window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro

Yongki Sanjaya · 11 Agu, 2023 14:30

Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro 01

Sebagai sebuah karoseri terkemuka di Indonesia, PT Adiputro Wirasejati (Adiputro) resmi meluncurkan bus bodi terbaru yang dinamakan Jetbus 5. Peluncurannya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 bertepatan dengan puncak perayaan 50 tahun Adiputro berkarya dalam bidang body builder.

Jetbus 5 adalah generasi terbaru yang merupakan kelanjutan dari seri Jetbus 3 yang mengalami revolusi besar-besaran. Seri terbaru ini menggunakan sasis Scania, Volvo dan Mercedes-Benz. Adiputro menggarap body dalam varian single deck, double deck, serta bus sleeper. 

Bus besutan terbaru Adiputro ini terasa lebih modern dan lapang di bagian kabin. Di Jetbus 5 ini, banyak perubahan dibagian lampu, begitu juga kontur, dan interior. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Jetbus 5 yang kami luncurkan ini tidak hanya mengedepankan estetika, tetapi juga keselamatan dan kenyamanan. Seiring dengan komitmen Adiputro untuk membawa perusahaan lebih kuat, lebih hebat di usia kami yang sudah 50 tahun," ujar David Jethrokusumo selaku Direktur PT Adiputro Wirasejati. 

Di ajang GIIAS 2023 ini, Adiputro mengenalkan 6 varian yakni MHD Dream Coach Jetbus 5, MHD Single Glass Jetbus 5, SHD Single Glass Jetbus 5, SHD Double Glass Jetbuss 5, Medium Single Glass Jetbus 5, SDD/Double Decker Jetbus 5. 

Lantas apa sih hal menarik dari Jetbus 5 terbaru garapan karoseri yang bermarkas di Malang tersebut? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Desain Modern dengan Sistem Pencahayaan Terbaru

Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro 01

Desain bus generasi keempat era Jetbus series ini menonjolkan kesan futuristik. Bisa kita lihat pada sisi depan memakai LED yang membentang dari sisi kiri hingga kanan fascia. Kemudian, headlamp ada di sisi bumper yang agak ke bawah.

Sistem pencahayaan sudah memakai LED projector. Selanjutnya masih pada housing headlamp terdapat lampu sein dengan model C shape. Melihat penampilan bus garapan Adi Putro tersebut, mengingatkan akan desain Hyundai Stargazer.

Kemudian pada bagian belakang, desain stop lamp ikut berubah. Sepintas mirip era Jetbus 3 Voyager tapi kini taillamp lebih ramping. Desain LED bar di lampu belakang ini berbentuk huruf U bila lampu remnya menyala. Kemudian untuk peletakkan plat nomor ada di kap mesin belakang, dan pada bagian bumper belakangnya terdapat garnish silver.

2. Desain Baru Bando di Tipe SHD Double Glass Tidak Menghalangi Pandangan

Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro 02

Kelemahan dari desain bus tipe Super High Deck garapan Adiputro di seri Jetbus 2 dan 3 Voyager ialah pada posisi panel 'bando' pemisah kaca depan sisi atas dan bawah. Bando tersebut dulu ukurannya cukup besar dan posisinya tepat berada di depan mata penumpang depan.

Jelas ini menggangu kenyamanan penumpang dari sisi visibilitas selama di perjalanan. Pada seri Jetbus 5 kali ini, Adiputro merevisi desain bando tadi jadi lebih proporsional.

Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro 03

Posisi bandonya lebih turun ke bawah dan desainnya melengkung. Desainnya juga lebih ramping dan minimalis. Dampaknya tentu pada visibilitas penumpang depan yang leluasa melihat jalanan.

3. Kini Ada Jetbus Roamer, Bus Monokok 4x4 Untuk Tambang

Resmi Diluncurkan, Ini 3 Hal Menarik Dari Bus Jetbus 5 Garapan Adi Putro 04

Pada usianya yang ke-50 tahun ini, Adiputro juga memperkenalkan Jetbus ROAMER Monocoque 4x4 yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan alat transportasi di kawasan pertambangan, khusus untuk mengangkut karyawan dan pekerja. 

“Pada umumnya, bus menggunakan sasis yang berbentuk space frame atau ladder frame. Namun pada bus Jetbus ROAMER Monocoque 4x4, bus tidak menggunakan sasis tetapi menggunakan rangka monokok. Dengan demikian, bodi bus lebih kokoh dan lebih mengutamakan keamanan,” ujar David.

Bus monokok ini telah melampaui uji rancang bangun dan uji tipe yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, sehingga bisa memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) resmi. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil