window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Awas Modus Penipuan Pakai Nama Astra Financial, Begini Cara Menghindarinya

Herdi · 4 Agu, 2023 12:01

Awas Modus Penipuan Pakai Nama Astra Financial, Begini Cara Menghindarinya 01

Berbagai cara dilakukan para pelaku penipuan mendapatkan uang dengan cara licik, bahkan mencatut nama perusahan pembiayaan Astra Financial yang merupakan bagian dari group PT Astra International.

Ya, pelaku kejahatan mencoba modus mengirimkan sebuah informasi produk dan penawaran promosi melalui pesan singkat whatsapp berbentuk link, yang nantinya akan mengarah ke sebuah halaman palsu mengatasnamakan Astra Financial.

Ujung-ujungnya, link tersebut bukan informasi promo atau lainnya, tetapi lebih sebagai singkat untuk meretas data nasabah.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Auto2000 Tebar Promo Kredit Toyota Agya dan Calya Terbaru Rayakan HUT RI ke-78, DP-nya Murah Banget!

Astra Finansial

Astra Financial

Kasus ini rupanya sudah sampai ke telinga pihak Astra Financial, tak terkecuali Group Function Committee Leader Communication & ESG Astra Financial, Yulian Warman. 

Menurut dia, laporan informasi link palsu sudah diadukan oleh beberapa nasabah secara langsung ke pihak perusahaan. 

"Kita cepat tahu dari customer dan brand, kita langsung kasih penjelasan ke mereka. Mereka pakai PT Astra Financial saja sudah salah tuh. Harusnya PT Sedaya Multi Investama, itu PT-nya. Astra Financial itu brand kita. Jadi namanya saja sudah salah," ungkap Yulian saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (3/8/2023).

Baca juga: Skema Cicilan Kredit Terbaru Toyota Calya Buat Taksi Online, Angsuran Termurah Hampir Rp4 Jutaan!

Astra Financial

Hati-hati dengan SMS atau WA dari nomor yang tidak Anda ketahui

Kata Yulian, belum diketahui apakah ada korban atau tidak. Akan tetapi, karena informasi cepat diadukan, Astra Financial turut langsung menyampaikan ke publik. 

"Kita lihat dampaknya dulu, karena dampaknya kecil jadi belum ada (laporan ke polisi)," jelas.

Baca juga: Kredit 5 Tahun, DP Toyota Yaris Cross 2023 Mulai Rp70 Jutaan

Agar Tidak Terkena Penipuan Lewat WA

Masyarakat diharapkan waspada dengan aksi penipuan yang kini lebih canggih di era digital, termasuk melakukan tipu-tipu via WA. 

Perlu diketahui, penipuan memang kerap menggunakan nama, brand logo yang pada dasarnya mudah didapat di internet. 

Astra Financial

Astra Financial kembali dukung pameran GIIAS 2023

Biasanya, oknum menggunakan logo Astra Financial pada link palsu berupa formulir pendaftaran palsu yang meminta korban untuk mengisi data diri yang bersifat pribadi, seperti alamat, nomor telepon, dan foto KTP. 

"Setelah itu, oknum akan mengarahkan korban untuk melakukan pembayaran kepada oknum melalui uang elektronik Grup Astra Financial, yaitu Astrapay," ucap Direktur Astra Financial Handoko Liem.

Oleh karena itu, Astra Financial memberikan tips agar terhindar dari tipu-tipu:

1. Jangan mudah percaya dan langsung mengklik link tersebut. Astra Financial hanya mendistribusikan informasi resmi terkait perusahaan melalui website resmi, yaitu astrafinancial.co.id.

2. Jangan berikan data yang bersifat pribadi, seperti nomor telepon, alamat, KTP, dan email. Astra Financial tidak pernah meminta data pribadi, seperti nomor rekening dan kata sandi, melalui SMS, telepon, atau email.

3. Apabila merasa dirugikan, segera laporkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil