Walau Bikin Mobil Terlihat Lebih Klimis, Ternyata Ada Bahaya Sering Pakai Semir Ban!

Ternyata ada bahaya semir ban mobil jika terlalu sering digunakan, meski cara ini cukup efektif membuat kendaraan terlihat lebih bersih.

Ya, setelah mencuci mobil umumnya para pemilik atau pihak salon mobil mengoleskan cairan semir ban pada kendaraan kalian.

Hal ini dilakukan banyak pemilik mobil supaya kendaraannya terlihat lebih klimis.

Namun tahukah kalian, ada bahaya semir ban mobil yang menggunakan bahan tertentu justru yang dapat merusak komponen ban serta berdampak pada keselamatan berkendara.

Mochammad Fachrul Rozi, Product Marketing Manager PT Michelin Indonesia mengatakan semir ban berbahan dasar oil based sangat tidak direkomendasikan buat karet ban.

"Jangan menyemir ban menggunakan semir ban berbahan oil based karena akan mengakibatkan ban mati," ucapnya kepada Autofun Indonesia belum lama ini.

Ia menyarankan, ketika mencuci, ada baiknya ban disikat saja, dan tidak usah disemir setelahya. 

"Untuk semir ban oil based yang dijual literan, saya pastikan akan menimbulkan keretakan pada dinding ban lebih cepat," tegas Rozi.

Baca juga: 4 Trik Jitu Agar Ban Mobil Tetap Dalam Kondisi Prima Saat Mudik Lebaran

Bahaya Semir Ban Mobil, Lebih Baik Pakai Minyak Goreng

Proses semir ban

Seperti yang disampaikan sebelumnya penggunaan semir ban berbahan dasar oil based tidak diperkenankan untuk diaplikasikan pada ban mobil.

Sebagai alternatif, pemilik mobil bisa menggunakan minyak goreng guna membuat tampilannya ban mengkilap.

"Kalau mau pakai minyak goreng lebih aman. Tapi kan mahal ya, hahaha. Glossynya lebih permanen minyak goreng, tapi juga saran saya nggak usah disemir. Kecuali pakai semir ban yang mahal non oil based,” serunya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Perbedaan Spooring dan Balancing Ban Mobil

Dampak Karet Ban Mobil Mati

Dinding ban mobil yang retak

Ban merupakan komponen pada kendaraan yang memiliki sifat sangat krusial, dengan begitu kondisi ban harus selalu diperhatikan supaya berkendara selalu terasa aman dan nyaman.

Perlu diketahui ban mobil terbuat dari bahan karet yang elastis.

Tingkat kelenturan karet pada ban akan berubah apabila menggunakan semir ban jenis oil based, yang menyebabkan karet mengalami penurunan akan tingkat elastisitasnya.

Hal ini lah yang seringkali disebut ban mati karena kehilangan kelenturan.

Ciri dari ban yang mati yakni terasa jauh lebih keras dibanding ban pada umumnya.

Kondisi seperti ini tentunya sangat berbahaya karena bisa saja ban mobil meledak apabila tergores benda tajam seperti pecahan kaca maupun keramik.

Ban mobil yang mati akibat penggunaan semir berbahan oil based juga dapat menimbulkan retakan pada dinding ban dan benjol, yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan pecahnya ban ketika mobil sedang digunakan.

Baca juga: Seberapa Banyak Batas Tambal Ban Mobil yang Aman? Ini Pendapat Pakarnya

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia...

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

pengguna tukar tambah mobil impiannya
Tambahkan
mobil Anda

Upgrade

Mitsubishi Xpander

Mobil Bekas Terkait

Jaminan Kualitas Mobil

Garansi Satu Tahun

Jaminan 5 Hari Uang Kembali

Harga Pasti, Tidak Ada Biaya Tersembunyi

Lihat Lebih

Video Pendek Terkait

Dalam tajuk besar Niat Mudik kali ini, Carmudi dan Mobil123 yang tergabung dalam iCar Asia bersama Autofun menjelajah jalur Trans Jawa menggunakan All New Honda CR-V RS e:HEV alias CR-V hybrid yang mempunyai performa berlimpah namun dengan efisiensi bahan bakar mumpuni. Sepanjang jalur Tarans Jawa ini, ada tiga kota yang kami kunjungi, yaitu Tegal, Salatiga dan berakhir di Madiun. Sebelum memulai perjalanan tim Carmudi, Autofun dan Mobil123 membawa Honda CR-V Hybrid ke dealer Honda Trimegah, BSD
Sebagai salah satu bentuk cara mengurai kemacetan lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik Lebaran, pemerintah memberlakukan jalur contraflow serta one way di sejumlah ruas tol Trans Jawa. Lalu lintas dengan sistem contraflow dan one way (satu arah) di musim mudik Lebaran ini mulai diberlakukan sejak 5 April 2024 dan rekayasa lalu lintas masih berlangsung hingga Senin 8 April 2024. Untuk rekayasa lalu lintas pada arus balik sendiri dijadwalkan terjadi sejak 12 April 2024 sampai dengan 16 Apri
Seperti halnya pabrikan lain, Ford juga menghadirkan layanan untuk menemani para pemudik melalui Bengkel Siaga Ford 2024. Program ini merupakan inisiasi dari RMA selaku Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan Ford di Indonesia yang menggandeng sejumlah dealer resmi Ford yang ada di seluruh Indonesia. Bengkel Siaga Ford 2024 ini diselenggarakan 8-13 April di 7 titik arus mudik Lebaran, meliputi Palembang, Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. "Ini adalah bentuk komitmen Ford RMA
Daihatsu Sigra kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia secara berturut-turut dalam tiga bulan pertama di tahun 2024. Ya, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang dirilis baru-baru ini, dimana wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) Daihatsu Sigra tertinggi di Maret 2024 yang mencapai 5.674 unit. Jumlah penjualan Daihatsu ini meningkat dari bulan sebelumnya, dimana pada Februari 2024 tercatat 5.543 unit. Baca juga: 30 Mobil Terlaris di Indonesia Feb
Kehadiran Toyota Rush GR Sport 2024 seperti mengingatkan lagi pada kisah Toyota Rush di Indonesia sejak era Rush Konde. Hal ini terlihat pada beberapa artikel mengenai Toyota Rush GR Sport 2024 maupun Rush generasi-generasi sebelumnya yang dicari pembaca Autofun Indonesia. Selain itu, sebagai kembarannya, pamor Daihatsu Terios juga ikut menjadi Top 5 Artikel di Autofun dalam sepekan ke belakang. Hal ini memang bisa dibilang wajar mengingat antara Rush dan Terios lahir dari satu platform yang ser

Mobil Rekomendasi

PopulerTerbaruPembaruan
Hot
Toyota

Toyota Calya

Rp 161,50 - 181,10 Juta

Lihat Mobil
Subaru

Subaru Crosstrek

Rp 549,50 Juta

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Grand Vitara

Rp 359,40 - 384,40 Juta

Lihat Mobil
MG

MG VS HEV

Rp 389,00 Juta

Lihat Mobil
Mitsubishi

Mitsubishi L100 EV

Rp 320,00 Juta

Lihat Mobil
Chery

Chery Tiggo 5X 2024

Rp 269,00 - 299,00 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VinFast e34

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG Maxus 9

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Mendatang
MG

MG ES

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Suzuki

Suzuki Jimny 5-door 2024

Rp 462,00 - 475,60 Juta

Lihat Mobil
Mendatang
Vinfast

VF5

Belum Tersedia

Lihat Mobil
Chery

Chery Omoda E5

Rp 488,80 Juta

Lihat Mobil