Sejarah Suzuki XL7, Dulunya Sahabat SPBU Kini Musuhan

Nama Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) dalam meramaikan pasar otomotif Tanah Air sebenarnya sudah ada sejak 20 tahun yang lalu. Saat itu XL-7 masuk dalam keluarga Grand Escudo yang merupakan SUV berjenis mid-size.

Diposisikan di atas Grand Vitara, XL-7 merupakan kendaraan keluarga yang secara konfigurasi sanggup memuat 7 orang sekaligus. Keberadaan mobil ini saat itu bukan cuma digunakan sebagai kendaraan sipil, namun juga banyak pejabat tinggi kepolisian yang memakainya untuk mobil dinas.

Awal Kemunculan Suzuki XL7 Gunakan Mesin V6 2.500 Cc

Suzuki XL-7 (foto: Ardy Kurniawan)

Penamaan XL7 diambil dari Extra Large 7 seater. Generasi pertamanya, XL-7 dibangun berdasarkan Grand Escudo. Sebagai ciri khas, mobil ini memiliki wheelbase lebih panjang dibanding Grand Escudo biasa.

Diluncurkan pertama kali pada medio 2003 melalui perhelatan Gaikindo Auto Expo ke-12, XL-7 merupakan sebuah SUV kelas menengah yang dihadirkan secara khusus guna menjawab permintaan mobil keluarga yang nyaman dan tangguh ketika digunakan di medan berkontur.

Dari segi performa, XL-7 dibekali mesin 2.5L 6 silinder V6 DOHC yang dapat meletupkan tenaga 158 PS di 6.500 rpm serta torsi 213 Nm pada 3.500 rpm. Untuk transmisinya menggunakan manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan yang diteruskan ke penggerak roda belakang.

Memiliki mesin yang besar, konsumsi BBM dari beberapa sumber menyebutkan bahwa pemakaian dalam kotanya dapat menempuh jarak 5-8 km/liter, dan 7-10 km/liter ketika digunakan berpergian ke luar kota. Penggunaan bahan bakar yang cenderung boros tersebut membuat XL-7 memiliki julukan sahabat pom bensin.

Sebagai salah satu pionir SUV 7 orang di Indonesia, penjualan mobil ini saat itu terjual kira-kira 3.000-an unit. Bersamaan dengan Grand Escudo, nama XL-7 hilang dari peredaran. 

Sekedar informasi, di bagian dalam mobil ini dibalut menggunakan bahan kulit premium dan empuk pada joknya. Untuk memberikan kenyamanan lebih terhadap penggunanya, mobil ini sudah dilengkapi AC double blower yang dapat memberikan udara sejuk hingga baris paling belakang.

Dari segi keselamatan berkendara mobil ini telah menganut sistem pengereman ABS serta dual airbags di area kokpit.

Baca juga: Hasil Tes Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid Full-To-Full, Apakah Bisa Irit Banget?

Suzuki XL7 Berbasiskan Ertiga Meluncur Pada Februari 2020

Suzuki XL7

Setelah lama menghilang, nama XL7 kembali hadir di Tanah Air pada 15 Februari 2020. Bukan sebagai SUV mide-size, mobil ini menempati segmen Low SUV yang berhadapan secara langsung dengan Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

Oh iya, XL7 mempunyai nama lain XL6 untuk pasar India yang mana jok pada baris keduanya sudah menggunakan model captain seat.

Dibangun berdasarkan Ertiga, mobil ini menggunakan platfrom Heartect yang mana memiliki struktur berbeda dengan sasis pda umumnya. Jika pada sasis biasa dibagi menjadi enam bagian dengan strength steel pada sisi depannya, platform ini hanya terbagi jadi tiga bagian.

Heartect menggunakan bahan high strength steel yang selain kokoh dapat memperingan beban mencapai 30 kilogram.

Kembali ke XL7, mobil ini saat pertama kali diluncurkan 3 tahun yang lalu dibandrol mulai dari Rp230 juta hingga Rp267 juta. Untuk varian yang ditawarkan mulai dari Zeta, Beta dan Alpha, masing-masing hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan torque converter.

Mengenai jantung pacunya mobil ini dibenamkan mesin yang sama persis digunakan oleh Ertiga, yakni K15B Multipoint Injection. Di atas kertas mesin berkapasitas 1.462 cc 4-silinder segaris tersebut mampu memuntahkan tenaga 104,7 PS di 6.000 rpm serta torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dengan konsumsi BBM 16-18 km/liter.

Tidak seperti XL-7 yang meluncur pada 2003, mobil ini mengandalakan penggerak roda depan untuk membuatnya berjalan.

Sekedar informasi, untuk fitur yang ada pada varian flagshipnya berhasil mendapatkan AC digital Auto Climate with Heater, Smart E-Mirror, Engine Start/Stop Button, Smart Keyless Push Start-Stop Button, AC digital +auto climate with heater, Ventilated AC with Cup Holder, Stunning Audio 8 inci, 2 tweeter, Stunning MID Display, Steering Wheel with Bluetooth Phone Connection, 3 buah power outlet dan 2 buah sandaran tangan di baris pertama dan kedua.

Selain itu juga terdapat Bold LED rear lamp with light guides, rear upper spoiler, rear window demister serta door visor. Mengenai keselamatan berkendara telah didukung dengan Hill Hold Control (HHC), dual airbag, EBD, ABS, Electronic Stability Programe (ESP), dan terakhir sensor mundur.

Baca juga: First Drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta, Teknologi SHVS Terbukti Bikin Tarikan Lebih Responsif!

XL7 Hybrid Hadir dengan Membawa Teknologi SHVS

Suzuki XL7 Hybrid

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan XL7 Hybrid pada 15 Juni 2023 dengan membawa sejumlah pembaruan secara minor baik disisi eksterior maupun interior. Tak hanya itu, mobil ini juga mendapatkan update di sektor teknologi dan fitur.

Dari segi teknologi, mobil ini memperoleh Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) sama seperti Ertiga Hybrid maupun Grand Vitara. SHVS sendiri dapat mengurangi emisi gas buang sekaligus menekan penggunaan bahan bakar. Untuk konsumsi bahan bakar mobil ini diklaim bisa lebih hemat 10-20% dari model sebelumnya.  

Bagi kalian yang belum tahu, SHVS pada mobil ini mengandalkan 2 komponen utama sebagai pendamping mesin pembakaran internal, yaitu ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12V dengan kuat arus 10Ah. 

Mengenai fitur yang berubah, XL7 Hybrid kini dilengkapi Smart E-Mirror dengan touchscreen yang terasa begitu ergonomis.

Pada varian manual, XL7 Hybrid dibekali Gear Shift Indicator (GSI) guna mengetahui angka transmisi yag sedang digunakan. Hadir di varian Beta dan Alpha, XL7 Hybrid telah dilengkapi cruise control, ABS, EBD, Hill Hold Control (A/T only), dual airbag, Electronic Stability Programe (ESP), sensor mundur, keyless entry, immobiliser dan security alarm. 

Untuk mesin mobil ini masih menggunakan mesin K15B seperti model sebelumnya dengan perolehan tenaga dan torsi yang sama. Mengenai harga, saat diluncurkan XL7 Hybrid varian Beta MT dibandrol Rp283,9 juta, Beta AT Rp294,9 juta, Alpha MT Rp293,9 juta dan Alpha AT Rp304,9 juta.

Baca juga: First Impression Suzuki XL7 Hybrid, Lebih Baik dari Xpander Cross?

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 249,00 Juta
Rp 5,07 Juta/bln

9.027 km

1,5 tahun

Banten

Lihat Rincian

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

4.575 km

0,5 tahun

Jakarta

Lihat Rincian

2020 Toyota RUSH S TRD SPORTIVO 1.5

Rp 227,00 Juta
Rp 4,63 Juta/bln

17.174 km

3 tahun

Java East

Lihat Rincian

2021 Toyota RUSH S TRD 1.5

Rp 233,00 Juta
Rp 4,75 Juta/bln

16.256 km

2,5 tahun

Banten

Lihat Rincian
Lihat Lebih

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Berita Terbaru

Brand Mobil China GWM Tunjuk Konsorsium Inchcape dan Indomobil Sebagai Distributor di Indonesia

Niatan pabrikan otomotif asal China Great Wall Motor Company Limited (GWM) menancapkan kuku bisnisnya di Indonesia ditandai dengan ditunjuknya Inchcape Plc sebagai distributor resmi. Hal ini menegaskan kabar bila mobil China GWM bakal masuk ke Tanah Air. Seperti diketahui Inchcape merupakan bagian dari perusahaan patungan (joint-venture) dan PT Indomobil Sukses Internasional tbk, dimana masing-masing perusahaan memiliki saham 70 dan 30 persen. Dalam keterangan tertulisnya, dengan kerja sama Inch

Suzuki Jimny 5 Pintu Sangat Potensial untuk Market Indonesia, Calon Bahan Gorengan?

Maruti Suzuki India meluncurkan Suzuki Jimny (Spesifikasi | Berita) 5 pintu pada awal Juni 2023. Sebagai basis pambuatan Jimny untuk pasar Asia, Maruti Suzuki memiliki kapasitas produksi untuk Jimny 5 pintu mencapai 20 juta unit per tahun. Dari total produksi, sebanyak 66 persen akan dialokasikan untuk penjualan di dalam negeri sementara sisanya akan ditujukan untuk pasar ekspor. Menjadi bagian dari DNA seperti versi 3 pintu, Jimny 5 pintu mempunyai kemampuan untuk menghadapi medan berat. Bahkan

Korlantas Kesal Pengguna Plat Nomor RF Kerap Arogan di Jalan

Kepolisian RI akan benar-benar menghentikan penggunaan plat nomor RF dan sejenisnya, kemudian menggantikannya dengan kode huruf Z. Rencananya, plat nomor rf dihapus kemudian diganti penerbitan plat nomor khusus dan juga plat rahasia terbaru ini akan dilakukan mulai November 2023. Nah, dengan adanya penggantian ini, Kepala Korps Lalu Lontas Polisi (Korlantas) Polri Irjen Firman Santyabudi turut membeberkan alasannya dihadapan para anggota dewan di Senayan. Baca juga: Mobil Polisi dan TNI Bakal Ad

Datang ke DPR, Korlantas Sebut Masih Butuh Banyak Kamera ETLE

Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Indonesia diketahui masih membutuhkan ribuan kamera Electronic Traffic Law Enforcement atau ETLE untuk menunjang tugas demi penegakan hukum dalam berlalu lintas. Bahkan Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi, mengatakan ratusan kamera ETLE yang dimiliki dan terpasang baik model statis, weight in motion, mobile handheld dan mobil on board dirasa masih kurang. Baca juga: Mobil Polisi dan TNI Bakal Ada yang Pakai Plat Nomor Rahasia, yang Tahu Hanya Kamera ETL

5 Kekurangan Toyota Yaris Cross yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli

Kekurangan Toyota Yaris Cross adalah hal yang juga patut Anda ketahui terutama saat hendak membeli mobil ini. Seperti kita ketahui, Yaris Cross merupakan pendatang baru di segmen SUV crossover yang kini dijejali banyak kompetitor. Harus melawan Honda HR-V dan Hyundai Creta yang lebih dulu eksis, Yaris Cross juga berhadapan dengan brand Tiongkok seperti Wuling Almaz dan Chery Omoda 5. Tapi tentu saja Toyota punya senjata ampuh untuk melawan rival-rivalnya itu. Mulai dari penggunaan platform terba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat