5 Fungsi Penting Faktur Kendaraan Bermotor di Jual Beli Mobil Bekas, Kenapa Bikin Harga Mobil Lebih Mahal?

 

Saat kita membeli kendaraan bermotor sedari baru, pastinya kita akan mendapat faktur kendaraan bermotor. Faktur menjadi dokumen penting yang harus disimpan dengan aman. Lantas apa sih fungsi penting faktur kendaraan bermotor dalam kepemilikan mobil?

Sebagai informasi, faktur ini dikeluarkan oleh pihak dealer yang melakukan penjualan kendaraan bermotor. Dealer akan mencetak faktur kendaraan bermotor setelah konsumen selesai melakukan proses pembelian. Dengan kata lain, Faktur kendaraan bermotor adalah dokumen resmi atau bukti sah pembelian kendaraan bermotor.

Baca juga : 

Sudah 20 Tahun Eksis, Ini 5 Alasan Kenapa Toyota Avanza Selalu Diminati Masyarakat Indonesia

Gak Perlu Inden Lama-Lama, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Bisa Dibeli di Sini!

Dengan 2 Opsi Mesin, Ini Pilihan Varian dan Spesifikasi Toyota Raize Terbaru

Pada umumnya, informasi yang dicantumkan pada faktur terkait kendaraan tersebut, seperti nomor mesin, nomor rangka kendaraan, pabrikan kendaraan, hingga nama pembeli kendaraan. Pihak dealer akan mengeluarkan faktur rangkap empat. Dua buah untuk SAMSAT Kepolisian RI yang berguna dalam mengurus STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) Bermotor dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), satu untuk dealer, serta terakhir untuk konsumen yang membeli kendaraan.

1. Faktur Kendaraan Jadi Bukti Otentik Data Kendaraan

Banyak yang beranggapan bila faktur itu nilai plus dari jual beli kendaraan, hal itu memang benar. Karena faktur bisa digunakan sebagai bukti penguat bilamana terjadi kesalahan penulisan dalam surat-surat kendaraan. 

Fungsi faktur sebenarnya hanyalah invoice saat membeli kendaraan, namun bisa jadi bukti ke pihak SAMSAT apabila terjadi kesalahan penulisan data kendaraan saat balik nama atau perpanjang STNK lima tahunan.

2. Faktur Jadi Bukti Otentik Lokasi Awal Pembelian Mobil

Bagi kalangan pengguna mobil bekas, faktur ini berlaku untuk mengetahui kota asal pembelian mobil. Banyak mobil yang sudah mutasi menggunakan plat luar Jakarta, tetapi ternyta hasil mutasi dari pemilik yang tinggal di daerah yang rawan banjir di Jakarta.

Nah, riwayat asal mobil bisa ditelusuri dengan melihat domisili pembeli dari tangan pertama. Penelusuran makin mudah bila mobil tersebut dijual langsung oleh pemilik pertama.

3. Mobil Bekas Tanpa Faktur Bikin Harganya Anjlok?

Banyak yang beranggapan bila proses jual beli mobil bekas ini harus menyertakan faktur kendaraan. Namun secara umum, faktur ini tidak benar-benar vital dalam administrasi balik nama mobil bekas. 

Kadang faktur hanya akal-akalan makelar untuk bisa nego harga jadi lebih murah. Padahal secara administrasi balik nama kendaraan bekas, faktur tidak diperlukan untuk acuan data kendaraan di BPKB maupun STNK yang baru. Sebab dalam proses balik nama pasti membutuhkan BPKB maupun STNK lama yang didukung cek fisik kendaraan.

Dikutip dari laman resmi Wuling Indonesia, ternyata kalian bisa kok mendapat faktur baru apabila hilang. Kamu  bisa mengurusnya melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sebagai jasa pengurusan faktur terpercaya.

Berikut merupakan cara mengurus faktur yang hilang melalui ATPM:

  • Hubungi dealer resmi ATPM terdekat di kota Anda
  • Siapkan dokumen pendukung seperti KTP, STNK. dan surat keterangan hilang dari kepolisian
  • Isi formulir permohonan
  • Bayar biaya pembuatan faktur baru
  • Tunggu konfirmasi ATPM mengenai kapan faktur baru bisa diambil
  • Ambil faktur dan simpan di tempat yang aman

Untuk mengurus faktur yang hilang, Anda membutuhkan sejumlah biaya yaitu antara Rp 300 ribu hingga Rp 800 ribu.

4. Bukti Bila Mobil Dijual Oleh Tangan Pertama

Tidak jarang calon pembeli jadi merasa ragu untuk membeli mobil yang ditawarkan jika tidak disertai dengan adanya faktur kendaraan. Namun fungsinya seperti pelengkap data, untuk antisipasi bila terjadi kesalahan penulisan saat balik nama nantinya.

Meskipun faktur dijadikan sebagai salah satu persyaratan mengurus BPKB dan STNK, nyatanya pada saat melakukan balik nama kendaraan faktur tidak dijadikan sebagai salah satu persyaratan administrasi. Ini karena data kendaraan sudah tercantum dalam BPKB.

Dalam jual beli mobil, tak jarang disertakan keterangan bila mobil tersebut merupakan milik dari tangan pertama. Untuk membuktikannya cukup mudah, kita tinggal mencocokkan data di STNK, BPKB, dengan data pembelian di faktur kendaraan.

Di sebagian konsumen mobil bekas, ada semacam kekhawatiran bila mobil yang diincar tersebut sudah bergonta-ganti pemilik. Dengan begitu record perawatan bengkel resmi kadang sulit terlacak.

5. Faktur Jadi Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor yang Sah Selain STNK dan BPKB

Faktur pembelian kendaraan bermotor berperan sebagai bukti pembelian kendaraan yang sah dan valid. Faktur mobil juga diakui oleh kepolisian dan pihak berwenang lainnya karena digunakan sebagai acuan penerbitan STNK dan BPKB mobil baru.

Faktur diperoleh secara resmi dari dealer dan dapat digunakan untuk mengurus pembuatan STNK dan BPKB duplikat kalau misalnya hilang. 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Lanjut membaca

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Toyota Avanza

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2021 Honda BRIO RS 1.2

Rp 192,00 Juta
Rp 3,91 Juta/bln

17.289 km

2,5 tahun

Banten

Lihat Detail

2020 Honda BRIO RS 1.2

Rp 188,00 Juta
Rp 3,83 Juta/bln

3.226 km

3,5 tahun

Banten

Lihat Detail

2017 Toyota AGYA G 1.2

Rp 117,00 Juta
Rp 2,38 Juta/bln

14.124 km

5,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2021 Toyota CALYA G 1.2

Rp 147,00 Juta
Rp 3,00 Juta/bln

18.150 km

2,5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail

2018 Daihatsu SIGRA R STD 1.2

Rp 120,00 Juta
Rp 2,44 Juta/bln

9.834 km

5 tahun

Jawa Barat

Lihat Detail
Lihat Lebih

Berita Terbaru

Toyota Kembangkan Baterai Mobil Listrik yang Bisa Menempuh 1.000 Km Sekali Cas

Toyota Motor Corporation (TMC) mempersiapkan generasi baterai mobil listrik terbaru yang memiliki daya jelajah yang mampu mencapai ribuan kilometer dalam sekali pengecasan. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh BEV Factory President TMC Takeo Kato saat acara Toyota Technical Workshop bertema Let's Change the Future of Cars beberapa waktu lalu. Baca juga: Sampah Baterai Mobil Listrik yang Sudah Tak Terpakai Ternyata Bisa Jadi Peralatan yang Berguna Rencananya Toyota akan masih menggunakan batera

Toyota Innova Zenix Hybrid dari Indonesia Sudah Rilis di Malaysia, Harganya Mirip Fortuner

Toyota Innova Zenix resmi masuk ke Malaysia yang dikirim utuh (CBU) dari Indonesia. Di negara tetangga itu, Zenix hybrid hadir dalam dua varian tipe, yakni 2.0 V dan 2.0 Hybrid. Masing-masing model ini harganya 165.000 ringgit serta 202.000 ringgit, atau kira-kira setara Rp529 jutaan dan Rp648 jutaan. Baca juga: Suzuki Invicto, Kembaran Toyota Innova Zenix Ini Punya Arti Tak Terkalahkan Kalau dibandingkan harga Toyota Innova Zenix hybrid di Indonesia, banderol untuk pasar Malaysia ini ternyata l

5 Kelemahan Daihatsu Feroza yang Jarang Orang Tahu, Sering Diledek Jip Banci

Pada dekade 1990-an, SUV begitu tren jadi mobil harian. Hampir tiap merek punya model SUV baik itu 4×4 atau 4×2, termasuk Daihatsu yang menyediakan Feroza untuk pilihan 4×2. Sebagai produk populer, banyak juga masyarakat yang tidak tahu kelemahan dari Daihatsu Feroza. Daihatsu Feroza adalah sebuah SUV atau jip bermesin bensin yang dijual oleh Astra Daihatsu antara 1993 sampai 1999. Mobil ini memakai mesin bensin SOHC 1600 cc karburator dengan kode HD-C. Mesin ini sama seperti yang dipakai oleh D

Masuk Indonesia Harga Toyota Alphard 2023 Bisa Dua Kali Lipat Lebih Mahal Dibandingkan di Jepang

Toyota Alphard dan Vellfire 2023 secara resmi diluncurkan di negara asalnya Jepang, Rabu (21/6/2023). Kedua mobil yang masuk kategori Luxury Multi Purpose Vehicle (MPV) tersebut kini menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA-K). Karena platform inilah, selain desain eksterior dan interior yang berubah, mobil yang mengusung desain Forceful x Impact Luxury ini juga memiliki dimensi lebih besar, sehingga berimbas pada kabin yang ikut menjadi lebih lega. Baca juga: Toyota Alphard dan

Disukai Para Pengusaha Travel, Seberapa Irit Konsumsi BBM Toyota Hiace Commuter?

Kerap jadi andalan para pengusaha travel, Toyota Hiace Commuter per Juni 2023 dibandrol Rp551,2 juta OTR Jakarta. Menempati segmen kendaraan niaga ringan, Hiace sendiri mendapat penyegaran secara minor pada April 2022. Dimana untuk mesinnya kini berstandar Euro 4 dengan menghasilkan emisi gas buang lebih rendah, guna memenuhi kebijakan pemerintah akan kendaraan diesel baru ramah lingkungan. Diminati lantaran memiliki beberapa keunggulan dibandingkan microbus lainnya, berapa sih konsumsi BBM Toyo

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaru
Hot
Toyota

Toyota Raize

Rp 229,80 - 299,20 Juta

Lihat Mobil
Hot
Daihatsu

Daihatsu Rocky

Rp 214,20 - 265,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda Brio

Rp 156,90 - 227,10 Juta

Lihat Mobil
Tidak Dijual
Honda

Honda Jazz

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Hot
Hyundai

Hyundai Palisade

Rp 842,00 - 1,11 Milyar

Lihat Mobil
Hot
Wuling

Wuling Almaz

Rp 279,50 - 470,00 Juta

Lihat Mobil
Hot
Honda

Honda City Hatchback

Rp 333,60 - 362,60 Juta

Lihat Mobil
Hot
Kia

Kia Sonet

Rp 193,00 - 296,00 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX

Rp 849,50 - 949,50 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru WRX Wagon

Rp 975,50 - 1,03 Milyar

Lihat Mobil
Wuling

Wuling Alvez

Rp 209,00 - 295,00 Juta

Lihat Mobil
Daihatsu

Daihatsu Ayla

Rp 103,30 - 161,05 Juta

Lihat Mobil
Hot
Toyota

Toyota Agya

Rp 144,90 - 173,30 Juta

Lihat Mobil
Land Rover

Land Rover Range Rover Sport

Rp 4,52 Milyar

Lihat Mobil