Review Hyundai Santa Fe 2020: Nyaman, Irit, dan Lega untuk Keluarga

Butuh SUV berukuran medium yang pas untuk membawa keluarga di jalanan perkotaan namun tangguh di medan kasar? SUV Hyundai Santa Fe 2020 bisa menjadi pilihan. Kelebihan Santa Fe terlihat dari kenyamanan serta teknologi premium yang ditawarkan.

Harga

Model Harga
Hyundai Santa Fe XG Gasoline Rp547.000.000
Hyundai Santa Fe XG CRDi Rp594.000.000
Hyundai Santa Fe Grand CRDi Rp643.000.000

Spesifikasi

Mesin
Model Bensin Diesel
Tipe Mesin Theta II 2.4 MPI Dual CVVT 2.2T CRDi e VGT
Kapasitas Silinder 2,359 cc 2.199 cc
Tenaga Maksimal 172 PS/ 6.000 rpm 193 PS/3.600 rpm
Torsi Maksimal 225 Nm/ 4.000 rpm 443 Nm/1.750-2.750 rpm
Transmisi 6-percepatan otomatis 8-percepatan otomatis
Sistem Penggerak Front-wheel drive
Dimensi
P x L x T 4.770 x 1.890 x 1.680 mm
Wheelbase 2.765 mm
Ground Clearance 185 mm
Kaki-Kaki dan Suspensi
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-link
Rem Depan Ventilated Disc
Rem Belakang Disc
Ukuran Ban 235/60/R18 (GLS) dan 235/55 R19 (XG)
Velg 18 inci (GLS) dan 19 inci (XG)

Sejarah

Hyundai Santa Fe merupakan SUV asal Korea Selatan yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2000. Menjadi tonggak penting dalam program restrukturasi Hyundai di akhir 1990-an, nama mobil ini diambil dari kota Santa Fe yang terletak di New Meksiko.

Santa Fe langsung menjadi best seller Hyundai, termasuk di Negara Paman Sam yang meningkatkan nama brand Hyundai. Generasi pertama langsung dipasarkan di Indonesia pada tahun 2002. Dengan berbagai Hyundai Santa Fe bekas bisa ditemukan dengan mudah di pasar otootif Tanah Air.

Generasi kedua Hyundai Santa Fe diperkenalkan pada tahun 2006. Selain karena desainnya yang menawan, Santa Fe diganjar sebagai salah satu mobil yang patut dipilih dari Consumer Reports akibat uji tabrak yang mengesankan bagi pengemudi dan penumpang.

Enam tahun setelahnya, Santa Fe generasi ketiga tersedia dalam dua versi, versi standar dan edisi wheelbase yang lebih panjang. Menggunakan bahasa desain Fluidic Sculpture 2.0, desain luarnya dibuat lebih modern dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan edisi Hyundai Santa Fe iterasi keempat baru diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2018 lalu. Baru pada awal 2019 lalu PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI) membawa pembaharuan Santa Fe dengan perubahan pada desain yang lebih stylish.

Sayangnya popularitas Hyundai Santa Fe di Indonesia tak setenar di Amerika. Apalagi nama Hyundai yang tak begitu kuat. Tapi hal tersebut tak mempengaruhi kenyamanan berkendara di dalam mobil ini. Ingin tahu lebih detailnya? Simak review Hyundai Santa Fe 2020 di bawah ini.

Eksterior

Identitas desain Hyundai langsung terasa ketika melihat tampilan luar mobil ini. Mulai dari grille bertingkat, profil samping yang kokoh dan berotot, kelengkungan roda dipadukan bumper belakang yang tinggi dirancang stabil untuk menciptakan rasa SUV yang progresif.

Fascia depan terasa agresif dari grille cascading dengan ukuran yang cukup besar. Kedua varian mendapatkan komposisi lampu DRL berteknologi LED yang menyipit bersama lampu depan proyektor LED yang berada satu kolom dengan lampu sein.

Perpaduan aksen silver juga bisa ditemukan pada under guard yang menegaskan kesan SUV mobil ini. Lampu kabut terpasang pada bagian bawah bumper untuk membantu pengemudi Hyundai Santa Fe berkendara di semua kondisi jalan atau di jalanan berkabut.

Desainnya minimalis hingga bagian samping dengan lekukan yang tak terlalu tajam. Bisa dibilang sensual, atap dengan roof rail membuat tampilan SUV lebih kentara. Ada pula list chrome yang mengelilingi jendela samping.

Ada dua ban yang digunakan. Ban berukuran 235/60/R18 digunakan pada varian GLS, sedangkan varian XG menggunakan ban berukuran 235/55 R19. Door garnish berwarna silver terasa menawan, disandingkan dengan ground clearance 185 mm yang menjanjikan.

Dengan harga yang ditawarkan, kelengkapan fitur Hyundai Santa Fe di dalam kabin cukup memuashkan. Apalagi lampu belakang belakang sudah mendapatkan fitur 3D-Type LED yang membuat desain belakangnya terasa lebih stylish. Meski Santa Fe varian entry level belum mendapatkan shark fin antenna.

Bumper molding ditawarkan dalam warna gelap yang kontras dengan bodi. Lampu sein serta lampu mundur terletak pada bagian bumper. Ketangguhannya di jalanan yang tak rata dipertegas dengan rear under guard pada bumper belakang. 

Interior

Hyundai mengklaim kenyamanan di dalam mobil diperuntukkan bagi momen penting keluarga. Dengan ruang kabin yang lapang, membuat Santa Fe mampu menampung hingga satu keluarga besar dengan teknologinya yang mengesankan.

Kelegaan di dalam kabin Hyundai Santa Fe langsung terasa bagi pengemudi depan maupun penumpang di dua baris belakang. Kemewahannya terlihat dari warna dual-tone serta aksen chrome yang menghiasi dashboard, head unit, konsol tengah, dan setir.

Dashboard menawarkan tampilan dual tone dengan perpaduan warna cokelat muda dan cokelat tua dilapisi material soft touch yang membuatnya terasa premium. Head unit dilengkapi dengan layar sentuh 9 inci serta kenop putar untuk memudahkan pengemudi mengakses berbagai teknologi mobil.

Mulai dari pemutar audio melalui USB, Aux, serta Bluetooth, fitur Santa Fe lainnya termasuk konektivitas Apple CarPlay dalam sistem interface yang cukup user-friendly. Ada berbagai fitur yang bisa diakses, seperti Spotify maupun Maps. Sayang belum ada Android Auto.

Hyundai Santa Fe memiliki pengaturan AC digital, tapi masih menggunakan kenop putar. Beberapa tombol konvensional masih terasa. Membedakannya dengan SUV baru Indonesia yang sebagian besar sudah beralih pada sistem digital.

Pada konsol tengah terdapat transmisi otomatis yang digunakan pada ketiga varian kendaraan. Di sampingnya terdapat dua cupholder demi kepraktisan di dalam kabin. Tak ketinggalan armrest yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi selama perjalanan jauh.

Setir multi fungsi dengan aksen chrome menawarkan kemudahan melalui akses pengaturan dengan cruise control serta telepon hands free sudah dengan teknologi tilt dan teleskopik. Di depan setir, terhadap head up display yang memberikan informasi secara real time pada kaca depan.

Kursi berlapis kulit kembali dengan tampilan dua warna menemani penghuni kabin sepanjang perjalanan. Pengaturan elektris Hyundai Santa Fe pun memudahkan pengemudi mendapatkan posisi berkendara yang diinginkan. Walaupun masih berupa pengaturan empat arah.

Penghuni baris kedua mendapatkan ruang kepala dan ruang kaki yang lega. Bangku baris kedua dengan sandaran yang bisa direbahkan menerima AC belakang. Bahkang penumpang di baris ketiga tak ketinggalan mendapatkan pengaturan ventilasi AC.

Tersebar di dalam kabin ada delapan cup holder. Meski Hyundai belum mengungkapkan catatan resmi kapasitas bagasi Hyundai Santa Fe, bangku baris ketiga bisa ditidurkan rata lantai. Butuh ruang tambahan? Bangku baris kedua ternyata bisa rebahkan guna memperluas kapasitas penyimpanan.

Fitur Keselamatan Aktif

Teknologi di dalam mobil bukan hanya sistem hiburan. Tapi fitur keselamatan aktif yang diberikan Hyundai Santa Fe turut menemani dan mencegah pengemudi mengalami cedera yang parah ketika terjadi kecelakaan. Apalagi dengan sistem SRS Dual Air Bag pada bagian depan.

Fitur keselamatan canggih lainnya yang tersedia termasuk sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Brake Assistant System (BAS), dan dilengkapi dengan Electronic Brake Distribution (EBD). Fitur lainnya termasuk Sensor Parkir Belakang guna memberikan keselamatan ketika berkendara.

Santa Fe tak hanya enak dibawa di jalanan perkotaan, tapi juga tangguh ketika diajak di jalanan bergelombang. Pengendaraannya dibantu dengan sistem Downhill Brake Control (DBC) dan Hill-Start Assist Control (HAC) ketika berkendara di jalanan yang terjal.

Mesin

Sejak pertama kali masuk ke Indonesia, Hyundai Santa Fe bekas dikenal memiliki pengendaraan yang bertenaga dengan mesin diesel yang digunakan. Tapi Hyundai turut menambahkan varian bermesin bensin, seperti yang masih tersedia sebagai pilihan Santa Fe terbaru saat ini.

Hyundai Santa Fe bermesin bensin menggunakan mesin Theta II 2.4L dengan teknologi Dual Continuous ariable Valve Timing yang mampu menghasilkan tenaga 172 PS dan torsi puncak 225 Nm. Disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi otomatis 6-percepatan.

Sedang mesin diesel mendapatkan tenaga yang lebih besar, yaitu 193 PS dan torsi puncak 443 Nm menggunakan mesin 2.2T CRDi e-VGT (Variable Geometry Turbocharger). Tenaga yang lebih besar juga dilengkapi transmisi otomatis 8-percepatan shiftronic yang lebih mulus.

Performa dan Handling

Performa yang ditawarkan pada mobil ini terletak pada kegunaan dua mesin yang ditawarkan pada varian Hyundai Santa Fe di Indonesia. Baik mesin bensin maupun mesin diesel mampu menghadirkan pengendaraan yang agresif dan bertenaga di jalanan perkotaan maupun di luar kota.

Meskipun bodinya yang bongsor, namun Santa Fe cukup menyenangkan ketika dibawa. Apalagi dengan teknologi Electronic Stability Control yang membuat mobil ini cukup baik ketika menghadapi tikungan atau jalanan yang basah setelah hujan.

Hyundai juga menghadirkan pengalaman berkendara sesuai dengan keinginan pengemudi. Ada empat pilihan mode berkendara yang bisa didapatkan. Mulai dari pengaturan ECO untuk meningkatkan efisiensi mesin, Sport yang lebih kencang, Comfort dalam perjalanan yang santai, dan mode berkendara Smart.

Hanya saja Hyundai Santa Fe yang bisa mengelak dari body roll yang sering menghalangi pengemudi mendapatkan performa terbaik selama berkendara. Bodinya yang besar masih menjadi halangan dan membuat mobil ini cukup menantang untuk dikendalikan.

Konsumsi BBM

Banyak yang menyangka bodinya yang besar membuat Santa Fe memiliki konsumsi bbm yang boros. Tapi kedua mesin yang digunakan, mesin bensin dan diesel, cukup baik dalam mengoptimalkan penggunaan tenaga pada mesin.

Mesin Santa Fe diesel teknologi CRDi e-VGT atau Variable Geometry Turbocharger yang menghasilkan tenaga lebih besar, namun tetap dengan bahan bakar yang irit. Apalagi ditambah dengan transmisi otomatis 8-percepatan yang meningkatkan efisiensi mesin.

Hyundai Santa Fe mampu menghadikan konsumsi bbm yang baik, meski berbadan besar. Bahkan dalam pengetesan yang dilakukan media, konsumsi bbm Hyundai Santa Fe di dalam kota mencapai 14-15 km/L, dan tercatat 18-19 km/L pada saat dibawa di jalanan yang lebih stabil.

Video

SUV medium ini memberikan berbagai kemudahan hingga desain baru yang diperkenalkan PT HMI. Simak video Hyundai Santa Fe yang diunggah pada laman YouTube Hyundai Indonesia di bawah ini.

Kesimpulan

Untuk sekelas mobil keluarga, Santa Fe merupakan bagian dari medium SUV yang menawarkan desain yang agresif milik Hyundai beserta kelegaan kabin yang cukup untuk menampung hingga tujuh orang dengan nyaman.

Hanya saja nama besar dan harga jual Hyundai Santa Fe bekas masih menjadi kelemahan tersendiri bagi pemilik mobil ini. Namun, hal tersebut tak mengurangi kenyamanan dan kelengkapan sistem yang diberikan pada mobil ini.

Fitur yang ditawarkan tak kalah dengan pesaingnya semisal Mazda CX-5 maupun Nissan X-Trail. Harga Hyundai Santa Fe memang cukup tinggi, tapi kenyamanan berkendara dari mobil ini merupakan daya tarik tersendiri bagi konsumen Hyundai di Tanah Air.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif....

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Santa Fe

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Review Lengkap Hyundai Santa Fe 2021 Bensin, Lebih Nyaman dari Varian Diesel? | Test Drive

2021 Hyundai Santa Fe Detailed Look: Serious SUV Makeover

Hyundai HYBRID Santafe SUV 2021! NEW LOOK!

Berita Terbaru

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Bukan LMPV, Ini Mobil-mobil Honda Terlaris di Indonesia

Penjualan mobil Honda mengalami peningkatan secara nasional hingga 26 persen di semester pertama tahun 2023. Menurut catatan, penjualan retail (dealer ke konsumen) Honda sejak Januari sampai Juni 2023 tercatat 67.797 unit, sedangkan di periode yang sama tahun lalu hanya terjual 53.910 unit. Sales & Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan, alasan peningkatan penjualan Honda di semester pertama tak lepas dari penyegaran produk-produk Honda yang diterima ba

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Santa Fe
Lihat