First Drive Hyundai Santa Fe Bensin, SUV Mewah yang Bikin Ganteng ala Oppa Korea!

Pekan lalu redaksi Autofun Indonesia berkesempatan mengikuti undangan test drive resmi New Hyundai Santa Fe dari Hyundai Motor Indonesia. Test drive ini menempuh jarak 129 kilometer dari kawasan Jl. Rasuna Said hingga kawasan Puncak, Bogor. 

Mengapa bisa jauh? Karena oleh panitia diberikan jalur memutar terlebih dahulu di Tangerang dan Bintaro untuk merasakan berbagai kondisi jalan, tidak cuma jalan tol saja. Dengan jauhnya jarak tersebut, saya pun bisa mengeksplorasi berbagai kelebihan SUV yang diimpor langsung dari Korea Selatan ini.

Kesan pertama yang didapat ketika masuk ke kabin ialah suatu interior yang kalem, mewah dan nyaman. Pada unit yang saya dapat yaitu 2.5 liter bensin Signature memiliki kombinasi interior berwarna camel brown yang cozy. Kesan lega dan luas langsung terasa baik di kursi depan maupun tengah.

Baca juga:

Deretan Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021, Kekuatan Mesin Dieselnya Langkahi Pajero Sport

Harga Hyundai Santa Fe 2021 Mulai Rp569 Juta, Siap Lengserkan Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport? 

Siap Tantang Honda CR-V, Ini Keunggulan Hyundai Santa Fe 2021 yang Akan Meluncur di Indoensia

Inovasi yang dilakukan oleh Hyundai patut diacungi jempol, karena bisa merancang sebuah SUV keluarga dengan kemewahan ala Eropa dengan harga terjangkau sesuai daya beli masyarakat Asia. Ini karena kiblat pengembangan mobil Hyundai berkaca pada selera masyarakat Eropa dan Amerika Serikat sebagai pangsa pasar utama.

Lantas apa istimewanya SUV dengan harga Rp678 juta ini? Ayo kita ulas lebih mendalam di bawah ini.

Performa Mesin Hyundai Santa Fe Bensin Halus Bertenaga, Khas SUV Perkotaan

Karena saya mendapat unit bermesin bensin, maka performa yang dihasilkan ini tidak seagresif mesin diesel. Walaupun demikian, mesin bensin 2.5 liter ini sudah lebih dari cukup bila untuk aktivitas berkendara dalam maupun luar kota.

Terdapat beberapa mode berkendara yang ada di Hyundai Santa Fe G Signature ini antara lain Eco, Smart, Normal dan Sport. Kami menyebut mobil ini ramah bagi pengguna pemula karena pada mode Sport tarikannya tidak menghentak, tapi halus bertenaga.

Nah, bila ingin santai bisa memilih mode Smart karena sistem komputer akan mempelajari habbit kita saat berkendara dan mengikuti kemauan kita walaupun tidak seagresif sport. Nah untuk mode Eco ini sesuai namanya yaitu Economy, supaya bahan bakarnya irit.

Namun jangan banyak berharap dari mode Eco ini menghasilkan kenikmatan berkendara, karena mobil berubah jadi lemot dan telat merespon. Jadi, mode Smart atau Normal cukup untuk berkendara santai.

Lantas bagaimana dengan mode Sport? Kami merasakan bila mode ini menghasilkan performa yang bertenaga, namun tidak liar. Mobil ini terasa 'padat' bila dibandingkan mobil Jepang sehingga membuat pengemudi merasa percaya diri. 

Santa Fe Lebih Lincah, Honda CR-V Lebih Bertenaga

Kami merasakan kalau Santa Fe lebih responsif daripada Honda CR-V. Padahal dari sisi tenaga, Honda CR-V lebih baik daripada rivalnya asal negeri ginseng ini. 

Santa Fe dibekali mesin baru bensin 2.500 cc MPi dengan transmisi otomatis 6 percepatan menghasilkan tenaga 180 PS atau setara 177,5 TK dan torsi 232 Nm.

Sementara itu CR-V mengandalkan mesin 1.5L Turbo berkonfigurasi 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection berkubikasi 1.498 cc. Mesin ini dapat merilis tenaga 190PS @5.600 Rpm serta torsi 240Nm @2.000 - 5.000 Rpm.

Untuk karakter berkendara, CR-V cukup menghentak dan agresif. Bila mengandalkan feeling, maka CR-V akselerasi setelah 100 km/jam tidak secepat Santa Fe yang cukup mudah menembus angka 140 km/jam di tol. 

Nah kelemahan dari performa mesin Santa Fe ialah saat menghadapi tanjakan panjang yang agak terjal. Kita harus menginjak pedal gas cukup dalam hingga mesin meraung supaya bisa melewatinya. Sementara untuk CR-V 1.5 Turbo Prestige pre facelift, kami rasa lebih responsif ketika melewati tanjakan panjang sejenis di kawasan Ciwidey, Bandung. 

Handling Lincah dan Mantap, Tidak Seperti Bawa Mobil Bongsor 

Dengan harga yang hampir Rp700 juta, tentu sepadan dengan kenyamanan yang ditawarkan saat berkendara. Mulai dari perpindahan transmisi efortless banget memakai tombol, sampai dukungan fitur canggih yang membuatnya seperti mobil semi otonom. 

Adapun fitur keselamatan yang juga dimiliki oleh New Santa Fe tipe Signature yaitu Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA). Lane Keeping Assist (LKA) membantu mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Di mana apabila kendaraan mulai keluar dari jalur marka jalan yang dilalui, sistem akan memberikan peringatan secara visual dan juga audio, dan apabila diperlukan akan memberikan intervensi terhadap kemudi agar mobil tetap berada di jalur marka jalan. 

Sedangkan pada Lane Following Assist (LFA), sistem ini dapat membantu mengendalikan kemudi Santa Fe secara otomatis agar tetap berada di jalur marka jalan yang dilalui. Kami pun mencoba seberapa hebat fitur ini dalam situasi real time berkendara di jalan tol.

Selama sensor membaca garis marka, maka mobil tetap dalam garis koridornya seperti kereta api dalam rel. Saya sengaja melepas tangan ketika jalan berbelok, untuk mengetahui seberapa jauh intervensi fitur keselamatan aktif ini bekerja.

Hasilnya melebihi ekspektasi, karena mobil tidak zigzag namun bisa berbelok mulus mengikuti kontur tikungan panjang jalan tol dengan berpedoman pada marka. Fitur ini patut mendapat apresiasi karena membuat berkendara jadi semakin mudah.

Karakter setirnya khas Hyundai, tidak banyak berubah dari era Avega. Setirnya berat tapi tidak kaku sehingga pengendalian tetap optimal dan ada feedback cukup ke pengemudi. 

Sudut beloknya pun kecil walaupun ini pakai penggerak roda depan. Kita pun bisa berbelok patah cukup mudah apabila ruangnya cukup lega.

Kenyamanan di Interior Hyundai Santa Fe Signature, Mewah Ala Eropa

Soal kenyamanan di interior Santa Fe Signature memang jempolan, terutama di kursi depan yang sudah didukung electric seat. Aksen jok warna camel brown atau coklat muda membuatnya serasa di sofa rumah.

Bantingan suspensinya cukup empuk namun memang tidak seempuk Honda CR-V atau Peugeot 5008. Karakter suspensinya mirip Mazda CX-5, dan masih cukup nyaman. Mungkin ini menyesuaikan jenis mobilnya yang merupakan SUV 7-seater.

Apabila diisi penuh penumpang mungkin saja bantingannya jadi lebih empuk. Oh ya, karakter suspensi Santa Fe ini membuatnya tidak limbung walaupun dipacu kecepatan tinggi di jalan tol. Jadi, pengendalian bisa tetap mantap!

Soal kualitas head unit dan suara dari speakernya juga oke. Suaranya jernih dengan bass bulat tapi tidak menghentak hebat. Seperti kalau kita pakai pengaturan equaliser mode jazz gitu.

Hanya satu catatan kami yaitu garnish di interiornya kurang menunjukkan sisi premium, malah cenderung sporty. Aksen seperti guratan serat karbon ini sebenarnya bagus namun akan lebih menarik lagi kalau pakai aksen wood panel. Walaupun dengan ebony wood, masih bisa matching dengan interiornya yang berkelir coklat.

Kesimpulan

Dengan harga yang ditawarkan, mungkin kita menganggap kalau Hyundai Santa Fe bensin tipe Signature ini kemahalan. Namun bila sudah merasakan kenyamanan, interior cozy dan fitur yang canggih, kita akhirnya mengerti kenapa Santa Fe ini jadi lebih mahal dari SUV sejenis dari merek Jepang. 

Kita bisa menyebut Santa Fe ini sebagai mobil yang serba pas. Pas mewahnya, pas nyamannya, dan pas dengan harganya. Bisa juga dengan pas untuk jaminan layanan purna jual hingga 100 ribu. kilometer. 

Kalau punya mobil keren kayak begini sih, kalian nggak kalah ganteng & fashionable ala artis di film drama Korea!  

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Santa Fe

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Toyota FORTUNER VRZ 4X2 2.4

Rp 521,00 Juta
Rp 10,62 Juta/bln

28.559 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2020 BMW X1 SDRIVE18I XLINE 1.5

Rp 653,00 Juta
Rp 13,30 Juta/bln

35.681 km

3 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2018 Mazda CX-9 2.5

Rp 550,00 Juta
Rp 11,21 Juta/bln

53.282 km

5 tahun

Jakarta

Cek Tawaran Juli

2021 Toyota RAIZE S 1.0

Rp 235,00 Juta
Rp 4,79 Juta/bln

15.274 km

2 tahun

Jawa Barat

Cek Tawaran Juli

2021 Kia SONET DYNAMIC 1.5

Rp 251,00 Juta
Rp 5,11 Juta/bln

12.742 km

2 tahun

Java East

Cek Tawaran Juli
Lihat Lebih

Video Tiktok

Related Videos

Review Lengkap Hyundai Santa Fe 2021 Bensin, Lebih Nyaman dari Varian Diesel? | Test Drive

2021 Hyundai Santa Fe Detailed Look: Serious SUV Makeover

Hyundai HYBRID Santafe SUV 2021! NEW LOOK!

Berita Terbaru

Terungkap, MG Cyberster 2023 Bisa Sprint Lebih Cepat dari Ferrari dan Lamborghini

Mobil listrik pertama MG berjeniskan roadster soft top, MG Cyberster 2023 diperkenalkan pertama kali pada April lalu. Pabrikan China berdarah Inggris, MG, hadirkan Cyberster 2023 bukan cuma membawa desain yang agresif sekaligus atraktif, namun juga dengan performa tinggi. Baru-baru ini diungkapkan bahwa mobil listrik ini bahkan lebih cepat dan lebih bertenaga daripada banyak supercar terkemuka dunia. Wang Jian, director of electric propulsion development SAIC Motor, mengatakan Cyberster merupaka

6 Catatan Penting Wuling Air ev Selama di Indonesia

Tepat 11 Agustus 2022, mobil listrik Wuling Air ev memasuki satu tahun kehadirannya di pasar otomotif Indonesia. Nah, bersamaan dengan kehadiran Wuling Motors di Indonesia sejak Juli 2017, merek mobil asal China ini menggelar acara Green Drive Festival dengan mengundang konsumen Air ev serta komunitas Wuling Electric Vehicle Indonesia (WEVI). Dalam acara tersebut, Wuling Motors menghadirkan berbagai aktivitas seru serta penampilan dari stand up comedian, Mongol, dan hingga mendatangkan penyanyi

Review Pemilik: Honda City Hatchback RS 2021, Cocok Buat Dimodif

**Artikel ini adalah pengalaman pribadi dari pemilik Honda City Hatchback RS 2021 Honda City Hatchback RS dihadirkan sebagai penerus Jazz GK5 di Tanah Air. Mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ikonik hatchback Honda, City Hatchback RS terlihat stylish, sporty, canggih, serta memiliki performa besar, yang mempunyai karakter 11-12 dengan Jazz. Pada review pemilik kali ini, kami akan mengulas City Hatchback RS manual lansiran April 2021. Menurut cerita dari pemilik, ia membeli mobil ini dalam

Top 5 Artikel Pekan Ini, Harga Bekas Innova Reborn Diesel yang Stabil Sampai Carry Bagong Pakai Turbo

Kepopuleran Toyota Innova Reborn diesel rupanya belum luntur oleh waktu. Bahkan kemunculan Innova Zenix dengan teknologi hybrid tidak menghapus kecintaan masyarakat Indonesia akan MPV bermesin diesel tersebut. Tak heran harga jual Toyota Innova Reborn diesel saat ini masih sangat bertahan dan masih banyak peminatnya. Hal itu pula yang menjadikan artikel Autofun khususnya mengenai Toyota Innova Reborn Diesel masih tinggi pembacanya. Berikut 5 artikel paling populer di Autofun periode 10 - 15 Apri

Asyik, Jalan Tol Puncak - Cianjur Segera Dibangun

Pemerintah terus menggeber akses jalan tol di Indonesia, termasuk mempersiapkan pembangunan jalan tol Puncak - Cianjur dengan rute Bogor-Sukabumi-Cianjur-Bandung (Bosuciba). Langkah ini direncanakan langsung oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota atau Kabupaten, untuk mengurai kemacetan belasan tahun dan meningkatkan ekonomi di wilayah yang menjadi favorit pariwisata. Baca juga: Begini Caranya Biar Lewati Gerbang Tol Tanpa Berhenti Menurut Gubernur Jawa Barat, jalan tol P

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Varian Baru
Toyota

Toyota Agya

Rp 175,40 - 253,50 Milyar

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Hyundai Santa Fe
Lihat