Fitur Ion Air Purifier Dapat Basmi Udara Jahat di Mobil, Mitos atau Fakta?

Beberapa mobil baru kini dilengkapi fitur ion air purifier yang dibuat menyatu dengan sistem pendingin udara atau AC.

Fitur ini diklaim mampu membunuh bakteri, mencegah penyebaran virus penyakit menular di udara dan menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin sehingga udara yang dihasilkan tetap segar.

Dengan begitu adanya ion air purifier, pengemudi maupun penumpang dapat berkendara lebih nyaman dengan menghirup kualitas udara terbaik di dalam mobil.

Baca juga: Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus

Mengetahui Cara Kerja Ion Air Purifier

Ion air purifer pada Toyota Sienta

Ion air purifier terdiri dari satu atau lebih filter serta sebuah kipas yang berfungsi untuk menarik dan mengalirkan udara.

Ketika diaktifkan, fitur ini secara otomatis akan menghisap udara di dalam kabin kendaraan melalui kipasnya, kemudian udara tersebut akan ditahan oleh filter yang berada di bagian belakang air purifier.

Ventilasi Udara Masuk: Ion air purifier ini memiliki ventilasi untuk jalur udara masuk yang terletak di samping unitnya.

Ventilasi ini dirancang untuk memaksimalkan aliran udara yang masuk ke dalam purifier.

Ventilasi Keluar: Terdapat dua ventilasi keluar, satu di bagian depan dan satu di bagian belakang.

Melalui ventilasi ini, udara yang telah melewati proses penyaringan akan dikeluarkan ke ruang penumpang, baik untuk penumpang depan maupun belakang.

Udara yang berhembus dari AC sebaiknya tersaring

Pre-Filter: Di dalam fitur ini terdapat casing filter dengan pre-filter.

Pre-filter ini berfungsi untuk menyaring partikel-partikel yang lebih besar dari udara, seperti debu dan serbuk sari.

Pada area ini juga terdapat sensor yang memantau kualitas udara di dalam kabin.

Filter Partikel Halus: Setelah melewati pre-filter, udara akan bergerak menuju filter berikutnya yang dapat dibersihkan.

Filter ini bertugas menyaring partikel yang lebih halus, menjadikan udara yang keluar dari air purifier lebih bersih.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

Kabin mobil bau membuat tidak nyaman

Filter HEPA Antibacterial: Filter HEPA (High Efficiency Particulate Air) antibacterial adalah tahap dalam proses penyaringan.

Filter ini bertugas untuk menyaring bakteri dan virus dari udara dan secara efektif dalam menyaring debu, asap, dan serbuk sari, sehingga menghasilkan udara yang sangat bersih.

Filter HEPA terbuat dari jenis kain yang fungsinya mirip dengan jaring untuk menyaring kotoran.

Filter PECO: Seperti HEPA, filter PECO memiliki jaring untuk menyaring kotoran, namun punya tingkat kerapatan filter yang lebih kecil.  

Mempunyai komponen utama yang terdiri dari bahan campuran karbon aktif, dengan bagitu dapat mengikat partikel bebas, formaldehida, asap masakan dan menghilangkan bau secara lebih efisien.

Tak hanya itu, dengan filter ini dapat menghilangkan bau tidak sedap dan gas berbahaya.

Lampu UVC-LED: Untuk meningkatkan sterilisasi udara, ion air purifier dilengkapi dengan lampu UVC-LED di bagian dalamnya.

Lampu ini juga berfungsi untuk membunuh virus yang masuk ke dalam filter ini yang meningkatkan kualitas udara di dalam kabin.

Dengan adanya ion air purifier di mobil terbukti menghasilkan udara yang lebih bersih, bebas dari partikel-partikel berbahaya seperti debu, bakteri, virus, dan serbuk sari, sehingga memberikan udara di dalam kabin lebih sehat, dan membuat penggunanya merasa lebih nyaman.

Baca Juga: Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Kia Sonet

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Daftar Harga Mitsubishi Xforce di Medan Hingga Bali

Ini adalah daftar harga Mitsubishi Xforce yang sudah tersebar mulai dari Medan, Sumatera Utara, hingga Bali. Mitsubishi Xforce, mobil terbaru dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pemasarannya semakin meluas. Bahkan, mobil penantang Honda Honda HR-V dan Hyundai Creta tersebut kini sudah resmi dipasarkan di Medan, Sumatera Utara hingga Bali. Menurut Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro, sejak Januari - Agustus 2023, Medan berkontribusi sebesar 47

Mitsubishi Xforce Mulai Didistribusikan November 2023, yang Inden Duluan Siap-siap Terima Unit

Versi produksi XFC Concept, Mitsubishi Xforce diluncurkan secara world premiere pada Agustus lalu tepatnya di ajang GIIAS 2023 Bermain di segmen SUV kompak yang terbilang gemuk, Xforce mendapat respon cukup positif dari masyarakat Tanah Air. Hal ini dibuktikan dari SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) yang sampai dengan saat ini mencapai 3.000 lebih. Baca juga: Baru Meluncur Mitsubishi Xforce Sudah Dinobatkan Desain Transportasi Terbaik "Terus terang jumlah SPK yang masuk cukup banyak sejak membuka p

Test Drive Hingga Service Gratis Jadi Puncak Festival Harinya Hyundai di Jakarta

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menggelar puncak acara Hari H : Harinya Hyundai di Jakarta pada 14-15 Oktober 2023. Sebelumnya acara serupa juga digelar di Medan dan Makassar. Memakai area Premium Parkir Gandaria City, Jakarta Selatan, para pengunjung yang datang bisa melakukan test drive lini produk Hyundai hingga service gratis. @autofun.indonesia Bawa IONIQ 6 dari Jakarta ke Semarang, Berapa Kali Charging? #mobillistrik #ioniq6 #reviewmobil #mobilbaru #hyundai #ioniq ♬ Smooth jazz with a n

Intip 5 Mobil Daihatsu Terlaris di Indonesia Periode September 2023

Kalau bicara mobil Daihatsu terlaris di Indonesia tentu harus melihat pada penjualan ritel (dari dealer ke konsumen). Dan penjualan Daihatsu 2023 menutup kuartal ketiga di tahun ini kembali mencatat hasil yang positif. Dari periode Januari hingga September 2023, total ada 149.625 unit kendaraan Daihatsu yang terjual ke pelanggannya (retail sales). @autofun.indonesia Nyobain Ayla baru wara-wiri, kali ini pake stunt-wati! #mobilbaru #reviewmobil #ayla #aylabaru #daihatsu ♬ original sound - AutoFun

Promo Menarik Bikin Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Terus Melejit

Penjualan Suzuki 2023 semakin hari semakin didominasi model-model hybrid, seperti Ertiga, Grand Vitara, dan XL7. Respon tersebut dapat dilihat dari catatan penjualan kendaraan roda empat Suzuki pada September 2023 di kategori mobil penumpang yang 42% diantaranya merupakan varian hybrid. @autofun.indonesia Lima Hal Menarik New Suzuki Baleno! #reviewmobil #baleno #suzukibaleno #mobilbaru ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya Pencapaian positif ini menjadi bukti nyata bertambahnya keper

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil