Interior Mobil Sering Jamuran? Berikut Cara Pencegahannya

Interior mobil jamuran biasanya disebabkan karena mobil jarang dipakai atau tersimpan lama di garasi.

Kemunculan jamur pada interior mobil dapat merusak kesehatan dan material yang digunakan.

Dengan begitu apabila muncul jamur, maka pemilik diharuskan membersihkannya sesegera mungkin.

Jamur di bagian interior mobil biasanya muncul pada musim penghujan yang membuat intensitas kelembaban udara sangat tinggi bercampur dengan debu yang menempel.

Jamur cenderung tumbuh lebih baik di lingkungan yang lembab, sehingga mengontrol kelembaban di dalam mobil adalah kunci mencegah pertumbuhan jamur.

Guna mencegah timbulnya jamur meski mobil jarang dipakai, berikut cara yang bisa kalian terapkan di mobil kesayangan.

Baca juga: Musim Hujan Awas Muncul Jamur di Bodi Mobil, Begini 3 Cara Menghindarinya

Cara Agar Interior Mobil Tidak Jamuran

1. Pasang Anti Jamur Interior Mobil

Jamur interior mobil

Cara pertama yang bisa kalian lakukan supaya mobil tidak muncul jamur meski terparkir dalam kondisi lembab yakni memasang anti jamur.

Anti jamur ini banyak dijual di pasaran yang biasanya juga digunakan untuk lemari baju.

Fungsi dari alat ini mampu menyerap kelembaban udara di dalam ruang kabin.

Bahkan ada juga pengharum mobil yang sudah dilengkapi anti jamur, sehingga kalian juga dapat merasakan wangi dari alat tersebut.

2. Letakan Silical Gel

Silical gel

Selain anti jamur, kalian juga bisa menggunakan silical gel untuk mencegah timbulnya jamur di interior mobil.

Sebagaimana fungsinya, silical gel dapat menghisab kelembaban udara.

Penggunaan silical gel sendiri bisa kalian sebar di bawah jok mobil, sudut mobil dan di dalam dashboard.

3. Cek Sela-sela Mobil

Pengecekan bagian interior

Selanjutnya kalian bisa melakukan pengecekan sela-sela mobil untuk mencegah hadirnya jamur di dalam interior mobil.

Bagian mobil yang tidak terlihat dari luar ini biasanya memiliki tingkat kelembaban cukup tinggi karena jarang terjangkau oleh tangan dan sinar matahari.

Tak ketinggalan lakukan juga pengeringan dan pengecekan pada lubang stoplamp, selang AC dan beberapa bagian lainnya.

Baca juga: Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini

4. Semprotkan Cairan Pembersih Jamur Interior Mobil

Semprot menggunakan anti jamur

Pencegahan timbulnya jamur di dalam interior mobil kalian bisa melakukannya dengan cara menyemprotkan cairan anti jamur.

Cairan ini banyak sekali dijual di pasaran, yang cara pengaplikasiannya cukup menyemprotkan lalu mengelapnya dengan kain bersih.

Namun sebelum menyemprotkan, kalian diharuskan lebih dulu membersihkan bagian-bagian mobil seperti door trim, dashboard, setir, dan jok berbahan kulit menggunakan lap basah yang kemudian dikeringkan.

5. Keringkan Interior dengan Kanebo atau Microfiber

Lap dashboard mobil

Setelah mencuci eksterior mobil, pastikan kalian juga membersihkan atau mengelap bagian dalam dengan kanebo bisa juga microfiber hingga permukaan kering, untuk mencegah kelembaban yang menjadi lingkungan subur bagi jamur.

Tidak hanya saat mencuci, mengelap interior ini bisa kalian lakukan kapan pun terlebih saat mobil jarang sekali dipakai.

6. Ganti Filter AC Secara Berkala

Penggantian filter AC

Filter AC yang kotor dapat menjadi sarang jamur.

Untuk itu ada baiknya memeriksa dan mengganti filter AC secara berkala guna menjaga udara di dalam mobil tetap bersih dan tidak lembab.

7. Parkir di Tempat yang Tidak Panas dan Juga Tidak Lembab

Parkir di garasi dengan ruang terbuka

Tak hanya di garasi, saat berada di luar rumah usahakan untuk mencari tempat parkir yang terlindungi dari paparan langsung sinar matahari dan hujan.

Tempat parkir yang terlindungi dapat menjaga kondisi mobil supaya awet.

Ketika parkir di garasi dengan atap, pastikan sekeliling garasi tidak lembab dan terdapat sirkulasi udara yang baik.  

Hal ini tentunya dapat mencegah interior mobil jamuran terlebih saat musim hujan.

Baca juga: 2 Cairan Sederhana Ini Bisa Hilangkan Jamur di Mobil, Apakah Itu?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Honda Jazz

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Bagi pemilik maupun calon konsumen mobil listrik Neta V wajib mengetahui indikator penting apa saja yang ada pada mobil. Karena selain ramah lingkungan, mobil listrik Neta V disematkan fitur serta beragam teknologi modern dengan berbagai indikator canggih, yang membantu pengemudi memahami kondisi mobil secara akurat. Penting untuk mengetahui indikator pada mobil listrik karena mobil ramah lingkungan ini berbeda dengan mobil konvensional. "Indikator pada mobil listrik Neta V bukan hanya sekadar p
Toyota Fortuner Bioetanol E100 pertama kali menampakkan diri saat pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE BSD City, Agustus 2023 lalu. Berbalut stiker livery kombinasi antara hijau dan putih, mungkin beberapa pengunjung melihatnya kurang menarik. Ini dikarenakan sosok Fortuner Bioetanol tersebut tetap sama dengan Fortuner kebanyakan yang saat ini sedang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Satu-satunya pembeda dibanding Fortuner diesel atau bensin hanyalah identitas
Citroen Indonesia melalui PT Indomobil National Distributor (IND) tengah menyiapkan peluncuran dua mobil barunya di Tanah Air yang dijadwalkan akan meluncur pada tahun ini. Kabar mengenai peluncuran kedua produk barunya di Indonesia ini pun disampaikan secara langsung oleh Tan Kim Piauw, selaku Chief Executive Officer Citroen Indonesia kepada rekan wartawan baru-baru ini. "Saya sampaikan di 2024 ini, di tengah gempurah mobil EV kita juga fokus akan menghadirkan dua mobil ICE (Internal Combustion
Mitsubishi Motors dipastikan bakal meluncurkan mobil hybrid terbarunya, yaitu Mitsubishi Xpander hybrid dan Xpander Cross hybrid pada 1 Februari 2024 mendatang. Informasi ini diperoleh berdasarkan unggahan akun resmi Facebook Mitsubishi Motors Thailand dengan pada Kamis (25/1/2026). Tidak banyak informasi yang diuraikan. Akan tetapi dalam teasernya hanya disebutkan e: motion, merasakan tenaga hibrida yang baru. Baca juga: Ini Alasan Mitsubishi Pilih Xpander Hybrid Produksi di Thailand, Bikin Iri
Build Your Dream atau BYD akhirnya masuk pasar otomotif Indonesia, dan mobil listrik BYD Dolphin jadi salah satu lini produk yang ditawarkan. Nah, setelah resmi meluncur pada 18 Januari 2024, AutoFun berkesempatan untuk melakukan pengujian BYD Dolphin tipe Premium Extended Range. Karena pengujian kali merupakan undangan dari BYD Motor Indonesia, maka untuk rutenya sudah ditentukan, yaitu Jakarta-Bogor-Jakarta. Perlu dicatat, meski barang yang dijajal kali ini didatangkan langsung dari China, nam

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Honda

Honda Civic

Rp 533,00 - 616,80 Milyar

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda 5

Rp 329,80 - 399,80 Juta

Lihat Mobil