Wajib Tahu, Kode Lampu Sein Bus Malam Jika Ingin Ikut Nyalip

Bus malam yang melaju di jalan tol biasanya kerap berkomunikasi dengan pengendara lain melalui kode lampu sein.

Sudah seharusnya memang lampu sein digunakan pada kendaraan bermotor untuk memberikan syarat atau indikator jika ingin berbelok atau berpindah jalur.

Penggunaan lampu sein juga sebagai alat komunikasi sesama pengemudi, sehingga bisa mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya.

Baca juga: Model Bus Legendaris Garapan Adiputro Sebelum Era Jetbus 5, Ada Travego Hingga Jetbus 3 Voyager

Bus malam kerap beradu kecepatan di jalan tol. (foto: Youtube Hawin Mardha) 

Bicara soal lampu sein, Anda yang kerap bepergian pada malam hari sebaiknya mengetahui juga kode-kode lampu sein yang sering dilakukan para pengemudi bus malam.

Pasalnya, bus-bus ini sering kali menyalakan lampu sein yang terkadang bagi orang awam sangat membingungkan. 

Padahal lampu sein yang dinyalakan ternyata ada artinya..

Baca juga: Hino Indonesia Academy Jadi Wadah Pelatihan Para Sopir Truk dan Bus

Sopir bus kerap memberi isyarat lewat lampu sein (foto: Youtube Hawin Mardha) 

Bahkan melansir akun media sosial @pt_jasaraharja, membuntuti bus bisa jadi bahaya jika nggak tau isyarat sein yang biasa dipakai antar pengemudi bus malam sebagai komunikasi.

Maka dari itu, akun tersebut juga menyatakan, jika tak mengetahui artinya, sebaiknya jangan asal buntuti bus. 

Nah, berikut ini contoh isyarat lampu sein yang biasa digunakan pengemudi bus malam.

Baca juga: Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro

Pertama, saat bus hendak mendahului kendaraan lain dan menyalakan sein kanan terus menerus, maka artinya kendaraan dari arah berlawanan kosong dan Anda boleh ikut mendahului.

Kedua, jika bus mendahului menggunakan sein kanan dan langsung sein ke kiri, artinya jangan ikut mendahului karena ruang di depan dari arah berlawanan sempit akibat ada kendaraan lain.

Ketiga, jika sein kiri menyala terus menerus, artinya jangan mendahului, dan tetap di jalur kiri karena ada banyak kendaraan di arah berlawanan (biasanya di wilayah Jalur pantura).

Keempat, jika Anda mengemudi di jalur Sumatera, maka jika sein kanan menyala terus menerus, namun bus tidak menyalip, artinya, Anda tidak boleh menyalip karena ada kendaraan di depan. 

Lampu Sein Wajib

Perhatikan kode saat bus menyalip kendaraan lain (Foto: Youtube Andika Ari)

Meski lampu sein kerap jadi alat komunikasi pengemudi bus, namun sejatinya lampu sein sendiri memang wajib dipakai ada pada semua kendaraan karena ini diatur dalam Undang-Undang, yaitu Undang-Undang No 22, Tahun 2009, mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Bahkan pengemudi sangat tidak diperbolehkan, jika kendaraan akan berbelok, balik arah, pindah jalur, atau bergerak ke samping tanpa isyarat alias tidak dilengkapi lampu sein, maka akan dikenakan sanksi. 

Sanksi-sanksi karena kesalahan di atas bisa maka akan dikenai pasal 294 dan 295, dengan hukuman pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250.000.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Dirakit di Indonesia, Ini Jadwal Peluncuran Chery Omoda 5 EV

Di gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2023, Chery Indonesia memamerkan mobil listrik Chery Omoda 5 EV. Mobil nyetrum ini memang mirip dengan versi bensin, yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Akan tetapi, karena ini mobil full baterai listrik, maka spesifikasinya disesuaikan. Kabarnya, dengan model dan desain yang sesuai dengan tema Come From Future, harga mobil listrik ini ada dikisaran Rp500-600 juta. Sumber Autofun Indonesia menyatakan, yang pasti harga Ch

Suzuki APV Lebih Diminati Ketimbang Daihatsu Luxio, Mana yang Lebih Unggul?

Meski namanya kini sudah mulai jarang terdengar, minat masyarakat Indonesia terhadap Suzuki APV masih cukup besar. Hal ini dibuktikan berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke diler) periode Juli 2023, minibus berlogo S tersebut berhasil terjual sebanyak 393 unit. Angka penjualan yang diraih bahkan lebih besar dari pesaingnya, yakni Daihatsu Luxio (Spesifikasi | Berita) dengan mengumpulkan penjualan 306 unit. Sebelum lebih jauh membahas spesifikasi, berikut ini perbandingan harga antara L

CARSOME Academy Kolaborasi dengan Pemerintah, Siap Ciptakan SDM Berkompeten di Bidang Otomotif

Industri otomotif yang terus berkembang membuat lapangan pekerjaan selalu terbuka. Namun butuh kompetensi yang kuat untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang hebat. CARSOME Academy Indonesia sebagai lembaga pelatihan menjembatani para calon pekerja di bidang otomotif untuk memiliki keterampilan. Tidak hanya itu, jenjang karir juga bisa didapat seiring pengalaman bekerja yang semakin tinggi. Saat ini CARSOME Academy telah menggandeng lembaga pemerintah juga kementerian. Hal ini dilakukan u

Mobil Listrik Wuling Air ev Makin Laris Manis di GIIAS 2023

Wuling Motors memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia Auto Show atau GIIAS 2023 kemarin dengan sangat baik, karena penjualan mobil listrik Wuling Air ev moncer. Hal ini dibuktikan dari total 1.771 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama GIIAS 2023, ternyata 50 persen diantaranya adalah Wuling Air ev. Menurut Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, pencapaian yang diraih Wuling Motors menunjukan pertumbuhan positif dibandingkan dengan tahun lalu. Baca juga: Ada Model yang Baru, Wu

Hyundai Stargazer X Jadi Bintang Baru di GIIAS 2023

Kehadiran Hyundai Stargazer X ternyata langsung membuat PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mencatatkan penjualan positif selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Berlangsung periode 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD City, Tangerang, HMID sukses meraih total 3.727 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), dengan didominasi New Stargazer dan Stargazer X yang mencapai 1.600 SPK. Baca juga: Live Update GIIAS 2023: Penampilan Perdana Mitsubishi Xforce dan Hyundai Stargazer X "Terima kasih a

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil