Lebih Dekat dengan Hino RG, Bus Paling Disegani di Pantura pada Masanya Karena Larinya

Bus Gunung Harta ditopang dengan sasis Hino RG (Foto: Yohan Setiawan)

Dalam dunia perbisan, nama besar Hino memang tidak asing di mata Perusahaan Otobus (PO) Tanah Air. Tak sedikit PO di Indonesia baik AKAP maupun pariwisata yang tidak fanatik terhadap satu merek menggunakan produknya tersebut.

Salah satu lini produk yang paling banyak digemari di era 90-an hingga 2000-an adalah Hino RG. Bukan cuma terkesan nyaman berkat per daun yang dibuat memanjang, kendaraan besar lagi lebar dengan ban double dibelakangnya tersebut juga banyak disegani oleh beberapa driver bus lawas di sepanjang jalur pantura pada masanya.

Sejarah Hino RG di Indonesia

Hino RG Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 (Foto: Dimas Seto Otes)

Ditopang menggunakan sasis dengan aplikasi straight frame atau rangka kanal C datar dari axle depan hingga rear end, Hino RG pertama kali diluncurkan pada tahun 1994. Pada generasi pertamanya, bus ini mendapatkan kode RG2H yang merupakan versi trial.

Bicara jantung pacunya, generasi pertama RG disematkan mesin berkodekan H07C-T kepemilikan kakaknya, yakni Hino RK2H atau yang biasa disebut RK Turbo. Meski sama, Hino memberikan improvement dengan menambahkan Intercooler guna mendongkrak tenaga yang lebih besar.

Terbukti mesin berkapasitas 6.728 cc yang digunakan mendapat tambahan tenaga 15 PS menjadi 225 PS dengan torsi puncak mencapai 637 Nm.

Untuk membuatnya berjalan, RG2H dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan yang dilengkapi gigi overdrive, dengan rasio gardan 4.800. Kecepatan puncaknya, dari beberapa sumber menyebutkan bahwa generasi pertama RG ini mampu meleseat hingga 126 km/jam. 

Sebagai informasi, RG2H diproduksi hanya satu tahun (1995). Generasi pertamanya ini hanya disediakan dalam satu varian wheelbase dengan panjang 6,1 meter serta overhang depan dan belakang lebih panjang dari rival sejawatnya, yakni Mercedes-Benz OH 1521 Intercooler.

Baca juga: Mengenal Bus Mercedes-Benz OH 1521, Si Setir Tampah, Torsi Melimpah

Bus Kramat Jati menggunakan sasis Hino RG yang dibungkus body garapan Adi Putro model Old Setra (Foto: Hiyus Kudungga)

Menelusuri lebih jauh, pada tahun 1996 Hino meluncurkan generasi kedua RG. Menggunakan kode RG1J series, Hino RG dibekali dengan mesin baru berkodekan J08C-Ti (Turbo, Intercooler). Tak hanya mesin baru, bus ini turut mendapatkan teknologi anyar pada jantung pacunya yang pada awalnya hanya dipersiapkan untuk truk Cruising Ranger.

Dapur pacu J08C-Ti berkapasitas 7.961 cc berdiameter 114.0 mm x langkah 130.0 mm dengan mekanisme katup OHC 4 klep tiap silindernya (2 masuk, 2 keluar) tersebut merupakan turunan dari mesin J21-Heritage dengan perbandingan kompresi 18.0:1.

Mengenai tenaga yang dihasilkan, mesin tersebut mampu melucutkan tenaga sebesar 240 PS dan torsi puncak sebesar 706 Nm. Kemudian tenaga dari mesin diatur menggunakan transmisi baru berkodekan MS06F manual 6-percepatan dengan final gear 1 : 4.300.

Oh iya, generasi kedua Hino RG ini ditawarkan dengan dua jenis sasis, yakni pendek (RG1JN) dan panjang (RG1JS). Kategori short wheelbase menurut data tercatat hanya 5.300 mm. Sedangkan long wheelbasenya berada di angka 6.100 mm dengan total panjang sasis 11.840 mm.

Sebagai informasi tambahan, masa produksi generasi kedua Hino RG ini terbilang cukup panjang. Tercatat varian ini baru berhenti diproduksi pada tahun 2007 sebelum digantingan sang adik, RK8 R260.

Cara Mudah Mencirikan Bus Hino RG

Eksterior

Bus Pahala Kencana dengan sasis Hino RG menggunakan body Old Travego Adi Putro (Foto: Tambang Raras)

Mengetahui bus Hino RG dari tampilan luar terbilang cukup mudah. Dari luar, ciri-ciri nya bus ini terlihat sangat panjang. Selain itu, kalian bisa melihat dari lingkar rodanya dimana lubangnya terlihat kecil.

Untuk AS roda depan Hino RG ini juga terbilang pendek. Dengan begitu kalian akan mudah untuk mengenalinya. Tercatat panjangnya hanya 1.920 mm, sedangkan sang kakak RK8 mempunyai panjang 2.040 mm. Jadi kalau dilihat dari luar ban Hino RG ini sedikit masuk ke dalam.

Cara mudah lainnya untuk mengetahui bahwa itu adalah Hino RG, bisa mendengar suara mesinnya. Dimana suara mesin Hino RG lebih garing dan kasar dibandingkan RK8.

Interior

Tampilan kokpit Hino RG (Foto: Zulfikar Lover'z Mercedes Scania)

Dari bagian dalam, mengetahui bahwa itu adalah Hino RG, kalian bisa lihat dari lingkar kemudinya. Dimana setirnya tersebut berpalang dua dengan tombol klakson model kotak seperti kepunyaan AK8.

Selain itu, kalian juga bisa lihat dari rem parkirnya. Untuk sistem pengeremannya, Hino RG masih memakai Air Over Hydraulic system dengan drum brake di seluruh roda, beda dengan Hino RK8 yang menggunakan Full Air dengan sirkuit ganda.

Dimana rem parkirnya Hino RG menggunakan tuas dengan seling baja yang cara penggunaannya ditarik seperti mobil kecil pada umumnya. Berbeda dengan Hino RK8 yang sudah menggunakan tekanan udara, yang mana tuasnya diletakan di ujung dashboard sebelah kanan.

Baca juga: Tenaga Lebih Besar, Apa Keunggulan Lain Bus Volvo B11R Dibanding Scania K410IB?

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Calya

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Suzuki ERTIGA GX 1.4

Rp 164,00 Juta
Rp 3,34 Juta/bln

17.724 km

5,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

12.488 km

3,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil