window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus

Prasetyo · 30 Okt, 2022 15:30

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 01

  • Air purifier mobil kini makin banyak digunakan.
  • Ada yang alatnya terpisah, ada pula yang bawaan dari produsen mobil.
  • Cara membersihkan air purifier mobil perhatikan bagian filter.

Air purifier kini mulai banyak terpasang di mobil. Alat yang berguna buat membersihkan udara yang sudah terkontaminasi dalam suatu ruangan ini makin populer digunakan ketika pandemi Covid-19 terjadi.

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 02

Alat air purifier mobil yang dijual terpisah

Awalnya air purifier dipakai di ruangan kedokteran, lantas berkembang lagi ke ruang-ruang publik yang masih harus beroperasi dikala pandemi. Lantas alat tersebut juga makin banyak dijual di toko online, akibatnya rumah-rumah tangga hingga kendaraan bermotor saat ini tak sedikit yang mengaplikasikannya.

Air purifier pun masuk juga jadi fitur tambahan disebuah mobil. Bahkan beberapa kendaraan yang beredar di Indonesia juga sudah dilengkapi fitur ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 01

Fitur NANOE di Honda CR-V

Meskipun ada penamaan yang berbeda-beda. Misalnya fitur NANOE pada mobil Honda CR-V, armrest air purifier di Hyundai Creta, atau AC with air purifier di Toyota Vios terbaru.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil dan Kabin Muncul Bau Tak Sedap, Bikin Nggak Nyaman

Fungsi Air Purifier Mobil

Sebenarnya sama dengan alat serupa yang dipakai di ruangan atau rumah, air purifier mobil juga merupakan alat untuk menjernihkan udara pada kabin kendaraan. Dengan alat ini diharapkan udara dalam kabin mobil tetap bersih, segar, dan juga bebas dari bau tak sedap.

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 02

AC with Air Purifier di All New Toyota Vios

Air purifier sendiri memiliki berbagai macam jenis. Ada air purifier yang terpisah atau yang bisa ditambahkan secara optional, ada juga air purifier yang sudah otomatis terpasang dan bawaan dari mobil dan biasa disebut smart air purifier. Untuk air purifier terpisah, sebenarnya mudah dibeli di toko aksesoris mobil.

Alat ini dapat menyaring seluruh kotoran dan debu yang ada di dalam kabin dan membuat udara dalam kabin menjadi lebih bersih. Selain itu air purifier juga mampu menghilangkan segala virus dan bakteri yang terkontaminasi pada udara di dalam kabin. Alhasil perjalanan Anda bisa lebih nyaman karena tubuh menghirup udara yang bersih.

Baca juga: Bahaya, Jangan Letakkan Botol Minum di Kabin Mobil

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil

Seperti komponen mobil lainnya, air purifier mobil juga perlu dirawat. Hal utama yang perlu Anda perhatikan ketika hendak membersihkan air purifier mobil adalah pada bagian filternya. Sebab inilah komponen yang cepat kotor. 

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 01

Saat hendak dibersihkan, pastikan air purifier dalam keadaan mati

Dikutip dari Hyundai Indonesia, berikut cara membersihkan air purifier mobil:

1. Matikan Mesin Mobil

Pastikan mesin dan kelistrikan mobil dalam keadaan mati. Atau cabut alat air purifier yang masih tersambung dengan soket USB atau lighter mobil. Tindakan tersebut berfungsi untuk mencegah malfungsi dan menjaga konsleting. Pastikan pula perangkat air purifier yang akan dibersihkan jauh dari cairan maupun uap air.

Baca Juga: Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya

2. Buka Filter Air Purifier

Pada smart air purifier mobil yang terintegrasi misalnya pada Hyundai Creta, terdapat pada bagian armrest. Buka bagian atas armrest, lalu buka kunci penutupnya dan melepaskan penutup filter dari kotaknya.

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 02

Air purifier Hyundai Creta ada di balik armrest kabin depan

Sementara untuk purifier yang alatnya terpisah, tinggal buka bagian atas air purifier dan keluarkan filternya.

3. Bersihkan Filter dengan Dilap

Saat filter sudah berhasil dibuka, Anda dapat membersihkan bagian filter dengan cara vakum ataupun dilap menggunakan kain kering. Pastikan Anda membersihkan bagian filter di luar mobil agar debu tidak beterbangan di dalam mobil.

Perlu diingat bahwa tidak memperbolehkan membersihkan filter menggunakan cairan maupun zat lain agar tidak terjadi kerusakan. Anda cukup membersihkan debunya dengan vakum ataupun kain. 

4. Letakkan Kembali Filter Pada Posisinya

Setelah filter berhasil dibersihkan, Anda dapat menyusun dan mengembalikan lagi filter ke tempat yang semula. Pastikan Anda melakukan pembersihan dan pemasangan filter dengan cara berhati-hati.

Cara Membersihkan Air Purifier Mobil, Biar Udara Kabin Segar Terus 01

Biasanya ada indikator kapan filter air purifier sudah waktunya diganti

5. Ganti Filter Air Purifier

Jika filter sudah terlalu lama dan tidak layak digunakan lagi, maka Anda harus segera melakukan penggantian filter. Biasanya, filter perlu dilakukan penggantian setiap 2 tahun sekali. Anda dapat membeli filter air purifier pada toko yang menyediakan perlengkapan aksesoris mobil.

Perlu Anda ketahui, tidak ada jangka waktu yang pasti untuk membersihkan filter air purifier, karena tingkat kotor dan debu yang tersaring akan berbeda-beda. Namun, air purifier yang terpasang pada mobil memiliki lampu peringatan. Lampu tersebut akan berkedip dan berubah warna merah ketika filter perlu dibersihkan. Anda juga dapat membersihkan filter ketika dirasa udara yang keluar sudah berbau.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Hyundai Creta Dynamic Black Edition 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil