Catat, Telat Bayar Kredit Mobil Bukan Cuma Ditarik Leasing

 

Tak sedikit pemilik kendaraan bermotor yang melakukan pembelian melalui cara kredit atau dicicil setiap bulan, namun mengalami masalah keuangan di tengah jalan. 

Tentunya jika dalam kesepakatan tidak membayar dalam jangka waktu tertentu secara berturut-turut, maka mobil atau sepeda motor akan ditarik.

Ya, ditarik leasing merupakan istilah yang sering kita dengar. Namun jika debitur tidak mau berkomunikasi dan menghilang, maka tidak menutup kemungkinan akan diburu debt collector.

Ehm, apakah sudah sampai disitu saja?

Baca juga: Awas Modus Penipuan Pakai Nama Astra Financial, Begini Cara Menghindarinya

Ilustrasi jangka waktu saat melakukan proses pembayaran. (Foto: Istimewa)

Menurut Group Function Committee Leader Communication & ESG Astra Financial, Yulian Warman,  debitur yang mengalami kredit macet akan mendapatkan resiko lain, yaitu masuk daftar hitam atau blacklist oleh perusahaan pembiayaan. 

"Itu bukan hanya berlaku di Astra Financial, tapi juga perusahaan lain. Kita ada skema Repeat Order atau RO. Jadi kalau lancar, akan ditawari lagi. Tapi kalau ada masalah (pembayaran), itu akan disurvei lagi," ungkap Yulian saat ditemui wartawan.

Memang konsumen yang mengalami masalah dalam hal kredit akan masuk dalam daftar khusus, karena tercatat dalam data Bank Indonesia, yang bisa dicek oleh perusahaan pembiayaan atau perbankan. 

Baca juga: Tips: Lebih Baik Kredit Mobil Baru atau Beli Cash Mobil Bekas?

Saat mengajukan peminjaman harus mengisi data diri. (Foto: Istimewa)

Perlu dicatat, saat melakukan pengajuan kredit Anda akan diminta untuk mengisi dan menyerahkan beberapa data pribadi, seperti KTP, KK, NPWP, hingga slip gaji dan rekening koran.

Nah, data-data yang berisikan identitas pribadi maupun alamat rumah, pekerjaan, alamat kantor, nomor kontak dan lainnya bisa terdeteksi. 

Alhasil, jika Anda mengalami masalah saat melakukan kredit, maka selain akan berhadapan dengan debt collector, juga bakal sulit untuk pengajuan kredit di kemudian hari. 

Baca juga: Nggak Bisa Bayar Cicilan Tapi Mobil Takut Ditarik Leasing? Begini Solusinya

Ilustrasi penyerahan mobil setelah melakukan akad pembelian. (Foto: Istimewa)

"Misalkan, Anda merah (ditandai) nih, karena pernah bermasalah. Intinya bukan nggak diterima, tapi menjadi catatan perusahaanlah (pertimbangan lebih pemberian kredit)," ujarnya.

Selain itu, jika Anda memperlambat dalam pembayaran kredit, maka bukan tak mungkin akan mendapatkan bunga karena sudah jatuh tempo.

Lebih Baik Melakukan Komunikasi

Perselisihan antara debitur nakal dan debt collector. (Foto: Istimewa)

Jika Anda mengalami masalah keuangan saat melakukan kredit kendaraan bermotor atau lainnya. Maka disarankan untuk melakukan komunikasi dengan kreditur baik perusahaan pembiayaan atau perbankan. 

Kata Yulian, pada dasarnya semua perusahaan pembiayaan atau perbankan memiliki aturan.

"Yang jelas nggak boleh telat. Kalau seandainya tak punya dana untuk bayar, dia (nasabah) harus komunikasi. Kan bisa jadi dia baru dapet masalah, kayak rumah atau kendaraan terbakar. Company juga ada toleransi kok," ujar Yulian.

Perselisihan saat dihadang debt collector. (Foto: Istimewa)

Yulian menuturkan, digunakan debt collector biasanya tidak langsung diterapkan, tapi ada beberapa tahapannya. 

"Itu tindakan terakhir untuk mengirim debt collector ke rumah. Kalau ada bencana, ngomong saja sama kita. Alasannya juga harus jelas dan masuk akal," terangnya. 

Maka dari itu, jika Anda mengalami masalah keuangan saat melakukan kredit kendaraan, maka sebaiknya lakukan komunikasi dengan debitur terlebih dahulu untuk mencari solusi. 


 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Brio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

2022 Toyota CALYA G 1.2

Rp 156,00 Juta
Rp 3,18 Juta/bln

4.994 km

1,5 tahun

Banten

Beli Sekarang

2019 Suzuki ERTIGA GX 1.5

Rp 182,00 Juta
Rp 3,71 Juta/bln

15.040 km

4 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2020 Toyota AVANZA G 1.3

Rp 194,00 Juta
Rp 3,95 Juta/bln

12.529 km

3,5 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2017 Toyota AGYA G TRD 1.0

Rp 106,00 Juta
Rp 2,16 Juta/bln

10.656 km

6,5 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang

2019 Toyota CALYA G 1.2

Rp 130,00 Juta
Rp 2,65 Juta/bln

16.171 km

4 tahun

Jawa Barat

Beli Sekarang
Lihat Lebih

Video Tiktok

Berita Terbaru

MG Siapkan Pabrik Perakitan di Tanah Air, Bikin Harga Mobil Listrik Semakin Terjangkau

Kehadiran merek mobil MG di Indonesia pada 2020 lalu mendapat perhatian khusus di industri otomotif Tanah Air. Bagaimana tidak, kedatangan mobil China berdarah Inggris ini sekaligus menawarkan inovasi teknologi yang luar biasa melalui produknya. Termasuk Indonesia, di usia yang 100 tahun ini MG telah menjangkau 84 negara. Salah satu bentuk komitmen atas keseriusannya dalam memudahkan konsumen Indonesia dalam memiliki mobil, sekaligus menghadirkan mobil listrik yang lebih terjangkau, pihaknya aka

Intip Detail Hyundai Stargazer X 2023, SUV yang Cuma Nambah Body Kit?

Hyundai Stargazer (Spesifikasi | Berita) X dipastikan akan meluncur secara resmi di GIIAS 2023. Beberapa hari menjelang peluncurannya, di sejumlah dealer Hyundai mobil ini sudah bisa kalian jumpai. Sekedar informasi, Stargazer X merupakan versi crossover dari Stargazer biasa. Mobil ini menempati segmen Low SUV 7-seater yang berhadapan langsung dengan Mitsubishi Xpander Cross, Suzuki XL7, Toyota Rush, Daihatsu Terios dan juga Honda BR-V. Dibangun berdasarkan Stargazer biasa, mobil ini mempunyai b

Beli Mobil dan Sepeda Motor di GIIAS 2023 Lewat Astra Financial, Bisa Dicicil Sampai 6 Tahun

Pameran otomotif Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 akan semakin memudahkan para konsumen dalam melakukan transaksi jual beli, karena perusahaan pembiayaan PT Astra Financial kembali turut andil dalam gelaran yang berlangsung di ICE, BSD Tangerang, Banten, 10-20 Agustus 2023. Ya, Astra Financial kembali menjadi platinum sponsor GIIAS 2023 untuk yang kelima kalinya dan mengklaim ingin turut mendukung pertumbuhan industri otomotif Indonesia dan berkontribusi bagi perekonomian nasional.

Kejar Harga Kompetitif, Neta Auto Indonesia Bakal Rakit Mobil Listrik di Bekasi

Sebagai merek pendatang baru, Neta yang diwakili oleh PT NETA Auto Indonesia kini resmi menggandeng partner lokal, PT Handal Indonesia Motor (HIM) untuk merakit kendaraan mereka secara lokal. Kerjasama perakitan kendaraan yang menjanjikan dalam bentuk CKD ini akan dimulai pada Q2 tahun 2024. PT HIM dipilih menjadi mitra perakitan lokal yang strategis karena pengalamannya dengan penuh kredibilitas. Handal juga telah dipercaya untuk merakit kendaraan oleh beberapa brand lain, salah satunya Chery.

5 Alasan Toyota Rush Gen 1 Layak Diburu Kondisi Bekasnya, SUV Tahun Muda Mulai Rp90 Jutaan

Bersama dengan saudara kembarnya, Terios, kehadiran Toyota Rush (Spesifikasi | Berita) gen 1 di Indonesia pada 2006 silam membuatnya sebagai pionir Low SUV di Tanah Air. Memiliki julukan Rush konde, mobil ini ditujukan bagi konsumen yang menginginkan sebuah mobil SUV kompak berpenampilan sporty namun tangguh di segala medan. Saat ini Rush gen 1 untuk pasaran harga bekasnya ditawarkan mulai dari Rp90 jutaan. Memiliki harga yang stabil lantaran mobil ini cukup banyak diburu untuk kondisi bekasnya.

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQB

Rp 1.680,00 Milyar

Lihat Mobil
Mercedes-Benz

Mercedes-Benz EQA

Rp 1.570,00 Milyar

Lihat Mobil
MG

MG 4 EV

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Hyundai

Hyundai Ioniq 6

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
Toyota

Toyota RAV4

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil