Tesla Berencana Bangun Pabrik Mobil Listrik di Thailand, Bukan di Indonesia

Produsen otomotif asal Amerika Serikat, Tesla, dikabarkan akan berinvestasi untuk pembangun pabrik produksi mobil listrik di Thailand. 

Informasi ini diungkapkan langsung Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin, investasi yang dikucurkan mencapai USD5 miliar alias sekitar Rp76 triliun. 

Hanya saja total jumlah investasi ini tidak hanya Tesla, melainkan bersama Google dan juga Microsoft.

Baca juga: Tesla Akhirnya Pilih Investasi di Malaysia, Rayuan Luhut Ambyar

Pabrik produksi Tesla di Shanghai, China sudah menggunakan robot dalam proses pengelasan. (Foto: Istimewa)

"Tesla akan mempertimbangkan fasilitas manufaktur kendaraan listrik, Microsoft dan Google sedang mempertimbangkan pusat data,” ungkap Srettha melansir Bangkok Post, Selasa (26/9/2023).

Disebutkan, Srettha beberapa waktu lalu terbang ke New York, Amerika Serikat, untuk menghadiri sidang PBB. Disana dirinya bertemu dengan berbagai kolega. 

Hal ini juga dimanfaatkan Srettha, yang berbincang dengan dengan CEO Tesla, Elon Musk tentang sektor kendaraan listrik.

Baca juga: Tesla Mau Bikin Pabrik Mobil Listrik Murah di India, Lobi Pemerintah Indonesia Kurang Mempan

Pabrik produksi Tesla di Shanghai, China (Foto: Istimewa)

Memang Srettha sendiri tidak mengumbar lebih detail bagaimana rencana Tesla bersama Google dan Microsoft untuk investasi ini. Termasuk rincian dana dari ketiga perusahaan raksasa tersebut. 

Akan tetapi, jika benar Tesla membangun pabrik mobil listrik di Negeri Gajah Putih, maka ini akan menjadikan Thailand sebagai basis perakitan Tesla terbesar keempat, setelah Amerika Serikat, Jerman, dan China. 

Baca jugaDipasangi Genset Diesel, Tesla Model S Ini Sanggup Berjalan Hingga 1.609 Kilometer

Lagi, Tesla Tak Pilih Indonesia

Tesla mendirikan Kantor Pusat dan Layanan Purna Jual di Asia Tenggara (Foto: Istimewa)

Jika benar Tesla pilih Thailand, maka ini jadi ketiga kalinya perusahaan berbasis di Austin, Texas, mengacuhkan Indonesia. 

Bagaimana tidak, Presiden Indonesia, Joko Widodo, beserta sejumlah menterinya telah melakukan pertemuan dan kunjungannya ke Markas Tesla. 

Belum lagi, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan kala itu begitu yakin Tesla akan berinvestasi di Indonesia dan membangun pabrik secara lokal. 

Tesla resmi hadir di Malaysia

Namun nahas, 20 Juli 2023 Tesla memilih Malaysia sebagai Kantor Pusat dan Layanan Purna Jual di Asia Tenggara.

Tak sampai disitu, Tesla dikabarkan akan membangun pabrik mobil listrik murah. Nah, untuk letaknya bukan di Indonesia, melainkan di India. 

Luhut kembali mengatakan alasan Tesla tak kunjung berinvestasi bukan hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Tesla di Malaysia

Sekarang, Elon Musk ternyata dikabarkan bakal berinvestasi untuk mendirikan pabrik di Thailand, dan ini memupuskan peluang di Indonesia.

Kira-kira masih adakah kesempatan Tesla untuk berinvestasi di Indonesia?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Tesla Model 3

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

5 Keunggulan Suzuki Swift Gen 1, Hatchback Rp60 Jutaan yang Mulai Naik Daun

Suzuki Swift gen 1 diluncurkan di Indonesia pertama kali pada tahun 2005. Saat itu Swift didatangkan secara utuh dari negara asalnya, Jepang. Kehadiran Swift di Indonesia saat itu secara sontak langsung menarik minat masyarakat Tanah Air. Lantaran hatchback ini memiliki tampilan yang sporty, mesin responsif serta gaya berkendara fun to drive dengan menyasar segmen anak muda bergayakan hidup urban. Jangan dilupakan, Swift juga jadi pesaing Honda Jazz GD3 dan Toyota Yaris bakpao. Setelah dua tahun

Toyota GR Yaris Facelift Meluncur Tahun Depan, Semakin Ganteng dan Bringas!

Setelah dirilis pertama kali pada 2020, Toyota berencana akan meluncurkan Toyota GR Yaris (Spesifikasi | Berita) facelift di Jepang tahun depan. Pada versi penyegaran, GR Yaris 2024 bakal mendapatkan sejumlah pembaruan di bagian eksterior. Dikutip dari salah satu media Jepang, bestcarweb.jp, pada bagian fasad GR Yaris facelift mendapat lampu baru yang diprediksi sudah menggunakan teknologi BI-LED serta DRL LED dengan bentuk lebih dinamis. Selain itu ubahan lain terletak pada bumper yang mana pad

5 Etika Mengemudi Mobil di Jalan Kampung yang Sempit, Anti Nyenggol

Kondisi jalan di kota besar tak selalu harus melewati ruas jalan utama yang lebar. Tak jarang, kita harus berkendara blusukan melewati jalan perkampungan yang agak sempit. Situasi mengemudi mobil di jalan sempit bisa jadi momok menakutkan bagi sebagian pengemudi. Wajar saja, entah karena kemampuan daya pandang yang terbatas atau skill mengemudi yang belum terlalu mahir membuat sebagian orang merasa ngeri saat harus berpapasan di jalan sempit. Padahal, kemampuan mengemudi di jalan sempit ini menj

5 Alasan Tidak Memilih Toyota Kijang Innova Diesel Saat Ini, Pikir Lagi Sebelum Membeli

Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) diesel baik model lawas maupun generasi kedua dengan julukan Reborn hingga kini masih banyak diminati kondisi bekasnya. Selain irit bahan bakar, alasan lain Innova diesel bekas masih banyak diburu diantaranya karena dianggap mudah dari segi perawatan, torsi melimpah, harga jual stabil serta aman mengkonsumsi solar jenis Bisolar. Punya banyak keunggulan, tentu mobil ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Berikut ini alasan Kijang Innova diesel tidak coc

5 Cara Agar Tidak Mengantuk Saat Berkendara, Jangan Dipaksa Kalau Tak Mau Celaka

Mengantuk saat berkendara memang bikin was-was karena akan sangat membahayakan pengguna jalan lain, serta penumpang mobil itu sendiri. Ya, faktanya banyak pengemudi yang mengantuk bahkan tertidur saat mobil melaju, meski cuma sepersekian detik, namun kondisi itu bisa mengakibatkan kecelakaan. Tertidur dalam waktu sangat singkat ini disebut microsleep, yaitu situasi saat seseorang hilang kesadaran dalam sepersekian detik. Tanda paling umum adalah ketika Anda merasa kaget dan tersentak saat terban

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil
Tesla Model 3
Lihat