraan itu sendiri. Demikian pesan Jusri Pulubuhu, Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC). Dengan pemahaman ini, kata dia, maka pengemudi akan mengatahui kelemahan dan kelebihan kendaraan yang sedang dikemudikannya.

Misalnya ketika akan menghadapi jalanan tanjakan, maka pengemudi harus memahami momentum terbaik untuk mencapai torsi maksimum dari kendaraan tersebut. Sehingga nantinya mobil bisa tetap melaju dengan mulus menghadapi tanjakan tanpa kehilangan tenaga.

2. Ambil Ancang-ancang dari Jauh

Jaga rpm mobil tetap stabil sejak dari bawah

Trik berikutnya untuk mobil FWD menghadapi tanjakan adalah dengan mengambil ancang-ancang dari bawah. Anda bisa menempatkan putaran mesin pada posisi torsi tertinggi sejak mobil masih ada di bawah atau sebelum menanjak.

Tidak perlu injak gas pol yang pada akhirnya malah akan membuat roda depan spin ketika mobil mulai memasuki tanjakan. Namun pastikan gas selalu stabil, tidak kurang, pasang posisi gigi rendah di 2 atau bahkan 1, serta posisikan ke L untuk mobil transmisi matic, sampai kendaran tersebut benar-benar melewati medan menanjak. Kondisi ini akan sangat berguna untuk mobil-mobil FWD ber-cc mesin kecil seperti LCGC.

Baca juga : Kebiasaan Buruk yang Bisa Jadi Penyebab Ban Mobil Pecah, Kurang Angin Salah Satunya

3. Perhatikan Traksi Ban Depan

Pastikan tapak ban masih memiliki grip sempurna

Karena mobil FWD bertumpu pada roda dpean, maka Anda wajib memperhatikan kondisi ban depan. Pastikan ban masih memiliki tapak yang cukup baik untuk mencengkram aspal secara maksimal. Jika tapak ban depan sudah mulai gundul atau aus, maka ini bisa berpotensi menimbulkan slip.

Selain itu karakteristik mobil FWD adaah menyalurkan tenaga mesin langsung ke poros roda depan. Ketika mobil ini menghadapi jalanan menanjak distribusi bobot berpindah ke belakang. Pada kondisi tersebut, mobil dengan sistem gerak roda depan, ban bagian depan malah jadi sangat ringan.

Inilah yang membuat traksi roda juga jadi tidak optimal. Untuk mengurangi bobot berlebih di bagian belakang, pada keadaan darurat penumpang sebaiknya turun terlebih dulu sampai mobil bisa kembali menanjak hingga ke tujuan.

4. Perhatikan Lintasan yang akan Dilalui

Ada alasan mengapa bus atau truk sering melebar ketika menanjak

Hal yang perlu diperhatikan pula adalah lintasan atau median jalan yang hendak dilalui. Pastikan apakah jalan tersebut tidak licin akibat hujan, ada tumpahan oli, atau hamparan pasir yang bisa membuat ban kehilangan traksi.

Kemudian untuk menghindari risiko ban depan tak mencengkram aspal dengan baik, maka sebaiknya pilih median jalan bagian luar. Karena bagian ini umumnya lebih landai dibanding mendian jalan bagian dalam. Teknik ini oleh para sopir bus atau truk sering disebut "main lebar", yaitu ambil tikungan yang lebih lebar supaya jalan yang dihadapi tidak terlalu curam.

5. Pastikan Kondisi Mesin dan Gearbox Mobil Sehat

Pada dasarnya semua jenis mobil bisa melewati tanjakan

Terakhir untuk bisa sukses mobil FWD menghadapi tanjakan adalah periksa kondisi kesehatan kendaraan tersebut. Sebesar apapun tenaga mesin mobil ini, dan meski ia berpenggerak roda belakang atau AWD sekalipun, tapi kalau mesinnya bermasalah maka akan tetap alami masalah di perjalanan.

Karenanya perhatikan kondisi pelumas mesin, air radiator dan sistem pendinginan mesin, kondisi kopling, sistem kaki-kaki, sampai pemakaian bahan bakar yang berkualitas.

Kalau sudah memahami hal-hal tadi, percaya deh, mobil FWD susah nanjak itu cuma mitos.

Baca juga : Mengagumkan, Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dekati LCGC

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Terios

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil