Suzuki APV Lebih Diminati Ketimbang Daihatsu Luxio, Mana yang Lebih Unggul?

Meski namanya kini sudah mulai jarang terdengar, minat masyarakat Indonesia terhadap Suzuki APV masih cukup besar. Hal ini dibuktikan berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke diler) periode Juli 2023, minibus berlogo S tersebut berhasil terjual sebanyak 393 unit.

Angka penjualan yang diraih bahkan lebih besar dari pesaingnya, yakni Daihatsu Luxio (Spesifikasi | Berita) dengan mengumpulkan penjualan 306 unit.

Sebelum lebih jauh membahas spesifikasi, berikut ini perbandingan harga antara  Luxio dan APV:

Berikut ini harga Suzuki APV 2023:

APV Blind Van Rp 178.600.000
APV GA Rp 218.400.000
APV Arena GL Rp 226.500.000
APV Arena GX Rp 240.500.000
APV Arena SGX Rp 243.700.000

Adapun harga Daihatsu Luxio yaitu sebagai berikut:

1.5 X M/T Ambulance E4    Rp 284.850.000
1.5 D M/T MC Ambulance C E4 Rp 265.850.000
1.5 D M/T MC Ambulance E4 Rp 265.850.000
1.5 X M/T Ambulance E4 STD Rp 243.450.000
1.5 X A/T MC E4    Rp 263.250.000
1.5 X M/T MC E4    Rp 251.150.000
1.5 D M/T MC E4    Rp 231.950.000

Lebih laris ketimbang Luxio, kira-kira siapa yang lebih unggul dari segi spesifikasi?

Baca juga: Harga Lebih Terjangkau, Daihatsu Gran Max 1.5 Apakah Mampu Ungguli Luxio Soal Fitur?

Suzuki APV Ada Varian Jok Model Captain Seat

Jok captain seat APV

Bicara soal fitur yang ada di dalam, APV dibekali dengan power window, central lock, power steering, AC double blower, electric mirror, sistem hiburan 2 din, serta jok menggunakan model captain seat di baris keduanya khusus untuk tipe teratas.

Berbeda dengan APV, Luxio untuk baris keduanya belum menggunakan jok model captain seat namun sudah dibekali arm rest serta cup holder dengan pengaturan adjustable. Tidak jauh berbeda dengan APV, tipe teratas Luxio memiliki kelengkapan seperti Electronic Power Steering (EPS), power window, central lock, AC double blower, electric mirror with retractable, head unit layar sentuh dengan enam buah speaker.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Daihatsu Luxio, Minibus Apakah Masih Proper Sebagai Mobil Keluarga?

Adu Fitur Keselamatan Suzuki APV Vs Daihatsu Luxio

Fitur keselamatan Daihatsu Luxio lebih komplit

Suzuki APV memiliki fitur keselamatan berupa dual ARS airbags, seatbelt di semua joknya, impact beam, fire extinguisher, dan TECT BODY yang dapat meredam energi ketika terjadi benturan. Dari segi keamanan mendapatkan central lock, dan alarm system.

Bagaimana dengan Daihatsu Luxio? Seperti diketahui mobil ini memperoleh fitur keselamatan dan keamanan berupa Anti lock Breaking System (ABS) yang mana mobil mampu menghindari objek didepannya saat melakukan pengereman secara mendadak tanpa khawatir tergelincir, dual SRS airbags, sabuk pengaman 3 Points ELR x 2 + 2 Points NR yang ditempatkan di seluruh barisan, side impact beam dan fire extinguisher.

Untuk fitur keamanan, mobil ini mendapatkan alarm serta central lock sama seperti yang ada pada pesaing terdekatnya.

Daihatsu Luxio Punya Performa Lebih Besar

Mesin 3SZ-VE Daihatsu Luxio

Baik Daihatsu Luxio maupun Suzuki APV sama-sama dibekali mesin 1.500 berteknologi injeksi. Pada APV, mobil ini disematkan jantung pacu G15A berkapasitas 1.493 cc SOHC 4-silinder segaris multi point injection yang dapat melecutkan tenaga sebesar 92,4 PS di 6.000 rpm serta torsi puncak 126 Nm pada putaran 3.000 rpm.

Sedangkan pada Daihatsu Luxio, mobil ini dibenamkan mesin 3SZ-VE 4-silinder segaris DOHC VVT-i berkubikasi 1.495 cc, dengan perolehan tenaga 97 PS di 6.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 134 Nm pada 4.400 rpm.

Berbeda dengan APV yang kini hanya memiliki pilihan transmisi manual 5-percepatan, Luxio hadir dengan opsi transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Setelah mengetahui perbandingan daripada keduanya melalui ulasan di atas, dapat ditarik kesimpulan untuk fitur keunggulan serta kenyaman berkendara APV lebih juara. Hal tersebut dikarenakan APV memiliki varian jok model captain seat.

Layout ini tak cuma terasa nyaman juga memudahkan penumpang baris ketiga untuk keluar-masuk kabin. Terlebih, harga Suzuki APV ini lebih murah ketimbang Daihatsu Luxio. Namun jika bicara fitur keselamatan dan performa, Daihatsu Luxio lebih unggul ketimbang APV.

Baca juga: Hanya Ada 15 Unit di Indonesia, Suzuki APV Limousine Cocok Buat yang Punya Anak Banyak!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Daihatsu Luxio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

New Daihatsu Luxio Cicipi Rasa Semangat Baru

Berita Terbaru

CARSOME Academy Kolaborasi dengan Pemerintah, Siap Ciptakan SDM Berkompeten di Bidang Otomotif

Industri otomotif yang terus berkembang membuat lapangan pekerjaan selalu terbuka. Namun butuh kompetensi yang kuat untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang hebat. CARSOME Academy Indonesia sebagai lembaga pelatihan menjembatani para calon pekerja di bidang otomotif untuk memiliki keterampilan. Tidak hanya itu, jenjang karir juga bisa didapat seiring pengalaman bekerja yang semakin tinggi. Saat ini CARSOME Academy telah menggandeng lembaga pemerintah juga kementerian. Hal ini dilakukan u

Mobil Listrik Wuling Air ev Makin Laris Manis di GIIAS 2023

Wuling Motors memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia Auto Show atau GIIAS 2023 kemarin dengan sangat baik, karena penjualan mobil listrik Wuling Air ev moncer. Hal ini dibuktikan dari total 1.771 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) selama GIIAS 2023, ternyata 50 persen diantaranya adalah Wuling Air ev. Menurut Brand and Marketing Director Wuling Motors, Dian Asmahani, pencapaian yang diraih Wuling Motors menunjukan pertumbuhan positif dibandingkan dengan tahun lalu. Baca juga: Ada Model yang Baru, Wu

Hyundai Stargazer X Jadi Bintang Baru di GIIAS 2023

Kehadiran Hyundai Stargazer X ternyata langsung membuat PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mencatatkan penjualan positif selama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Berlangsung periode 10-20 Agustus 2023 di ICE BSD City, Tangerang, HMID sukses meraih total 3.727 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), dengan didominasi New Stargazer dan Stargazer X yang mencapai 1.600 SPK. Baca juga: Live Update GIIAS 2023: Penampilan Perdana Mitsubishi Xforce dan Hyundai Stargazer X "Terima kasih a

3 Hal yang Harus Diwaspadai Dari Transmisi AGS di City Car Suzuki, Biaya Servisnya Terlalu Mahal!

Suzuki menjadi satu brand yang cukup berbeda soal pilihan jenis transmisi untuk segmen city car mereka. Tak seperti brand lain yang mengandalkan CVT, Suzuki setia dengan transmisi Automated Gear Shift alias AGS. Transmisi AGS ini dapat kita temukan pada produk city car Suzuki di Indonesia seperti Ignis atau S-Presso. Ternyata, keputusan memakai AGS ini terpengaruh selera orang India dimana Suzuki menjadi market leader. Di negara tersebut umumnya lebih menyukai transmisi manual, dan sistem di tra

Wuling Resmi Rilis Mobil Listrik Baru, Harganya Setara LCGC

SGMW, perusahaan patungan antara GM, SAIC dan Wuling, resmi meluncurkan mobil listrik terbaru bernama Baojun Yunduo atau banyak juga yang menyebutnya Baojun Cloud. Ada empat varian yang ditawarkan yakni 360 Plus, 360 Pro, 460 Pro, dan 460 Max, angka-angka ini menunjukkan kemampuan jarak tempuh dari baterai yang terpasang. Baca juga: Wuling Siap Pasarkan Mobil Listrik Mirip Suzuki Jimny di Indonesia Untuk yang tipe 360 Plus dan Pro menggunakan baterai berkapasitas 37,9 kWh yang sanggup menempuh j

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

Daihatsu Luxio
Lihat