Setiap 180 Detik Lahir Mobil Hyundai dari Pabrik di Cikarang

Sejak Hyundai resmi mendirikan pabrik produksinya di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, pada Maret 2022, berbagai model Hyundai yang dipasarkan di Indonesia kini semakin mudah di dapat.

Ya, hal ini karena dengan adanya pabrik, maka proses produksi dan kebutuhan konsumen untuk mendapatkan mobil Hyundai jadi lebih mudah dan terjangkau akibat tak lagi bergantung dari impor. 

Menurut Assembly Process Engineer Hyundai Motors Manufacturing Indonesia (HMMI), Fajar Ahya, beberapa mobil yang diproduksi secara lokal termasuk mobil bensin seperti Stargazer, Stargazer X, dan Creta, hingga mobil listrik yaitu Ioniq 5.

Baca juga: Hyundai Terus Kucurkan Investasi untuk Ekosistem EV di Indonesia

Ilustrasi proses produksi mobil Hyundai

"Setiap 180 detik (3 menit) kami mengeluarkan satu mobil," ungkap Fajar saat Autofun Indonesia turut hadir dalam kunjungan pabrik di sela acara Media Test Drive Ioniq 6 Jakarta-Bali.

Lebih lanjut, Fajar menyatakan, dalam satu line atau jalur produksi, beberapa model langsung digarap, seperti Stargazer, Stargazer X, Creta, hingga Ioniq 5. Untuk volumenya bisa berbeda-beda tergantung kebutuhan. 

Baca juga: Hyundai IONIQ 5 Kini Dilengkapi Bluelink, Bisa Atur Charging Baterai dari Ponsel

Hyundai Ioniq 6 dan Hyundai Ioniq 5

Kemudian dalam satu hari setidaknya ada 100 unit Stargazer dan Stargazer X terlahir, sedangkan Creta bisa mencapai 150-180 unit per hari.

Sementara Ioniq 5 sendiri saat ini hanya bisa digarap 60 unit per hari, dan Santa Fe yang dirakit atau Completely Knock Down (CKD) mencapai 10 unit per hari.  

Mobil Hyundai Buatan Indonesia di Ekspor

Hyundai Ioniq 5 

Mobil-mobil Hyundai yang dibuat di Indonesia sejatinya tidak hanya sekadar dijual untuk pasar lokal, melainkan turut di ekspo.

Seperti mobil listrik Hyundai Ioniq 5 yang sudah menggunakan komponen lokal sebanyak 45 persen, ternyata 100 persen untuk pasar domestik. 

Karena dibuat di Indonesia, maka Hyundai Ioniq 5 ini dalam satu bulan bisa terkumpul sebanyak 1.000-1.200 unit.

Baca juga: Hyundai Indonesia Tambah 52 Charging Station Hingga Akhir Tahun, Ngecas Kona Electric Sampai Ioniq 6 Jadi Makin Mudah!

Ilustrasi mobil Hyundai siap dipasarkan 

Sedangkan untuk Ioniq 6 yang saat ini statusnya masih diimpor secara utuh dari negara asalnya, Korea Selatan.

Adapun mobil Hyundai yang saat ini tergolong laris, seperti Stargazer, Stargazer X dan Creta, juga tak hanya ditargetkan untuk pasar otomotif nasional, melainkan juga ikut diekspor.

"Seperti Stargazer 70 persen buat domestik, 30 buat ekspor. Kemudian ekspor Creta 70 persen termasuk yang setir kiri," jelasnya.

Hyundai Gunakan Komponen Lokal Cukup Tinggi

Hyundai Stargazer mobil yang memiliki kandungan lokal hingga lebih dari 70 persen

Meski masih seumur jagung, Hyundai di Indonesia nyatanya sudah mempergunakan Tingkat kandungan Dalam Negeri atau komponen lokal cukup tinggi. 

Dengan TKDN, maka tentu saja ada keuntungan bagi Indonesia, yaitu proses pengerjaannya akan memanfaatkan tenaga kerja lokal. 

"Creta dan Stargazer 70 persen pakai komponen lokal," ucapnya.

Sama seperti Hyundai Stargazer, Creta juga memiliki kandungan lokal hingga lebih dari 70 persen

Seperti diketahui, sejak diresmikan Presiden Joko Widodo pada Maret 2022, pabrik Hyundai yang memiliki luas mencapai 77 hektar tersebut, setidaknya mampu menampung 150.000 unit per tahun.

Namun begitu, jika dimaksimalkan atau ditingkatkan produksinya, maka totalnya bisa mencapai 250.000 unit per tahun. 

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Hyundai Creta

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Related Videos

Yang Bikin Beda XForce dari Yaris Cross, Creta dan HR V!

Pilih Xforce, Grand Vitara, atau Yaris Cross? | Komparasi

Tiga Hal yang Perlu Diketahui dari Hyundai CRETA

Adu Fitur Honda HR-V SE dan Hyundai CRETA Prime

Improvement Hyundai Stargazer Essential | First Look Autofun

Rekomendasi Mobil Keluarga AutoFun Indonesia 2023 (FCR)

2022 Hyundai Stargazer - Tempat Ternyaman bagi Setiap Perjalanan

Hyundai Stargazer 2022 - Bintang Baru Keluarga

Berita Terbaru

Air Wiper Mobil Tidak Keluar Jangan Buru-buru ke Bengkel, Cara Mengatasinya Mudah

Air wiper mobil tidak keluar mungkin pernah Anda alami saat hendak menyapu kotoran yang menempel pada kaca mobil bagian depan. Ketika air ini tidak menyemprok ke arah permukaan kaca, pastinya bisa membuat Anda kesal dan yang lebih parah dapat menyebabkan kaca mobil tergores oleh kotoran yang menempel di karet wiper. @autofun.indonesia Perjalanan Daihatsu Terios #reviewmobil #tipsmobilbekas #mobilmudik #terios ♬ Famous piano songs for comedy and cooking programs - moshimo sound design Latas apa p

Sering Dihujat Sebagai Mobil Kaleng, Ini 5 Keistimewaan Datsun GO+ Panca yang Jarang Orang Ketahui

Sejak hadirnya Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, nama Datsun GO+ Panca merangkak tenggelam. Padahal GO+ Panca merupakan pionir LCGC 7-seater Tanah Air. Kini Datsun GO+ Panca sudah tidak lagi dijual. Jika pun ada, mungkin hanya menyisakan stok lama di gudang lansiran 2021-2022. Diluncurkan pada Mei 2018, versi facelift Datsun GO+ Panca dari segi berkendara jauh lebih nyaman sekaligus tampil mewah dibanding model sebelumnya. Namun sayang, meski memperoleh improvement, mobil ini tetap mendapat hujat

Daihatsu Terios 7 Wonders 2023 Jelajah Keindahan Lombok

Program ekspedisi Daihatsu Terios 7 Wonders 2023 kembali digelar, dimana Lombok, Nusa Tenggara Barat, jadi destinasi yang dituju. Kali ini, Daihatsu Terios 7 Wonders 2023 yang mengusung tema 'Lombok Exploration' untuk pertama kalinya mengajak pelanggan dan masyarakat Indonesia merasakan serunya berpetualang langsung bersama New Daihatsu Terios. @autofun.indonesia Akhirnya Daihatsu Terios dapet facelift juga, menurut kalian oke ga? #daihatsu #terios #teriosfacelift #mobilbaru ♬ original sound - A

AC Mobil Tidak Dingin Jangan Abaikan Filter Kabin, Murah Tapi Peranannya Penting

AC mobil tidak dingin saat musim kemarau pastinya kondisi yang sangat dihindari karena dapat membuat berkendara jadi tidak nyaman. Tapi tahukan Anda, AC mobil panas kerap terjadi lantaran ulang pemilik kendaraan itu sendiri yang tidak pernah melakukan perawatan pada sistem pendingin ruangan ini. @autofun.indonesia Cara Mudah Nyetel Kaca Spion #tipsmobil #mobilbekas #mobilseken #reviewmobil ♬ [Live Recording] Flute Jazz Bossa Nova - arachang Padahal cukup dengan beberapa langkah kecil, bisa membu

Begini Cara Mudah Cek Plat Nomor Mobil B Tangerang

Meski sama-sama pakai plat nomor dengan awalah huruf B, untuk cek plat nomor Tangerang, Depok, dan Bekasi ternyata berbeda dengan plat nomor DKI Jakarta. Pengecekan status kendaraan sendiri bisa dilakukan melalui aplikasi, SMS atau web resmi SAMSAT daerah yang dituju. Selain mendapat informasi mengenai keaktifan pajak, tahun pembuatan, nomor mesin dan juga warna, pengecekan dilakukan sekaligus mengetahui keabsahan kendaraan. Cara cek pajak kendaraan yang bisa dilakukan secara online tentunya aka

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil

Perbandingan Mobil Terkait

  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Honda HR-V
    Rp 355,90 Juta
    Creta vs HR-V
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Wuling Almaz
    Rp 279,50 Juta
    Creta vs Almaz
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Suzuki XL7
    Rp 251,80 Juta
    Creta vs XL7
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Toyota Rush
    Rp 278,80 Juta
    Creta vs Rush
  • Hyundai Creta
    Rp 288,00 Juta
    VS
    Toyota Raize
    Rp 229,80 Juta
    Creta vs Raize
Hyundai Creta
Lihat