5 Cara Perawatan Mitsubishi L300 Euro 4, Gak Bisa Asal Ngegas!

Mitsubishi L300 dikenal sebagai pick up yang tangguh dan siap disiksa untuk bawa muatan. Seiring ketatnya standar emisi, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia kemudian merilis generasi keempat L300 dengan standar Euro 4. 

Angkut Sayur Makin Ngacir, Mitsubishi L300 Euro 4 Di-remap ECU Tenagaya Naik 15 Hp!

Adu Spesifikasi Mitsubishi L300 Euro 4, Apakah Bisa Semakin Ungguli Isuzu Traga?

Pada Elsapek keluaran terbaru ini telah memakai turbo, dan mesin yang serupa milik Pajero Sport. Artinya secara performa jadi makin bertenaga dengan adanya turbo Intercooler. Namun konsekuensinya, L300 Euro 4 perawatannya jadi lebih rumit dibandingkan era Euro 2. 

Tentu ini perlu menjadi perhatian para pelaku usaha logistik, hingga individu pemilik atau pengguna Elsapek. Terlebih, para pengguna L300 umumnya masih memakai solar bersubsidi yang kualitasnya kurang mumpuni untuk diesel commonrail. Akibatnya, salah perawatan bisa membuat commonrail ataupun turbonya jebol. 

Seperti apa perawatan Mitsubishi L300 Euro 4 yang ideal? Berikut ini ulasannya. 

1. Harus Rajin Kuras Tangki Solar

Mesin dengan standar Euro 4 membutuhkan bahan bakar diesel yang lebih berkualitas. Umumnya, pabrikan bakal merekomendasikan para pengguna untuk mengisi solar dengan nilai cetane 53, atau setara Pertadex. 

Ini karena bio solar dengan cetane rendah biasanya kerap muncul residu seperti jeli pada filter maupun tangkinya. 

Untuk diesel commonrail, yang harus paling diperhatikan adalah di sistem bahan bakar. Kalau bisa menggunakan bahan bakar berkualitas bagus ya kayak pertadex. 

Dikutip dari tayangan YouTube Dokter Otomotif, sebenarnya mesin Mitsubishi kalau diisi biosolar bisa tetap awet. Sebagai contoh di Pajero Sport yang lama, banyak penggunanya menggunakan bio solar dan mesinnya jarang sekali rewel. 

Sebagai informasi, mesin dari L300 dan Pajero Sport kini serupa tapi tak sama persis. Pada L300 berkode 4N14 kalau Pajero Sport 4N15. 

Supaya awet, yang diperhatikan itu di bagian tangki, kuras tangki minimal setahun sekali. Karena waktu kita pakai biosolar, maka di bagian bawah tangki sering mengendap dan endapannya seperti jeli. Kalau endapannya masuk ke injektor atau supply pump, berdampak agak bikin rewel mesin. 

Gunakan Double Filter Solar di Mitsubishi L300 Euro 4 Untuk Penyaringan yang Lebih Oke

Berikutnya ialah bagian filter solar, perlu rutin diganti setiap 10 ribu kilometer. Bila telah mencapai jarak tersebut, filter solarnya tidak usah dibersihkan tapi baiknya langsung diganti.

Kemudian disarankan menggunakan double untuk filter solar. Kalian bisa pakai double filternya Pajero Sport atau bisa menggunakan water separatornya Canter. 

Mitsubishi L300 Euro 4 Wajib Gunakan Oli Berkualitas Baik Agar Kerja Turbo Tetap Optimal

Komponen yang tidak ada di L300 Euro 2 tp ada di L300 Euro 4 ialah bagian turbo. L300 Euro 2 tak menggunakan Turbo. 

Karena di L300 Euro 4 sudah memakai turbo maka untuk olinya perlu menggunakan yang bagus. Untuk menjaga kualitas pelumasan, disarankan untuk penggantiannya tiap 5 ribu kilometer, jangan 10 ribu kilometer. 

Karena di bagian dalam turbo ada as turbin, dan bagian ini juga dilumasi dengan oli mesin. Kalau olinya bagus, maka pelumasannya juga bagus dan as turbin jadi awet. 

Perawatan Rutin Filter Udara 

Aspek penting dalam pembakaran ialah asupan udara yang bersih dan lancar. Agar asupan udara tetap oke, maka filter udara sebaiknya diganti tiap 40rb kilometer. 

Kemudian, filter udara juga perlu dibersihkan secara berkala tiap 5 ribu kilometer. Jadi waktu kalian ganti oli mesin tiap 5 ribu kilometer maka perlu bersihkan juga filter udara 

Panaskan Mesin Sebelum Berkendara

Perlakuan antara mesin diesel konvensional dengan mesin diesel turbo commonrail jelas tidak sama. Pada L300 Euro 4 jangan lupa untuk panaskan mesin sebelum mobil dijalankan. 

Kalau yang Euro 2, kalian mungkin bisa start dan langsung dijalankan. Tapi kalau yang di L300 Euro 4 wajib memanaskan mesin sebelum dijalankan.

Tujuannya supaya oli bisa naik terlebih dahulu ke as turbin dan melumasinya terlebih dahulu. Posisikan idle sekitar 1 menit baru jalan. 

Jangan Langsung Matikan Mesin Setelah Berkendara Jarak Jauh

Cara lain untuk menjaga kinerja turbo agar bertahan lama ialah dengan mendinginkan terlebih dahulu setelah perjalanan jauh. 

Kalau kalian habis melakukan perjalanan jauh, biasanya mesin dan turbo masih panas. Untuk itu biarkan mesinnya idle antara 1-2 menit sehingga turbonya dingin, baru kita matikan mesin. Hal itu akan buat turbonya lebih awet. 

 

 

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Au...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi L300

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Harga L300 pick up 2020 wilayah kalsel

Berita Terbaru

6 Cara Membuka Pintu Mobil Agar Tetap Aman dan Terhindari dari Kecelakaan

Tak sedikit kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh hal yang dianggap sepele, yaitu seseorang yang hendak keluar saat membuka pintu mobil. Ya, membuka pintu sejatinya hal biasa yang dapat dilakukan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Hanya saja, jika tidak memperhatikan kondisi di sekitar, apalagi di jalan raya, bukan tak mungkin membuka pintu justru jadi bencana, karena jadi penyebab kecelakaan. Baca juga: 5 Fungsi Lain Gagang Pintu Mobil yang Tidak Terpikirkan Sebelumnya Maka dari itu, aga

Menghitung Biaya Service Daihatsu Terios di Bengkel Resmi, Bisa Semurah LCGC?

Daihatsu Terios (Spesifikasi | Berita) merupakan Low SUV 7-seater dengan harga terjangkau. Untuk harga barunya saat ini Terios dibandrol Rp236.050.000 sampai dengan Rp303.250.000. Memiliki harga jual yang terjangkau, apakah biaya service Daihatsu Terios juga ikut murah? Sekedar informasi, melakukan service berkala Daihatsu Terios di bengkel resmi untuk pemakaian 1.000 km hingga 5.000 km, pemilik mendapatkan kupon gratis service jasa. Dan berikut ini adalah biaya yang dihabiskan pemilik Daihatsu

Mitsubishi Xforce Kini Hadir di Pekanbaru, Ini Harga dan Program Promosinya

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) semakin gencar memasarkan produk terbarunya Mitsubishi Xforce ke sejumlah wilayah di Indonesia, tak terkecuali Pekanbaru, Riau. Menurut catatan PT MMKSI, alasan Riau dipilih jadi salah satu target pasar Xforce. Alasannya karena wilayah ini memberikan kontribusi 5 persen penjualan kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Baca juga: Coba Akselerasi dan Performa Mitsubishi Xforce, Seberapa Hebat? “Pasar c

5 Alasan yang Bikin Toyota Rush 2023 Jadi Low SUV Terlaris Tanpa Perlu Facelift!

Toyota Rush hingga saat ini sukses menjadi model terlaris di segmen low SUV. Padahal cuma Rush yang belum mendapat facelift, dan mendapat perlawanan dari berbagai kompetitornya yang telah menghadirkan model baru. Lantas, apa alasan yang Toyota Rush 2023 bisa tetap sukses di tengah banyaknya low SUV baru? Rush yang dijual saat ini merupakan generasi kedua yang diperkenalkan sejak 2017. Sebagai informasi, Rush sempat mengalami minor facelift pada 2022 saat menghadirkan varian GR Sport. Baca juga:

Mitsubishi Ajak Masyarakat Rasakan Langsung Keunggulan Xforce, Beda Dari yang Lain

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus gencar melakukan roadshow Mitsubishi Xforce (Spesifikasi | Berita) ke sejumlah daerah di Tanah Air. Mendapat antusias cukup tinggi sejak pertama kali diluncurkan di GIIAS 2023, baru saja Xforce dengan suskes menyapa pengunjung kota Patriot yang diadakan di Summarecon Mall Bekasi pada 21-24 September 2023. Selain dapat melihat secara lebih dekat, kehadiran Xforce di Summarecon Mall Bekasi bisa memberikan pengalaman baru dengan menjaja

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Toyota Hilux
    Rp 245,85 Juta
    L300 vs Hilux
  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Daihatsu Gran Max PU
    Rp 143,05 Juta
    L300 vs Gran Max PU
  • Mitsubishi L300
    Rp 217,15 Juta
    VS
    Isuzu Traga
    Rp 211,80 Juta
    L300 vs Traga
Mitsubishi L300
Lihat