window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini

Prasetyo · 25 Sep, 2022 09:07

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini 01

  • Cara menghilangkan jamur kaca mobil bisa tanpa obat kimia.
  • Peralatannya cukup sederhana.
  • Saat membersihkan pastikan pakai kain lembut dan digosok perlahan.

Kaca mobil merupakan bagian yang punya peran vital saat berkendara. Pasalnya dari bagian inilah visibilitas ke arah depan dapat digapai. Bayangkan kalau pandangan ke arah kaca mobil terhalang jamur apalagi saat itu kondisi sedang hujan lebat.

Jamur kaca mobil biasanya muncul disaat musim penghujan. Ini lantaran jamur punya sifat tumbuh di tempat yang lembab. Jika Anda tidak mengeringkan atau membersihkannya dengan segera, maka titik-titik jamur di kaca mobil dapat dengan mudah tumbuh.

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini 02

Jamur tumbuh menyerupai bercak-bercak putih

Lalu bagaimana cara menghilangkan jamur kaca mobil? Tenang, gak perlu beli obat penghilang jamur kaca kok, karena sebenarnya ada beberapa peralatan di rumah yang sederhana namun efektif sebagai penghilang jamur kaca mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Musim Hujan Bikin Rawan Jamur Kaca Mobil, Begini Cara Deteksi dan Menghindarinya

1. Pakai Pasta Gigi

Dikutip dari laman Daihatsu Indonesia, pasta gigi atau odol bisa menghilangkan jamur di kaca mobil. Adapun cara menghilangkan jamur kaca mobil dengan odol langkahnya juga sangat mudah.

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini 01

Oleskan odol ke daerah yang timbul jamur lalu keringkan

Oleskan pasta gigi, merek apapun, ke kaca mobil, dan ratakan tipis-tipis dengan jari tangan, lalu tunggu hingga kering. Setelah itu bilas pasta gigi dengan air bersih sambil digosok menggunakan kain lembut agar jamur hilang.

Selanjutnya keringkan lagi perukaan kac amobil dengan kertas koran yang bersih dan kering. Efek membersihkan kaca mobil dengan pasta gigi ini akan terlihat langsung dan cepat.

2. Minuman Bersoda

Cara membersihkan jamur pada kaca mobil dengan minuman bersoda juga cukup mudah. Pertama-tama lap terlebih dulu bagian kaca yang ada jamurnya dengan kain microfiber kering. Jika sudah ambil kain lap lain yang bersih dan kering.

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini 02

Tuangkan minuman bersoda ke kain sedikit demi sedikit

Kain lap kedua ini kemudian dibasahi sedikit dengan air soda, lantas gosokkan ke permukaan kaca mobil yang timbul jamur. Lakukan beberapa kali hingga jamur hilang. Pembersihan kaca mobil tidak menggunakan air supaya unsur kimia dalam soda efektif mengangkat jamur.

Baca juga: Dibutuhkan Saat Musim Panas, Pilih Pelindung Kaca Mobil Jangan Sembarangan

3. Pemutih Pakaian

Cara efektif lainnya guna mengangkat jamur yang menempel pada kaca mobil adalah dengan cairan pemutih pakaian. Bisa dengan merek seperti Byclin atau sejenisnya yang dijual di minimarket. Jangan lupa siapkan juga lap microfiber yang bersih.

Menghilangkan Jamur Kaca Mobil Gak Perlu Pakai Obat Kimia, Coba 3 Alat Sederhana Ini 03

Semprot ke permukaan kaca yang berjamur

Langkah-langkahnya cukup mudah, tinggal basahi kain dengan cairan pemutih pakaian secukupnya. Atau dapat pula cairan dituangkan ke botol, lantas disemprotkan ke kaca. Lalu gosok pakai lap dengan lembut pada kaca mobil hingga bersih.

Perlu diingat dalam membersihkan kaca mobil harus menggunakan kain yang lembut dan tidak terlalu kuat menekan saat menggosok, sehingga tidak menimbulkan goresan.

Selamat mencoba!

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil