Fakta Unik Dunia Otomotif (Part 1): Populasi Mobil di Seluruh Dunia Lebih dari 1 Miliar

Fakta unik dunia otomotif ternyata tak pernah ada habisnya, karena banyak cerita unik dibalik perjalanan sebuah mobil yang semakin modern.

Selain itu, ternyata banyak fakta dunia otomotif juga belum diketahui orang, dimana sebuah mobil yang meluncur sejatinya punya cerita menarik. 

Hanya saja, tidak semua kabar soal dunia otomotif ini bisa terekspose sampai di telinga masyarakat.

Maka dari itu, Autofun akan kembali menjabarkan beberapa fakta unik dunia otomotif. 

Baca juga: 9 Fakta Unik dan Menarik Dunia Otomotif, Ada yang Kena Denda Tilang Sampai Rp10 Miliar

1. Suara klakson mobil dimulai dari nada F

Klakson jadi alat komunikasi antar pengemudi

Klakson yang sudah ada sejak tahun 1800-an, jadi salah satu bagian penting pada sebuah mobil karena digunakan sebagai alat komunikasi berkat bunyi yang dikeluarkan.

Akan tetapiu kini membunyikan klakson tidak lagi sebagai alat komunikasi atau alarm yang positif untuk memberi tahu pengendara lain. Sebab, tak sedikit akibat membunyikan klakson, justru muncul perselisihan.

Bentuk Klakson 

Nah, menyoal suara klakson, banyak sumber menyebutkan, suara paling umum dari klakson memiliki nada tertentu, yang diambil dari tangga nada F atau F#. 

Hanya saja ada inovasi yang dibuat pabrikan agar suara yang dikeluarkan tetap sesuai dengan keamanan dan keselamatan. 

Maka dari suara klakson akan tetap terdengar mesti kaca dan pintu mobil tertutup.

2. Setiap mobil punya lebih dari 30.000 komponen

Proses pengelasan sebuah mobil kini sudah menggunakan bantuan robot

Beberapa kali Autofun diundang oleh berbagai perusahaan otomotif yang memiliki pabrik di Indonesia untuk melihat langsung bagaimana sebuah mobil dibuat. 

Memang tak mudah dan gampang, karena prosesnya ternyata cukup panjang, mulai dari mencetak, mengelas, hingga merakit komponen satu persatu agar menjadi sebuah mobil.

Namun ada fakta menarik yang perlu Anda ketahui, dimana rata-rata sebuah mobil ternyata memiliki banyak hal penting yang jumlah bisa lebih dari 30.000 bagian.

Plat baja kerap digunakan untuk mobil

Jadi, bagian penting tersebut tidak hanya segondol mesin, baterai atau aki, lampu, transmisi, ban, atau rem.

Sebaliknya lebih dari itu, setiap pabrikan mobil pasti bekerja sama dengan berbagai supplier dalam hal produksi. 

Belum lagi, setiap mobil memiliki mur dan baut yang ukurannya bisa saja tidak sama satu dan lainnya. 

Baca juga: Menguak Fakta Unik Otomotif di Dunia (Part 1), Mobil Listrik Ternyata Sudah Ada Sejak 1832

3. Lebih dari 1 miliar mobil ada di seluruh dunia

Sejumlah mobil dengan berbagai model dan jenis diparkiran

Mobil sudah ada sebelum tahun 1900-an. Namun tahukah Anda, jika dikumpulkan dari awal mobil muncul sampai sekarang, berapa jumlahnya?

Menurut sejumlah sumber, jika dihitung ternyata lebih dari 1 miliar mobil sudah ada di muka bumi. 

Tidak disebutkan detail sumber penelitian yang dimaksud, namun diketahui untuk mobil listrik saja, per tahun 2021, totalnya sudah mencapai 6 juta unit.

Sejumlah  mobil terapkir siap dijual 

Bayangkan saja, untuk Toyota sendiri pada tahun 2021, mereka berhasil menjual mobil sampai 8,7 juta unit.

Disusul dengan Volkswagen, mobil jenama Jerman ini juga kerap menjual mobil hingga 5,2 unit.

Belum lagi, pabrikan lainnya, yang saat ini mobil-mobil listrik semakin bertebaran, termasuk di negeri Tiongkok. 

Sejatinya, pasar otomotif seperti mobil terus mengalami perkembangan. Jika pun turun, jumlahnya tidak terlalu banyak.

4. 80 persen mobil bagian mobil bisa didaur ulang

Mobil ringsek setelah kecelakaan masih bisa diperbaiki atau bisa juga didaur ulang 

Seperti ulasan di atas, populasi mobil saat ini mencapai miliaran unit.

Lantas apakah jika sebuah mobil sudah tidak terpakai, maka hanya menunggu berkarat dan rusak, sehingga muncul sampah baru setiap tahun.

Ehm, jawabanya ternyata tidak. Sebab, sebuah diketahui merupakan barang yang bisa didaur ulang. Bahkan 80 persen sebuah mobil faktanya sangat bisa digunakan kembali untuk berbagai kebutuhan.

Macam-macam mobil terpakir

Seperti halnya plat body dan bagian mobil yang bermaterial baja, biasanya mereka didaur ulang agar tetap bisa digunakan untuk keperluan lainnya. 

Termasuk kabel yang didalamnya ada tembaga atau alumunium, juga masih bisa digunakan, termasuk dashboard bermaterial plastik, dan juga ban dari karet yang bisa diolah kembali menjadi sesuatu. 

Baca juga: 5 Catatan Unik dari Dunia Otomotif, Ada Mobil Terlaris di Dunia sampai Seseorang Koleksi 7.000 Supercar

5. Hampir 900 juta mobil melakukan penggantian oli mesin setiap tahun

Pergantian oli penting bagi performa mesin mobil

Tidak dapat dipungkiri jika sebuah mobil berbahan bakar bensin maupun diesel, tetap harus melakukan penggantian oli secara berkala.

Hal ini karena penggantian oli sangat penting, agar menjaga performa mesin tetap baik, meski sudah mencapai jarak tempuh cukup panjang. 

Oli mesin perlu diganti setiap beberapa periode secara berkala.

Belum lagi sesuai rekomendasi pabrikan, jika mengganti oli sebaiknya dilakukan setiap 5.000-10.000 km atau minimal enam bulan sekali, tergantung mana yang lebih cepat. 

Maka dari itu, disebutkan jika seorang pemilik mobil peduli dan rajin mengganti oli, maka setidaknya ada 900 juta mobil mengganti oli setiap tahun.

 

Bersambung >>>
 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Mobilio

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Fakta unik dunia otomotif kembali kita kuat dari berbagai segi yang tentunya tak kalah menarik dari sebelumnya. Setelah mengetahui nada F kerap digunakan untuk nada dasar klakson, kemudian sebuah mobil memiliki 30.000 bagian penting, ternyata fakta unik dunia otomotif pada sebuah mobil tersebut belumlah selesai. Sebab, ada juga beberapa fakta unik dunia otomotif lainnya, yang cukup seru untuk dibahas, yaitu sebagai berikut. Baca juga: Fakta Unik Dunia Otomotif (Part 1), Populasi Mobil di Seluruh
Fakta unik dunia otomotif ternyata tak pernah ada habisnya, karena banyak cerita unik dibalik perjalanan sebuah mobil yang semakin modern. Selain itu, ternyata banyak fakta dunia otomotif juga belum diketahui orang, dimana sebuah mobil yang meluncur sejatinya punya cerita menarik. Hanya saja, tidak semua kabar soal dunia otomotif ini bisa terekspose sampai di telinga masyarakat. Maka dari itu, Autofun akan kembali menjabarkan beberapa fakta unik dunia otomotif. Baca juga: 9 Fakta Unik dan Menari
Top 5 artikel Autofun sepekan kemarin datang dengan tema yang cukup beragam, karena ternyata masyarakat mulai melirik mobil listrik NETA V. Ya, NETA yang hadir langsung sebagai pabrikan kendaraan elektrik (EV) sudah menawarakan produk pertamanya, NETA V di ajang GIIAS 2023. Meski harganya lebih mahal dari Wuling Air ev, namun sepertinya mulai banyak yang penasaran tentang apa saja yang diunggulkan dari mobil listrik asal Tiongkok itu. Tema berikutnya yang juga cukup banyak menarik adalah bocoran
Toyota Soluna bekas bisa menjadi alternatif jika Anda hendak mencari mobil yang cukup nyaman, perawatan mudah, konsumsi BBM irit, dan harganya yang terjangkau. Menilik sedikit sejarahnya, Toyota Soluna pertama kali diproduksi pada 1994 oleh Toyota Motor Thailand sebagai sedan sub kompak dengan harga terjangkau. Di Tanah Air, Soluna diperkenalkan pada tahun 1997 yang saat itu juga berhadapan langsung dengan rival sejawatnya, yakni Timor S515, Hyundai Accent dan juga Honda City Type-Z. Tapi Soluna
Beberapa harga mobil baru Toyota terpantau mengalami kenaikan bahkan sejak awal tahun 2023. Meski begitu, hadirnya model-model baru tetap membuat pabrikan berlogo tiga oval ini selalu jadi pilihan masyarakat Indonesia. Antara lain datangnya All New model sampai facelift seperti All New Agya, New Corolla Altis, sampai All New Alphard yang kembali hadir dalam versi hybrid. Namun tentunya mobil-mobil Toyota bukan cuma yang baru yang jadi incaran, mulai dari LCGC seperti Calya, jagoan LMPV yaitu Ava

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 586,90 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil