5 Persiapan Buat Mobil Buat Perjalanan Jauh Jelang Long Weekend, Antisipasi Biar Gak Mogok

Beberapa hari ke depan, kita bakal melewati harpitnas alias hari kejepit nasional. Maksudnya, ada hari kerja di Jumat yang diapit oleh hari libur pada Kamis dan Sabtu. Jelang long weekend, tentunya kalian harus melakukan persiapan untuk mobil yang bakal digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Kalian bisa melakukan pengecekan sendiri di garasi rumah, atau ke bengkel langganan bila dirasa tidak terlalu paham soal seluk beluk kendaraan. Pemeriksaan ini mampu membuat perjalanan liburan kalian lebih aman dan nyaman karena mobil berada dalam kondisi prima.

Baca juga : 

Perhatikan 5 Hal Dasar Dalam Memilih Mobil Keluarga

FAQ: Fakta Menarik Mengenai Toyota Avanza 2022, Berikut Informasi Pentingnya

MPV Unggulan Suzuki Indonesia, Apa Pertimbangan Memilih Suzuki Ertiga?

Lantas apa saja komponen dan bagian mobil yang perlu dicek sebelum melakukan perjalanan jauh? Simak ulasannya berikut ini.

1. Periksa Kondisi dan Volume Air Radiator

Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum melakukan perjalanan jauh memakai mobil ialah memeriksa kondisi air di radiator mobil. Periksa kondisi air radiator dan pastikan tidak ada kebocoran pada sistem.

Periksa juga kondisi tutup radiator dan selang-selang yang terhubung dengan radiator untuk memastikan tidak ada kebocoran atau kerusakan. Kalau volume air radiator kurang, maka sebaiknya langsung ditambah dengan cairan radiator/coolant untuk performa yang lebih maksimal.

2. Periksa Volume dan Kualitas Oli Mesin

Oli mesin sangat penting untuk menjaga kinerja mesin mobil kalian, terutama saat melakukan perjalanan jarak jauh dalam durasi yang lama. Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup dan kualitasnya masih layak. 

Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Level oli harus berada di antara tanda L dan F, yang ketinggiannya sedikit di bawah garis level F. Jika oli kurang, tambahkan secukupnya. 

Pastikan jarak pemakaian oli kamu masih cukup untuk jarak yang akan ditempuh. Bila sudah 4 ribuan kilometer, alangkah baiknya diganti terlebih dahulu agar performa mesin tetap prima selama perjalanan.

3. Periksa Kondisi Ban Mobil

Ban jadi bagian penting yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat berkendara. Ban yang kondisinya sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap jalan.

Cukup mudah untuk memeriksa kelayakan sebuah ban. Kita tinggal lihat saja seluruh permukaan ban, apakah ada retak dalam permukaan ban, dan pastikan ketebalan alur ban masih di atas 50 persen.

Kondisi kembang telapak ban yang masih cukup tebal akan membantu mengeluarkan air saat melaju di jalan basah, sehingga mengurangi risiko aquaplaning. 

Jangan lupa juga untuk memeriksa dan mengisi angin pada ban termasuk ban serep sesuai tekanan yang direkomendasikan pabrikan. Tekanan ban mobil normalnya sekitar 30-34 psi tergantung muatan dan jenis kendaraan. 

4. Periksa Seluruh Sistem Pengereman, Pastikan Bekerja dengan Baik

Sistem pengereman merupakan salah satu sistem keselamatan yang paling vital dan jadi perangkat yang paling sering digunakan. Pastikan sistem rem dapat bekerja dengan baik, termasuk rem tangan. 

Periksa juga level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicek karena ada kemungkinan terjadi kebocoran.

Normalnya, minyak rem itu levelnya tetap dan hanya turun sedikit bila kondisi sistem pengereman masih sehat. Bila berkurang cukup banyak, menandakan ada kebocoran atau bagian master rem yang perlu mendapat perbaikan. 

Kemudian periksa kondisi kampas rem. Bagian ini biasanya tak harus selalu diganti dengan yang baru. Cukup dibersihkan dari kotoran dan pastikan ketebalannya masih layak pakai.

5. Periksa Aki dan Sistem Pencahayaan di Mobil Sebelum Perjalanan Jauh

Sistem elektrikal dan pencahayaan menjadi suatu kesatuan yang mengambil sumber listrik dari aki. Perjalanan jarak jauh terutama di malam hari akan mengandalkan sistem penerangan yang oke. 

Untuk itu pastikan kondisi aki dan lampu penerangan di mobil bekerja dengan baik. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dan menyala dengan normal. Bila ada lampu yang mati, segera ganti atau perbaiki jalur kelistrikannya. 

Periksa pula aki mobil memakai multitester, apakah tegangannya cukup atau berkurang. Mumpung belum berangkat, kalian masih sempat membawa aki untuk di setrum ulang bila tegangannya tekor. 

Nah itu tadi beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum long trip ke lokasi berlibur kalian. Bila mobil telah dipersiapkan dengan baik, kita tak perlu was was terjadi masalah di perjalanan. 

 

Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda City Hatchback

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Tesla Berencana Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bukan di Indonesia

Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla, dikabarkan akan berinvestasi untuk pembangun pabrik produksi mobil listrik di Thailand. Informasi ini diungkapkan langsung Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin, investasi yang dikucurkan mencapai USD5 miliar alias sekitar Rp76 triliun. Hanya saja total jumlah investasi ini tidak hanya Tesla, melainkan bersama Google dan juga Microsoft. Baca juga: Tesla Akhirnya Pilih Investasi di Malaysia, Rayuan Luhut Ambyar "Tesla akan mempertimbangkan fasili

Edisi Khusus Toyota GR86 Untuk Rayakan 40 Tahun Corolla AE86 Hanya Tersedia 200 Unit Di Jepang

Para penggemar mobil JDM alias Japan Domestic Market sejatinya tak akan pernah lupa dengan Toyota AE86 alias Trueno yang tenar sebagai mobil tunggangan Tukang Tahu di film Initial D. Mobil yang lahir tahun 1983 ini kini telah berusia 40 tahun dan Toyota merayakannya dengan meluncurkan edisi khusus Toyota GR86 sebagai suksesornya di Jepang. Semakin istimewa, karena mobil edisi khusus ini sekaligus merupakan edisi terbatas yang hanya tersedia sebanyak 200 unit, dan untuk mendapatkannya Anda harus

5 Keunggulan Suzuki Swift Gen 1, Hatchback Rp60 Jutaan yang Mulai Naik Daun

Suzuki Swift gen 1 diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2005. Saat itu Swift didatangkan secara utuh dari negara asalnya, Jepang. Kehadiran Swift di Indonesia saat itu secara sontak langsung menarik minat masyarakat Tanah Air. Lantaran hatchback ini memiliki tampilan yang sporty, mesin responsif serta gaya berkendara fun to drive dengan menyasar segmen anak muda bergayakan hidup urban. Jangan dilupakan, Swift juga jadi pesaing Honda Jazz GD3 dan Toyota Yaris bakpao. Setelah dua tahun

Toyota GR Yaris Facelift Meluncur Tahun Depan, Semakin Ganteng dan Bringas!

Setelah dirilis pertama kali pada 2020, Toyota berencana akan meluncurkan Toyota GR Yaris (Spesifikasi | Berita) facelift di Jepang tahun depan. Pada versi penyegaran, GR Yaris 2024 bakal mendapatkan sejumlah pembaruan di bagian eksterior. Dikutip dari salah satu media Jepang, bestcarweb.jp, pada bagian fasad GR Yaris facelift mendapat lampu baru yang diprediksi sudah menggunakan teknologi BI-LED serta DRL LED dengan bentuk lebih dinamis. Selain itu ubahan lain terletak pada bumper yang mana pad

5 Etika Mengemudi Mobil di Jalan Kampung yang Sempit, Anti Nyenggol

Kondisi jalan di kota besar tak selalu harus melewati ruas jalan utama yang lebar. Tak jarang, kita harus berkendara blusukan melewati jalan perkampungan yang agak sempit. Situasi mengemudi mobil di jalan sempit bisa jadi momok menakutkan bagi sebagian pengemudi. Wajar saja, entah karena kemampuan daya pandang yang terbatas atau skill mengemudi yang belum terlalu mahir membuat sebagian orang merasa ngeri saat harus berpapasan di jalan sempit. Padahal, kemampuan mengemudi di jalan sempit ini menj

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil