Mana Lebih Pakem Antara Rem Cakram dan Tromol di Mobil?

Rem jadi peranti penting di mobil untuk mengurangi laju kendaraan. Ada dua jenis rem yang umum digunakan di mobil untuk saat ini, antara lain rem tromol dan rem cakram mobil. Lantas, manakah yang lebih pakem dari kedua jenis rem tersebut?

Honda Brio 2021 Masih Pakai Rem Tromol di Roda Belakang, Sudah Ketinggalan Zaman?

Sejauh ini rem cakram dinilai lebih pakem ketimbang rem tromol, sehingga seringkali digunakan pada mobil sport arau performa tinggi. Namun demikian rem tromol masih tetap diandalkan, khususnya di kendaraan berat semisal truk atau bus.

Rem Cakram di Mobil, Bisa Melepas Panas Lebih Baik

Rem cakram memiliki sangat banyak keuntungan dibandingkan dengan rem tromol. Mengapa demikian, ini karena rem cakram daya untuk melepas panas sangat cepat sekali. Selain itu untuk komponen yang digunakan juga sedikit dibandingkan dengan rem tromol.

Piringan rotor atau cakram yang bentuknya pipih dan terbuka membuatnya lebih mudah terkena angin. Ini membuat logam bisa melepas panas hasil gesekan kampas lebih baik.

Lebih lanjut, rem cakram bekerja dengan menjepit sebuah piringan atau rotor oleh kampas rem. Sistem jepit ini daya cengkramnya sangat baik akibatnya rem ini sangat pakem sekali. Meskipun melewati jalan yang berair, sistem rem akan cepat kering sehingga dapat berfungsi dengan baik. 

Penampakan rem cakram yang terbuka membuat rem jenis ini mudah melepas panas. Alhasil kinerja rem cakram lebih stabil walau digunakan secara ekstrem.

Cara kerja rem cakram ini memanfaatkan seal dan piston untuk menekan kampas rem saat pedal rem diinjak. Ketika pedal rem diinjak, maka master rem bakal mendorong minyak rem supaya mengalir ke piston. Saat rem selesai bekerja, maka seal kaliper akan mengembalikan posisi piston ke posisi awal ketika tidak menekan kampas rem.

Apabila seal sudah berubah daya elassitasnya, maka akan membuat rem tersebut menjadi lambat bergerak dan akhirnya rem tidak normal. Biasanya kampas rem hanya habis pada salah satu sisi ketika rem di injak.

Kekurangan rem cakram antara lain adalah seringkali kaliper pada rem ini dipenuhi kotoran yang kemudian dapat mengeras. Ini membuat cakramnya dapat tergores. Hal ini karena rem menganut sistem terbuka pada kendaraan. 

Rem Tromol Mobil, Sulit Melepas Panas dan Lama Kering Bila Lewat Genangan

Rem tromol memiliki komponen utama silinder roda, kampas rem, dan tromol rem. Tromol adalah komponen yang menyerupai dua mangkuk yang menutup. Tampilannya sekilas mirip drum, sehinga disebut juga drum brake.

Rem tromol bekerja atas dasar gesekan antara kampas rem dan tromol (drum) yang ikut berputar dengan roda kendaraan, sehingga mampu menghentikan laju kendaraan. 

Dalam proses tersebut kampas akan terungkit oleh tuas hingga melebar untuk menghasilkan gaya gesek. Nah, gaya gesek inilah proses pengurangan laju kendaraan. Rancangan seperti ini juga mempunyai kekurangan, diantaranya daya pengeremannya hanya 70%. 

Rancangan rem tromol karena model ungkit, mampu menahan beban yang cukup besar. Tidak heran, kendaraan seperti bus dan truk masih mengandalkan rem ini.

Rem tromol juga memiliki ruang yang jauh lebih bersih karena komponennya yang tertutup. Namun sulit untuk mendapatkan sirkulasi udara membuat kampas rem jadi kurang pakem saat panas. 

Hal lain yang membuat rem tromol kini mulai ditinggalkan ialah karena rem tromol jika melewat jalan berair maka rem akan basah. Proses keringnya jadi cukup lama karena sisa air yang mengendap di dalam tromol tidak lekas keluar. Akibatnya pengereman akan terganggu dan membuat rem menjadi tidak pakem. 

Untuk roda belakang, paling riskan soal kotoran ini karena ada akumulasi cipratan dari roda depan juga. Dengan bentuk rem tromol yang tertutup maka lumpur atau kotoran tidak gampang masuk sehingga kemampuan pengeremannya tetap terjaga. Jika menggunakan rem ini, akan terlihat lebih bersih dan tidak perlu berlebihan merawatnya.

Kesimpulan

Membandingkan antara rem tromol dan cakram, mana yang lebih pakem? Jawabannya tergantung kebutuhan dan jenis kendaraan itu. Performa rem cakram memang tidak selalu superior dibandingkan rem tromol. 

Itulah mengapa pada beberapa mobil jenis MPV menggabungkan antara rem cakram di roda depan dengan rem tromol di roda belakang. Alasannya, roda belakang membawa beban lebih besar sedangkan untuk memaksimalkan pengereman maka roda depan memakai cakram.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Nissan Livina

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2019 Daihatsu TERIOS X 1.5

Rp 195,00 Juta
Rp 3,97 Juta/bln

19.652 km

4,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2017 Toyota AGYA G 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Suzuki ERTIGA GL 1.5

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

5.727 km

1,5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 189,00 Juta
Rp 3,85 Juta/bln

18.587 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Hyundai Stargazer X Penantang Xpander Cross Dipastikan Meluncur di GIIAS 2023

Hyundai akan terus melakukan inovasi di pasar otomotif nasional, termasuk mempersiapkan produk baru berupa Hyundai Stargazer X. Kemunculan Stargazer X ini disebutkan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha, di Jakarta, Senin (17/7/2023). Baca juga: Senggol Xpander Cross, Hyundai Stargazer X 2023 Bakal Hadir Pakai Rem Cakram di Semua Roda Menurut Woojune Cha, Stargazer X bakal diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang dimu

Hyundai Stargazer Essential Resmi Diluncurkan dengan Harga Menarik, Ini yang Berubah

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan Hyundai Stargazer Essential yang menjadi varian baru dari Stargazer, Senin (17/7/2023). Kehadiran Hyundai Stargazer Essential ini ternyata menggantikan tipe Trend. Alhasil, varian Stargazer saat ini untuk urutan termurah sampai termahal adalah Active, Essential, Style dan Prime. Baca juga: Hyundai Stargazer Essential Segera Diluncurkan, Fiturnya Lebih Lengkap Menurut President Director PT Hyundai Motors Indonesia, Woojune Cham kehadiran Stargazer E

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil