Review Truk Mitsubishi FUSO eCanter, Bergerak Senyap Tanpa Aroma Tak Sedap

  • FUSO eCanter akan mulai digunakan di Pulau Bali bulan Agustus 2022 ini
  • Dimensi eCanter serupa dengan FUSO Canter FE74HDSm tapi anti ODOL
  • Pengendaraan eCanter sangat senyap, dengan jarak tempuh 100 km dan daya angkut hingga 4 ton 

Dalam gelaran peresmian dimulainya EV Smart Mobility - Joint Project di Bali pada akhir Juli lalu, kelima pabrikan Jepang yang turut serta dalam project ini memamerkan masing-masing produk elektrifikasinya. Salah satu produk terbaru yang turut serta dalam proyek ini adalah Mitsubishi FUSO eCanter yang pada kesempatan itu dapat dirasakan performanya.

FUSO eCanter yang diuji di Bali ini adalah generasi terbaru yang juga baru saja diperkenalkan oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) di Indonesia dan langsung akan diuji coba di Pulau Dewata Bali. Dalam keterangan resminya, KTB menyebut uji coba ini sebagai bentuk dukungan yang lebih besar dalam proses transisi menuju pengurangan emisi dalam industri transportasi Tanah Air, sejalan dengan target pemerintah Indonesia untuk mencapai karbon netral.

Rencananya, eCanter ini akan digunakan untuk mendistribusikan bahan baku ke pabrik dan mendukung berbagai aktivitas pengiriman dengan rute di sekitar Denpasar, Bali. Bagi KTB dan MFTBC (Mitsubishi FUSO Truck and Bus Corporation) uji coba ini juga sebagai usaha untuk mengumpulkan data dan masukan mengenai kebutuhan pelanggan dan tantangannya dalam tahap eksplorasi ini.

Dalam rangkaian EV Smart Mobility - Joint Project ini, kami juga sempat merasakan langsung bagaimana pengendaraan FUSO eCanter usai dipamerkan di Nusa Dua, Bali. Bagaimana kesan yang diberikan truk listrik ini?

Baca juga: 5 Pabrikan Jepang Sediakan 15 Unit Mobil Listrik, Bangun Ekosistem Ramah Lingkungan Di Bali

Dimensi Serupa FUSO Canter FE74HDS

Sosok FUSO eCanter jelas menunjukkan kemiripan dengan sosok Canter yang menjadi basisnya. Lampu kotak besar di bagian depan menjadi ciri khas salah satu truk paling laris di Indonesia ini. Bedanya pada eCanter ada sebuah aksen perisai berwarna hitam yang memanjang nyaris sepanjang fascia depan eCanter.

Dari sisi dimensi, eCanter memiliki kesamaan dengan FUSO Canter FE74HDS yang dijual di Indonesia. FUSO eCanter memiliki dimensi panjang total 5.940 mm, lebar 1.990 mm, dengan wheelbase sepanjang 3.400 mm. Sementara Canter FE74HDS memiliki dimensi panjang total 5.960, lebar 1.970 mm dan wheelbase 3.350 mm. Dari data spesifikasi juga disebutkan bahwa bobot kotor kendaraan (GVW) maksimal eCanter mencapai 7.490 kg, sementara Canter biasa mencapai 8.250 kg.

Baca juga: Mitsubishi Fuso Canter Spek Euro 4, Diyakini Bisa Asapi Hino Dutro dan Isuzu NLR

Spesifikasi FUSO eCanter

Di balik kabin dan boks besarnya, FUSO eCanter mengusung motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor BorgWarner yang mampu menghasilkan tenaga puncak hingga 135 kW atau 180 HP dan torsi puncak hingga 390 Nm yang disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 1-speed (Gear Reduction).

Untuk mensuplai daya, FUSO eCanter mengusung enam paket baterai lithium-ion yang masing-masing berkapasitas 13,8 kWh, sehingga total kapasitas baterainya mencapai 82,8 kWh. Hal ini memungkinkan FUSO eCanter dapat menempuh jarak total hingga 100 km dengan asumsi muatan (payload) yang terisi 75% atau sekitar 3 hingga 4 ton. 

Untuk pengisian baterainya, dengan sumber listrik AC dan pengisian normal dapat dilakukan selama 6 - 8 jam. Sementara dengan pengisian cepat DC, hingga 80% kapasitas baterai dapat dilakukan selama 1,5 jam.

Baca juga: Truk Listrik Fuso eCanter Segera Meluncur di Indonesia, Trayek Jakarta-Purwakarta Gak Perlu Ngecas Baterai

Kesan Berkendara bersama FUSO eCanter

Saat mencoba berkendara di dalamnya, kesan pertama adalah keheningan kabin eCanter yang benar-benar tak menggambarkan sebuah truk komersial. Di dalam kabin, dashboard dan panel-panel tampil sederhana, dengan panel instrumen yang hanya menampilkan kecepatan, kondisi baterai, dan petunjuk output tenaga. Ada juga MID yang menunjukkan sisa jarak yang dapat ditempuh, kecepatan rata-rata dan juga tripmeter.

Kabinnya mampu memuat 3 orang dengan saat leluasa, karena kabinnya yang bisa dibilang lebar. Pandangan ke depan relatif tinggi dan luas. Tuas transmisi menempel di dashboard yang membuat ruang kaki juga lapang. Pada bagian konsol tengah terdapat head unit dengan layar sentuh, dan tombol putar AC.

Sepanjang perjalanan tak ada suara yang masuk ke dalam kabin selain suara lalu-lintas sekitar yang bisa dibilang sangat minim. Saat berakselerasi pun tak ada suara raungan yang mengganggu sama sekali, apalagi aroma khas mesin diesel, semua sirna. Akselerasi yang dirasakan sangat spontan khas sebuah kendaraan listrik, meski hal berbeda mungkin akan didapatkan dalam kondisi beban terisi. Pada tabel spesifikasi yang kami dapatkan, disebutkan bahwa kecepatan maksimal truk ini dapat mencapai 80 km/jam.

Layaknya teknologi yang diusungnya, FUSO eCanter juga mendapatkan fitur-fitur modern yang menjadi kelengkapan standarnya, terutama terkait fitur keselamatan. Sistem pengeremannya sudah menggunakan ABS dan EBD, juga dilengkapi dengan ESP untuk membantu pengendaliannya. Masih ada juga Advanced Emergency Braking System (AEBS) dan Lane Departure Warning (LDWS) yang lebih menjamin pengemudi selama mengendarai eCanter.

Saat ini 350 FUSO eCanter disebutkan telah digunakan ke pelanggan di Jepang, Eropa, Australia, dan Selandia Baru. Secara kolektif, seluruh eCanter telah menempuh jarak lebih dari 4,5 juta km di seluruh dunia. Bayangkan seluruh dunia dengan truk listrik, tak hanya suasana yang lebih tenang, tanpa asap, tanpa polusi, tanpa aroma tak sedap.

Baca juga: Mitsubishi FUSO Canter FE 74 Vs Toyota Dyna 136HT Siapa Unggul dengan Standar Euro 4?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, a...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2022 Toyota AVANZA G 1.5

Rp 219,00 Juta
Rp 4,46 Juta/bln

7.835 km

1,5 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli

2020 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 214,00 Juta
Rp 4,36 Juta/bln

15.086 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota AVANZA VELOZ 1.5

Rp 222,00 Juta
Rp 4,52 Juta/bln

17.091 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 205,00 Juta
Rp 4,18 Juta/bln

19.465 km

2,5 tahun

Banten

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Harga L300 pick up 2020 wilayah kalsel

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    L300 vs Hilux
  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Daihatsu Gran Max PU
    Rp 143,05 Juta
    L300 vs Gran Max PU
  • Mitsubishi L300
    Rp 213,65 Juta
    VS
    Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    L300 vs Traga
Mitsubishi L300
Lihat