First Drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta, Teknologi SHVS Terbukti Bikin Tarikan Lebih Responsif!

Setelah sukses diluncurkan pada 15 Juni 2023, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak rekan media untuk mencoba secara langsung berkendara menggunakan Suzuki XL7 (Spesifikasi | Berita) Hybrid dalam kegiatan energetic adventure – media test drive di Yogyakarta 3-5 Juli 2023.

Pada dasarnya Low SUV ramah lingkungan ini sama seperti model sebelumnya yang meluncur pada tahun 2020. Hanya saja XL7 kini telah disematkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Seperti yang juga terdapat pada Ertiga dan Grand Vitara, cara kerja SHVS mengurangi emisi gas buang yang sekaligus menekan penggunaan bahan bakar dengan memanfaatkan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion battery berdaya 12v.

Bukan hanya itu, teknologi SHVS juga memanfaatkan peran Engine Auto Start-Stop yang dapat menghentikan pergerakan mesin secara sesaat ketika mobil dalam kondisi diam maupun macet.

Pada kegiatan media drive XL7 Hybrid kali ini diikuti lebih dari 20 awak media dengan total 8 mobil, yang mana setiap mobilnya berisi 3 orang. Setibanya di kota Pelajar, rombongan diajak menuju diler Suzuki Laksda Sumber Aneka Mobil Yogyakarta yang mana sekaligus menjadi titik awal perjalanan.

Di hari pertama rombongan diajak untuk menulusuri sejumlah ruas dalam kota menuju Rajaklana Resto, Seleman. Selanjutnya Jogja Archery School, kemudian Watu Tapak Camp Hill, Omah Eyang Resto dan terakhir The Alana Malioboro Yogyakarta Hotel.

Seperti yang diketahui kondisi medan di Yogyakarta sangatlah beragam. Mulai dari kemacetan di sejumlah ruas, jalan yang rata hingga berkontur, kemudian menanjak dan menurun. Kondisi seperti ini sangat cocok untuk mengetahui bagaimana impresi berkendara menggunakan New XL7 Hybrid.

Baca juga: First Impression Suzuki XL7 Hybrid, Lebih Baik dari Xpander Cross?

Engine Auto Start-Stop Suzuki XL7 Hybrid Berkerja Secara Baik Dalam Kondisi Diam

Fitur Engine Auto Start-Stop aktif dalam kondisi mobil diam

Salah satu fitur yang menurut kami sangat berperan penting pada mobil ini yaitu Engine Auto Start-Stop. Dalam kondisi diam di lampu merah saat fitur ini diaktifkan, yang kami rasakan secara otomatis mesin berhenti berkerja.

Meski begitu semua sistem kelistrikan tetap berjalan secara normal mulai dari AC, audio dan lampu dalam beberapa menit. Ketika kami melepas pedal rem, secara otomatis mesin kembali menyala sacara halus guna melanjutkan perjalanan.

Smart E-Mirror dan Cruise Control Bikin Perjalanan Tambah Nyaman

Smart E-Mirror Suzuki XL7 Hybrid

Sebagai fitur terbaru, Suzuki XL7 Hybrid dibekali dengan Smart E-Mirror yang pengaturannya bisa dilakukan hanya cukup menyentuhkan jari pada layar. Selain itu juga terdapat cruise control yang dapat menjalankan mobil tanpa harus menginjak pedal gas.

Untuk Smart E-Mirror dengan touchscreen menurut kami visiblitas yang ditawarkan sangat baik ketika menampilkan kondisi depan dan belakang, baik siang mapun malam.

Mengenai fitur cruise control, fitur ini baru bisa diaktifkan ketika mobil dipacu di atas 45 km/jam. Untuk menambahkan atau menurunkan percepatan terasa ergonomis, hanya dengan menekan tombol di sebelah kanan dengan cara menekan atas maupun bawah.

Baca juga: Cicilan Kredit Suzuki XL7 Hybrid untuk Wilayah Yogyakarta dan Sekitarnya, Mulai Rp5,7 Jutaan!

SHVS Suzuki XL7 Hybrid Membuat Putaran Mesin Terasa Lebih Enteng Sekaligus Responsif

Suzuki XL7 Hybrid energetic adventure – media test drive di Yogyakarta 3-5 Juli 2023

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, Suzuki XL7 Hybrid dibekali dengan SHVS. Teknologi ini ditunjang oleh dua komponen utama yaitu ISG serta Lithium-ion battery 12v dengan kuat arus 10Ah.

Sekedar informasi, baterai yang digunakan pada XL7 Hybrid memiliki kuat arus lebih besar 4ah dibandingkan Ertiga Hybrid. Selain dapat menghemat pemakaian bahan bakar, kehadiran SHVS dapat mengurangi emisi gas buang.

Oh iya, SHVS sekaligus berfungsi untuk memberikan Acceleration Assist kepada mesin, serta melakukan Regenerative Braking. Bicara Regenerative Braking, teknologi ini bertugas menyuplai kebutuhan listrik ke baterai yang akan dipakai untuk menghidupkan beragam komponen elektrikal pada mobil.

Ketika fitur ini aktif, secara otomatis mobil akan memperlambat laju mobil. Untuk regenartifnya sendiri yang kami rasakan terasa cukup smooth.

Mengenai Acceleration Assist, yang kami rasakan fitur ini berkerja ketika putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. Saat Acceleration Assist aktif, puataran mesin terasa lebih enteng karena ISG membantu memperingan kerja putaran mesin supaya mobil dapat bergerak secara lebih cepat.

Untuk Acceleration Assist seringkali aktif secara otomatis saat XL7 Hybrid kami gunakan untuk menanjak di wilayah Seleman, Yogyakarta. Dalam kondisi jalan menanjak dan menurun dengan tingkatan cukup curam, fitur ini membantu memperingan putaran mesin sehingga mesin tidak kedodoran.  

Namun yang kami rasakan Acceleration Assist akan berkerja ketika indikator kapasitas pada baterai pada layar MID di atas dua bar.

Cukup Nyaman Ketika Melewati Jalan Makadam

Tes drive Suzuki XL7 Hybrid menuju Watu Tapak Camp Hill

Sama seperti model sebelumnya, Suzuki XL7 Hybrid menggunakan suspensi berjensikan MacPherson Strut With Coil Spring di bagian depan dan Torsion Beam With Coil Spring pada roda belakangnya.

Dari segi bantingan yang kami rasakan terbilang moderat namun cenderung lebih ke arah nyaman ketika melewati jalan berkontur tak mulus di daerah Sleman.

Kesimpulan  

Mencoba secara langsung berkendara menggunakan Suzuki XL7 Hybrid melalui kegiatan energetic adventure – media test drive di Yogyakarta, menurut kami teknologi SHVS nya sangat membantu saat dalam kondisi macet ramainya kota di weekdays.

Yang mana secara otomatis mematikan mesin guna menghemat bahan bakar dan kembali hidup ketika mengangkat pijakan kaki dari pedal rem. Selain itu, SHVS juga memperingan kerja putaran mesin melalui fitur Acceleration Assist, serta memberikan pasokan listrik kepada baterai melalui Regenerative Braking.

Lainnya, fitur Smart E-Mirror dengan touchscreen menurut kami terasa mudah ketika melakukan pengaturan serta memberikan pandangan mengemudi yang lebih jelas khusunya saat berkendara di malam hari.  

Baca juga: Belum Genap Satu Bulan Meluncur, Suzuki XL7 Hybrid Sukses Pikat Warga Yogyakarta

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Lanjut membaca

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Suzuki XL7

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE GR 1.0

Rp 234,00 Juta
Rp 4,77 Juta/bln

16.422 km

2 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2022 Toyota RAIZE GR SPORT TSS 1.0

Rp 249,00 Juta
Rp 5,07 Juta/bln

9.027 km

1,5 tahun

Banten

Beli Sekarang

2022 Toyota RUSH S GR SPORT 1.5

Rp 253,00 Juta
Rp 5,15 Juta/bln

4.575 km

0,5 tahun

Jakarta

Beli Sekarang

2020 Toyota RUSH S TRD SPORTIVO 1.5

Rp 227,00 Juta
Rp 4,63 Juta/bln

17.174 km

3 tahun

Java East

Beli Sekarang

2021 Toyota RUSH S TRD 1.5

Rp 233,00 Juta
Rp 4,75 Juta/bln

16.256 km

2,5 tahun

Banten

Beli Sekarang
Lihat Lebih

Related Videos

Suzuki XL7 Pesaing Xpander Cross yang Sekarang Jadi Hybrid!

Is the SUZUKI XL7 just a muscular ERTIGA? Full REVIEW and DRIVE IMPRESSIONS!!

Berita Terbaru

Honda City Facelift 2023 Dapatkan Update, Kini Pakai Mesin Hybrid dan VTEC Turbo

Honda City facelift 2023 kini semakin menarik karena tak hanya mengalami ubahan pada eksterior dan interior, tapi juga menawarkan dua pilihan mesin, yaitu full hybrid dan VTEC Turbo. Hanya saja, ubahan Honda City terbaru ini memang baru dilakukan di negara tetangga Thailand, akan tetapi, bukan tak mungkin sedan entry level ini bisa hadir di Indonesia. Baca juga: Wujud Honda City 2023 Facelift Bocor, Bakalan Tampil Lebih Sporty Di Thailand Honda City terbaru ini hadir dalam pemilihan V, SV dan RS

Komparasi BMW Seri 3 E36 vs E46, Mana Sedan Eropa yang Cocok Untuk Pemula?

Di kalangan anak muda, sedan BMW lebih mnemberi passion dan daya pikat yang lebih kuat di segmen mobil Eropa lawas. Tak heran, karena BMW sejak lama terkenal dengan sensasi berkendara fun to drive. Bagi kalian yang mulai tertarik main sedan Eropa, mungkin bingung dengan pilihan antara BMW E36 atau E46. Sebagai informasi, baik E36 maupun E46 merupakan model Seri 3 namun beda generasi. E36 merupakan generasi ketiga sedangkan E46 jadi generasi keempat Seri 3. Dari segi pasaran harga bekas pun cende

Susul XL7 Hybrid, Suzuki Bakal Tambah Kapasitas Baterai Suzuki Ertiga Hybrid Terbaru

Suzuki Ertiga (Spesifikasi | Berita) Hybrid menggunakan batrai jenis Lithium-ion berkapasitas 12v dengan 6ah sebagai tempat penyimpanan daya listrik untuk menggerakan sistem Integrated Starter Generator (ISG). Ukurannya tersebut lebih kecil 4ah dibandingkan dengan baterai yang ada di XL7 Hybrid. Dikatakan Joshi Prasetya, selaku General Manager Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales, antara XL7 Hybrid dengan Ertiga Hybrid memiliki perbedaan selain kapasitas baterai, yakni settin

Mercedes-Benz GLC Generasi Terbaru Kini Rakitan Wanaherang, Intip Kelebihannya

Mercedes-Benz GLC generasi terbaru akhirnya resmi dirakit secara lokal di pabrik Mercedes-Benz, Wanaherang, Bogor. Peresmian rakitan unit pertama ini digelar PT Mercedes-Benz Indonesia (PT MBIna) dan PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (PT MBDIna) dilakukan dalam acara Roll-Off The new GLC yang dihadiri manajemen dan karyawan. Baca juga: Mercedes-Benz EQE yang Kecelakaan di Tol JORR Dipastikan Bukan Akibat Masalah Pada Mobil Menurut President Director PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia,

7 Hal Menarik Nikuba, Alat Pengubah Air Jadi Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Nama Aryanto Misel kini tengah jadi pusat perhatian dunia setelah pria berusia 67 tahun tersebut berhasil menciptakan bahan bakar Nikuba. Ya, Nikuba dianggap sebagai solusi pengganti bahan bakar minyak yang saat ini jumlahnya semakin menipis. Melansir situs TNI AD, bahan bakar Nikuba dapat mengkonversi air melalui sistem pemisahan hidrogen pada kandungan air yang telah dielektrolisis menjadi hidrogen yang digunakan sebagai bahan bakar. Baca juga: Gak Lagi Minum Solar, Truk Isuzu Siap Geser ke Me

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    XL7 vs Rush
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    XL7 vs Raize
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    XL7 vs Almaz
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Terios
    Rp 214,45 Juta
    XL7 vs Terios
  • Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    VS
    Daihatsu Rocky
    Rp 214,20 Juta
    XL7 vs Rocky
Suzuki XL7
Lihat